Cara Membuat Game dengan Game Maker

09 Nov 2012 20:00 | Hits: 6408

Cara Membuat Game dengan Game Maker: Menginput Sprites dan Membuat Objek (2)

Cara Membuat Game dengan Game Maker: Menginput Sprites dan Membuat Objek (2)

Pada artikel part 1 sebelumnya, telah diulas tahapan paling awal terkait tutorial cara membuat game dengan Game Maker secara sederhana untuk Android menggunakan GameMaker, yaitu tahap instalasi software GameMaker di PC atau laptop. Dan pada bahasan kali ini Paseban akan melanjutkan tahap–tahap selanjutnya. Tahap - tahap tersebut sebagaimana yang telah Paseban tuliskan pada artikel part 1 sebelumnya. Dibawah ini adalah kelanjutan tutorial GameMaker:Studio :

Menginput Sprites

Pada tahap kedua terkait cara membuat game sederhana Android ini, kita akan mencoba menginput atau memasukkan sprites kedalam GameMaker. Sprites merupakan gambar–gambar yang mewakili objek dalam sebuah game, atau dapat diartikan bahwa sprite adalah sebuah alat yang berfungsi memvisualisasikan objek–objek yang telah kita buat supaya terlihat atau nampak pada game dan dapat dilihat oleh penggunanya. Contoh sprites yakni gambar dinding atau tembok, item, karakter, dan sebagainya. Sedangkan untuk membuat sprites sendiri terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjalankan software GameMaker, kemudian masuk ke menu "Sprites” dan pilih "Create Sprites”. Namun, sebelum membuat sprites, pastikan anda telah mengubah GameMaker menjadi Advance Mode, caranya masuk ke menu "File” dan pilih "Advance Mode”.

Setelah anda membuat sprites dan mengubah GameMaker menjadi Advance Mode, kemudian ubah "name” sprite yang akan anda buat. Agar pengelolaan sprites menjadi lebih mudah dan efisien, bedakanlah nama dari masing–masing sprites. Selanjutnya anda dapat memasukkan gambar kedalam sprites yang telah anda buat tadi. Cara menginputnya, yaitu masuk ke menu "Sprites” dan pilih "Load Sprite”. Kemudian pilihlah gambar mana yang ingin dimasukkan, selanjutnya klik perintah "Open”. Perlu diperhatikan bahwa apabila anda memasukkan gambar berformat .gif (animasi picture), maka sprite akan berubah menjadi potongan–potongan dari gambar animasi tersebut. Setelah itu, pilih menu "Transparant” untuk mengubah mode background pada gambar sprite menjadi transparan. Untuk mempreview sprite yang telah anda buat, anda bisa masuk ke menu "Edit Sprites”. Disamping itu, dengan masuk ke halaman edit sprites, anda dapat melakukan manipulasi atau pengeditan gambar sprite, seperti mengatur rotasi gambar, menginput alpha, serta mengelola gambar seperti di atas. Sebagai tambahan, untuk mendapatkan file bermode transparan, anda dapat menggunakan gambar berformat .gif atau .png , dimana anda bisa membongkar gambar animasi tersebut sehingga tiap - tiap gerakan gambar animasi bisa menjadi sprites.

Membuat Objek

Tahapan cara membuat game sederhana Android selanjutnya adalah membangun objek - objek dalam GameMaker. Objek sendiri merupakan komponen yang terdapat pada GameMaker dimana digunakan untuk menuliskan perintah - perintah yang harus dilakukan atau dijalankan oleh suatu sprite atau pun resource lainnya. Objek mempunyai peranan sangat penting, dikarenakan Objek berfungsi mengatur segala interaksi dan aktifitas yang terjadi didalam sebuah game, seperti karakter bergerak, melempar, memukul, menembak, dan sebagainya.

Cara membuat objek di GameMaker yaitu, klik kanan "Object” kemudian pilih perintah "Creat Object”. Menu Objek terbilang kompleks, dimana pada bagian kanan tersemat menu "Action”, sebelah kiri terlampir informasi - informasi tentang sprites yang akan anda gunakan, dan pada bagian tengah terdapat menu "Event”. Selanjutnya, silahkan anda input sprites yang akan anda gunakan kedalam Objek. Terdapat menu "Visible” yang berfungsi untuk mengatur perlu terlihat atau tidaknya sprites yang anda gunakan didalam game yang sedang anda rancang tersebut. Pada umumnya, sprites dibuat menjadi visible, dimana sprites dapat terlihat oleh pengguna atau pemain game. Namun, ada kalanya sprites dibuat agar tidak terlihat oleh pemain game, seperti membuat suatu jalur menuju lokasi rahasia atau membuat jalur pergerakan lawan yang akan dihadapi pemain. Selain itu, terdapat menu "Solid”. Menu ini memiliki fungsi untuk mengatur suatu objek, dimana perlu atau tidaknya objek tersebut bersifat solid dan keras. Biasanya, objek yang bersifat solid dan keras adalah background pada sebuah game.

Pada artikel ini, tutorial mengenai cara membuat game sederhana yang dapat berjalan pada perangkat Android hanya sampai pada tahap ketiga. Sedangkan masih terdapat tahap - tahap selanjutnya yang perlu anda simak. Namun, tahap - tahap tersebut akan diulas pada part berikutnya, yakni part 3 dan seterusnya. Untuk itu, mari ikuti terus tutorial cara membuat game sederhana Android pada part–part selanjutnya. [HRS]