Cara Compress File

05 Nov 2012 15:30 | Hits: 3224

Bingung Bagaimana Cara Compress File Windows? Download Software Berikut

Bingung Bagaimana Cara Compress File Windows? Download Software Berikut

File compression bukan merupakan konsep baru dalam dunia komputer. Dalam waktu sekarang ini, dengan koneksi internet yang pas-pasan bahkan cenderung lambat, mengurangi ukuran file untuk dibagi melalui internet merupakan suatu hal yang wajar. Cara ini juga akan lebih menyederhanakan ketika kita akan berkirim email tanpa harus memasukkan file satu per satu. Disamping ZIP yang merupakan format file compression yang populer, berbagai format lain mempunyai kelebihannya masing-masing dalam memberikan pelayanan pengompresan terbaik bagi segala file.

Berbagai sistem operasi mendukung format ZIP, membuat Anda melakukan pack dan extract file secara mudah. Hal ini dilakukan saat Anda akan melakukan kompres dan saat membuka file-file tersebut. Berikut ini Paseban menampilkan cara compress file yang bisa Anda lakukan dengan software:

1. 7-Zip

Sebagai file compression gratis, 7-Zip merupakan rajanya hingga saat ini. 7-Zip merupakan program file compression terpopuler, dan sebagai tolak ukur program sejenis. 7-Zip dapat bekerja untuk melakukan kompresi berbagai file menggunakan format ZIP atau format program ini sendiri, dan mendukung extract berbagai format termasuk beberapa yang cukup populer yaitu RAR dan ARC. Anda bisa mendapatkan versi portable dari 7-Zip yang tidak butuh untuk Anda install, karena akan langsung terintegrasi dengan Windows Explorer. Program ini juga mendukung multi part dan self executable archive, dan memiliki tampilan yang minimalis.

2. PeaZip

Jika ada file compression yang dapat menyaingi 7-Zip, hal tersebut adalah PeaZip. Selain mendukung format yang dimilikinya yaitu PEA compression, program ini juga mendukung berbagai format untuk membuat file kompresi dan lebih dari 150 format yang dapat mengextract file. Tampilannya yang cantik dan modern, plugin yang membantu pekerjaan, dan banyak fitur yang Anda harapkan untuk sebuah program compression merupakan kelebihan lain dari program ini. Selain Windows, program ini juga bisa digunakan pada sistem operasi lain seperti OSX dan Linux.

3. Haozip

Jika Anda terdengar asing mendengar nama ini, hal tersebut tidak dapat disangkal. Haozip merupakan file compression yang populer dengan banyak pengguna kebanyakan berasal dari China. Dengan tampilan default yang biasa, Anda dapat mengubahnya dengan berbagai macam rupa. Dari segi fungsi, program dibangun dengan segala harapan yang Anda inginkan, termasuk archieve splitting, joining, encryption, self extract archive, dan berbagai fungsi lainnya. Haozip juga memiliki fitur untuk melihat gambar, yang dapat menampilkan gambar tanpa harus melakukan extract dulu.

4. Hamster free Zip Archiver

Jika Anda berpikir suatu file compression bekerja dalam jalur yang sama, program ini yang akan memberikan suatu perbedaan. Hamster free Zip Archiver memberikan perbedaan terhadap cara kerja suatu program compression. Untuk melakukan kompresi terhadap file, Anda tinggal melakukan drop file ke dalam program yang berpenampilan serba hitam ini. Beri nama file kompresi Anda, kemudian drop kemanapun Anda mau. Untuk extract file, drag file kompresi dan drop ke luar. Disamping hal tersebut, kemudahan yang didapat ini merupakan pilihan yang tepat bagi siapa saja yang membutuhkan suatu alternatif yang simple untuk pemakaian sehari-hari.

5. Bandizip

Bandizip merupakan file compression dengan tampilan yang minimalis dan sederhana, bekerja dengan baik dalam melakukan kompresi dan extract file seperti halnya program yang lain. Anda akan mendapatkan berbagai format dan fitur seperti unpacking, encryption, self extract achieve, dan fitur lain. Anda juga dapat mengubah context menu sehingga fungsi yang sering Anda gunakan selalu mudah untuk diakses. Satu fitur standar yang tersemat adalah Preview Archieve, pilihan yang ada di context menu ini mengajak Anda untuk melihat isi file kompresi tanpa harus membukanya.

6. Bitser

Bitser adalah file compression lainnya yang memiliki cara pemakaian berbeda seperti program sejenis kebanyakan. Pada area Contains merupakan suatu folder-folder yang ada pada Windows Explorer dimana Anda dapat memilih file dan folder untuk dimasukkan ke file kompresi. Anda juga dapat memilih beberapa opsi dan kemudian membuat suatu file kompresi. Dalam area Manage, Anda dapat edit atau extract file kompresi. Satu fitur lainnya yang menarik adalah Bitser mempunyai password manager yang menjaga Anda tetap aman dengan username dan password untuk website. [DEAS]