Mempercepat Kinerja Laptop

09 Nov 2012 13:00 | Hits: 8835

Tips Trik Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Tips Trik Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Laptop merupakan perangkat mobile yang menggantikan kinerja desktop yang bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi. Ukuran yang kecil, ketersediaan listrik yang terbatas, kebutuhan baterai yang tahan lama dan sistem spesifikasi yang dikurangi dari spesifikasi desktop yang disatukan untuk menciptakan sebuah mesin yang beroperasi pada kecepatan yang lebih rendah dan suhu yang lebih tinggi daripada rekan mereka yang berbentuk desktop. Keadaan ini terkadang membuat kinerja laptop Anda melambat dan terkesan lama dalam memberikan respon kepada para pengguna. Namun kinerja tersebut bisa Anda kembalikan kepada kinerja yang semula.

Anda bisa mempercepat kinerja laptop dengan beberapa langkah. Dan pada kesempatan kali ini, Paseban akan memberikan Anda tips bagaimana cara mempercepat kinerja laptop agar performanya kembali seperti semula. Untuk mengetahui bagaimana cara atau langkah untuk meningkatkan performa laptop Anda, ikuti ulasan Paseban di bawah ini:

  1. Pertimbangkan keadaan pada laptop Anda. Laptop, terutama yang kuat, rentan terhadap penumpukan panas yang berlebihan. Seiring waktu, suhu tinggi akan mengakibatkan kinerja sistem menurun dan kegagaln hardware. Maka pertimbangkan untuk membeli cooling pad yang dapat mengurangi suhu panas Anda yang akan membuat laptop Anda berjalan pada suhu yang rendah dan hindari penggunaan laptop di atas tempat tidur dan lokasi lainnya yang dapat menghantarkan panas.

  2. Hapus semua **Start-up task. Anda bisa melakukan ini dengan cara pergi ke menu Start, pilih Run dan masukkan perintah msconfig. Pergi ke tab Startup dan uncheck aplikasi yang tidak Anda butuhkan atau aplikasi yang tidak berguna yang berjalan pada saat komputer Anda juga berjalan.

  3. Nonaktifkan layanan yang tidak perlu dengan pergi ke menu Start, pilih Run dan ketikkan services.msc. klik pada Startup Type untuk mengurutkan menu dengan kriteria ini, dan menonaktifkan layanan otomatis yang tidak Anda gunakan. Klik dua kali nama layanan dan pilih Manual dari menu drop down pilih menu Startup type. Klik Apply untuk menyimpan pengaturan.

  4. Tekan tombol Ctrl + Alt dan Delete untuk membuka Task Manager, atau Anda juga bisa menekan tombol Ctrl + Shift dan Esc. Klik tab Processes dan klik pada CPU untuk mengurutkan berdasarkan prosesor yang digunakan. System Idle Process tidak merugikan, tetapi aplikasi lain yang membuat penggunaan CPU terlalu berat dan harus dihentikan ketika tidak diperlukan. Anda dapat menghentikan mereka dengan mengklik End process dan menekan tombol OK untuk mengekseskusi program.

Selain cara di atas, Anda masih bisa menggunakan cara lain untuk mempercepat kinerja laptop Anda dengan cara mengunduh program CCleaner untuk membersihkan beragam ‘sampah’ yang berada di dalam laptop Anda. Berikut indtruksinya:

  1. Unduh program CCleaner dari situs resminya di sini.

  2. Setelah Anda unduh, instal program tersebut pada laptop Anda. Dan setelah Anda selesai melakukan instal program Anda, maka jalankan program tersebut.

  3. Tinjau terlebih dahulu file yang akan Anda bersihkan, seperti cache, program sementara dan ‘sampah’ yang berada di dalam memori. Karena file-file ini mengambil ruang pada hard drive Anda dan dapat memperlambat kinerja laptop Anda. Anda dapat menghapus cek dari file yang Anda tidak ingin dibersihkan oleh program ini.

  4. Pilih Analyze laptop Anda. Maka program ini akan melaporkan berapa banyak file yang akan dihapus dan berapa banyak ruang pada laptop Anda yang akan dibersihkan.

  5. Klik tombol Run Cleaner untuk memulai proses pembersihan. Dan memungkinkan program untuk menghapus semua file yang tidak berguna dari sistem Anda.

Menggunakan CCleaner untuk Registry Cleaning

  1. Jalankan program CCleaner.

  2. Klik pada tab Registry yang terletak di sebelah kiri program. Maka akan terlihat seperti sekelompok kotak biru kecil. Ini akan membawa Anda ke bagian pembersih program registri.

  3. Klik tombol Scan for Issues dan biarkan program untuk menyelesaikan pemindaian. Ini akan melaporkan apa masalah yang telah ditemukan, seperti eksistensi file yang tidak terpakai.

  4. Pilih mana isu-isu yang ingin Anda hapus.

  5. Klik Fix Selected Issuses. Anda akan diminta untuk menyimpan cadangan registri Anda. Biasanya ini adalah cara yang direkomendasikan ketika setiap kali Anda melakukan perubahan registri.

  6. Klik tombol Close setelah Anda usai membersihkan registry. [PY]