Tips Windows 8

13 Aug 2013 12:30 | Hits: 1544

Tips dan trik Windows 8 untuk Mengelola Notifikasi Windows Anda

Tips dan trik Windows 8 untuk Mengelola Notifikasi Windows Anda

Platform aplikasi baru Windows 8 menyediakan sistem notifikasi terintegrasi untuk aplikasi Modem. Aplikasi gaya Windows 8 dapat menggunakan beberapa jenis notifikasi berbeda, yaitu toast notification, lock screen notification dan live tile. Semua notifikasi ini dapat dikelola, notifikasi aplikasi mana yang ingin Anda nonaktifkan, memungkinkan notifikasi hanya untuk akun email tertentu, atau menonaktifkan notifikasi agar tidak mengganggu Anda. Sayangnya, Windows 8 tidak mencakup pusat notifikasi yang memungkinkan Anda untuk melihat riwayat notifikasi Anda. Notifikasi pop-up Windows 8 lebih bersifat sementara, sedangkan live tile dan aplikasi lock-screen menampilkan notifikasi yang lebih permanen. Kali ini Paseban akan memberikan Tips Windows 8 Mengenai Notifikasi.

Toast Notifications

Pada Tips Windows 8 ini, paseban akan menjelaskan tentang toast notification windows 8 di mana Anda dapat mengontrol aplikasi yang diperbolehkan untuk membuat notifikasi. Untuk melakukan hal ini, buka aplikasi PC Settings, tekan tombol Windows + C, atau gesek layar dari kanan, tekan atau klik Settings, dan pilih pengaturan Change PC. Pilih kategori Notifications. Dari sini, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi untuk setiap aplikasi yang telah diinstal. Anda juga dapat menonaktifkan notifikasi aplikasi sebelumnya, mencegah mereka muncul di layar yang terkunci, dan menonaktifkan suara yang akan diputar bila muncul notifikasi.

Menonaktifkan Sementara Notifikasi

Semua pop-up notifikasi bisa mengganggu. Ia muncul di layar Anda ketika Anda sedang melakukan hal-hal lain. Apakah Anda ingin bekerja, membaca sesuatu, atau hanya bersantai tanpa notifikasi email baru yang bermunculan, Windows memberikan Anda cara untuk membungkam pemberitahuan ini sementara. Cukup buka bar charm (tekan tombol Windows + C), pilih Settings, kemudian tekan atau klik ikon Notifications. Anda dapat memerintahkan Windows untuk menyembunyikan pemberitahuan untuk satu, tiga, atau delapan jam.

Mengontrol Seberapa Lama Notifikasi akan Muncul

Secara default, pop-up notifikasi muncul di layar Anda untuk lima detik sebelum secara otomatis menghilang. Anda dapat membuat notifikasi ini muncul lebih lama sebelum mereka menghilang secara otomatis. Pilih Ease of Access di aplikasi PC Settings dan modifikasi pengaturan “Show notifications for”. Anda dapat membuat notifikasi muncul di layar hingga lima menit sampai mereka menghilang secara otomatis.

Pengaturan Notifikasi Aplikasi Spesifik

Tiap-tiap aplikasi mungkin memiliki pengaturan notifikasi lain yang dapat Anda otak-atik untuk lebih menyesuaikan notifikasinya. Sebagai contoh, aplikasi Mail yang disertakan dengan Windows 8 memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pemberitahuan untuk setiap akun email. Anda bisa memiliki beberapa akun email yang telah diatur, namun hanya menerima notifikasi dari hanya salah satu dari mereka. Untuk aplikasi Mail, Anda akan menemukan opsi ini di bawah pengaturan setiap akun, yang bernama “Show email notifications for this account”. Aplikasi Modern lainnya mungkin juga memiliki pengaturan notifikasinya sendiri, ini tergantung pada masing-masing pengembang.

Notifikasi Lock Screen

Untuk mengontrol notifikasi lock screen, pilih kategori Personalize di aplikasi PC Settings. Di bawah aplikasi Lock screen, tap setiap ikon  dan pilih aplikasi yang Anda inginkan untuk menampilkan notifikasi. Sebagai contoh, aplikasi mail akan menampilkan counter pesan email yang belum dibaca pada lock screen jika dipilih. Anda juga dapat menonaktifkan salah satu atau lebih dari ikon tersebut untuk mencegah notifikasi muncul dalam slot tersebut di lock screen Anda. Nonaktifkan semuanya dan tidak akan ada yang muncul di lock screen Anda. Anda juga dapat memilih salah satu aplikasi yang dapat menampilkan “detailed status”. Aplikasi ini menunjukkan lebih banyak informasi pada lock screen – misalnya, Anda dapat menampilkan kondisi cuaca atau kalender acara mendatang.

Live Tiles

Fungsi Live Tiles sama dengan notifikasi. Mereka menampilkan konten terbaru, seperti kondisi cuaca terkini, kalender, harga saham, dan email baru. Ini bisa membuat Start screen Anda sedikit bising, terutama secara default – mungkin Anda tidak ingin harga saham dan berita olahraga mengacaukan perhatian Anda dari apapun yang Anda lakukan dengan komputer Anda. Untuk menonaktifkan Live tiles, cukup klik kanan, atau gesek jika Anda menggunakan layar sentuh dan klik atau tap “Turn live tile off”. Ubin tersebut akan tetap ada di Start screen Anda, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi tanpa menampilkan konten langsung apapun. [RIC]