Cara Merakit PC

01 Nov 2012 08:00 | Hits: 3621

Bagaimana Cara Merakit PC, Simak di Sini

Bagaimana Cara Merakit PC, Simak di Sini

Cara merakit PC tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Bahkan kegiatan merakit PC ini merupakan cara yang bagus untuk mengenalkan kepada Anda tentang komponen komputer dan bagaimana menyatukan mereka dan bahkan mungkin bisa menghemat anggaran Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahui Anda mendapatkan semua fungsi yang Anda butuhkan untuk komputer Anda, dan tidak ada tambahan yang tidak Anda butuhkan adalah merakit atau membangun PC Anda sendir, dan dengan merakit sendiri, Anda bisa menentukan komputer yang memang Anda inginkan spesifikasinya dan juga performanya.Tata cara dan urutan yang benar pada saat Anda merakit komputer atau PC Anda merupakan hal yang terpenting yang harus benar-benar Anda ikuti dengan benar. Karena banyak ruang sempit yang harus Anda perhatikan dengan teliti dan hati-hati. Berbeda halnya jika Anda memperhatikan hal-hal yang besar seperti aliran udara dan ruang untuk power dan data. Untuk mengetahui tata cara merakit atau membangun PC Anda sendiri, berikut instruksinya:

  • Gunakan obeng untuk melepaskan sekrup yang mengunci salah satu sisi dari PC dan pindahkan panel dari case PC.

  • Gunakan gelang anti-statis di pergelangan tangan Anda dan pasang hingga ke ujung case PC. Hal ini mencegah sengatan statis yang bisa merusak komponen PC Anda.

  • Gunakan obeng untuk menginstal power supply di bagian belakang dari PC. Sejajarkan lubang pemasangan di power supply hingga sesuai dan jika dirasa telah sesuai, maka pasang sekrup untuk memasang atau mengencangkan sekrup.

  • Tetap gunakan obeng untuk menginstal intake dan outtake dari kipas PC pada port khusus kipas. Jaga sirkulasi udara pada PC Anda agar hawa panas tidak terperangkap di dalam PC Anda. Semakin baik Anda menata komponen Anda, maka semakin lama komponen Anda semakin mampu lama bertahan.

  • Pasang kabel dari power supply ke kabel listrik pada setiap pendingin.

  • Gunakan obeng untuk menginstal motherboard di dalam case PC berlawanan dengan panel yang baru saja Anda lepas. Pasang kabel power supply dari motherboard ke dalam port power di motherboard.

  • Angkat tuas di sebelah slot CPU pada motherboard, tempatkan CPU dalam slot dan turunkan tuas sekali lagi.

  • Balikkan tuas di setiap sisi dari salah satu slot RAM. Tempatkan tongkat RAM pada slot RAM dan tekan lurus ke bawah. Tuas akan kembali ke tempat semula secara mekanis.

  • Sebarkan lapisan tipis dari thermal dan sebarkan di atas CPU. Gunakan obeng untuk memasang heat sink dan kipas pada CPU. Proses ini akan bervariasi tergantung pada jenis CPU, heat sink dan kipas.

  • Geser hard drive ke salah satu slot hard drive dalam case PC. Pasang salah satu power supply IDE atau SATA tergantung pada hard drive Anda. Hubungkan hard drive ke motherboard menggunakan kabel data IDE atau SATA.

  • Lepaskan salah satu panel di atas slot optical drive, dan slide optical drive ke slot optical drive hingga sejajar dengan case PC. Berbarengan dengan hard drive, masukkan kabel power ke power port optical drive, dan koneksikan ke motherboard dengan data kabel.

  • Masukkan kabel monitor VGA ke port VGA di motherboard yang mana telah terpasang ke dalam case PC. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk mengencangkan sekrup yang terdapat di VGA.

  • Pasang kabel keyboard ke port keyboard pada motherboard yang sedikit mencuat di belakang case PC. Pasangkan kabel mouse ke port mouse atau ke USB port tergantung dengan jenis mouse yang Anda gunakan.

  • Pasangkan pelindung gelombang listrik ke port listrik, putar pelindungnya, pasang pelindung kabel listrik ke sumbernya, pasang ujung kabel daya ke bagian belakang komputer dan nyalakan komputer. Periksa kembali bahwa kipas yang Anda pasangkan ke komputer Anda benar benar bekerja sebagai mana mestinya.

  • Setelah Anda yakin semua telah bekerja sebagaiamana mestiya, maka tutup case PC Anda dengan obeng dan sekrup agar tidak berantakan. [PY]