Cara Instal Game

30 Oct 2012 14:30 | Hits: 18277

Cara Instal Game Windows Pada Mac dengan Menggunakan Wine

Cara Instal Game Windows Pada Mac dengan Menggunakan Wine

Game PC: mereka bisa saja menjadi kutukan untuk para gamer Mac. Mac mungkin sebuah komputer yang lebih baik dibandingkan dengan Windows, namun meskipun demikian kebanyakan game populer tidak mendukung untuk dimainkan oleh OS X. Bahkan pada Steam, yang merupakan pemimpin dalam dukungan cross-platform game komputer tidak menyertakan Mac di dalam daftarnya.

Banyak alasan mengapa Mac tidak bisa menginstal game PC , termasuk salah satunya adalah dukungan perangkat keras yang kurang disesuaikan dan kartu grafis yang terintegrasi. Lalu bagaimana cara instal game PC di Mac bagi para gamer yang ingin mencicipi kualitas game PC yang memukau banyak para gamer?

Tentu saja ada beberapa macam pilihan untuk bagaimana cara instal game PC di Mac. Salah satu yang sering diAndalkan para pengguna Mac adalah menggunakan Boot Camp yang memungkinkan Anda untuk menjalankan full copy dari Windows di dalam Mac Anda yang berbasis Intel. Namun Boot Camp membutuhkan reboot untuk beralih dari OS X ke Windows yang mana cara ini dapat sangat membosankan. Atau Anda juga dapat membeli emulator semacam Paralles dan VMWare Fusion, namun emulator ini juga tidak berjalan dengan baik ketika coba untuk dijalankan dan tentunya akan menghamburkan uang Anda. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Paseban memiliki jawaban yang mampu mengatasi kendala Anda dalam memainkan game PC yakni dengan menggunakan program yang bernama Wine.

Apa Itu Wine?

Wine benar-benar berjalan sebagai lebih dari penerjemah antara petunjuk dalam program komputer PC dan sistem operasi Mac. Wine memiliki beberapa keuntungan, termasuk salah satunya adalah komunitas open-source untuk dukungan program ini, yang berarti akan terus menjadi lebih baik dan meningkatkan kompabilitas untuk banyak game yang akan dijalankan Mac.

Berbicara pada kompabilitas, tidak semua game PC akan bekerja dengan Wine. Untuk mengetahui apakah game akan Anda coba pada Mac Anda menggunakan Wine bekerja, maka Anda bisa pergi ke situs resmi Wine yang mana mereka memiliki seluruh database yang penuh dengan game dan aplikasi yang bekerja dengan menggunakan Wine. Bahkan mereka memiliki tingkatan untuk menilai seberapa baik ini bekerja dengan Wine, termasuk tingkat kompabilitas Platinum, Gold dan Silver.

Anda akan segera mengetahui game atau aplikasi mana saja yang mendapatkan tingkatan terbaik yang bisa dijalankan oleh Wine.

Apa yang Anda Butuhkan

Untuk menjalankan Wine tentunya Anda membutuhkan beberapa pra-syarat. Dan jika Anda masih menggunakan Power-PC Mac, maka Anda harus melakukan upgrade dan Wine tidak akan berjalan dengan sempurna. Untuk mengetahui jenis Mac apa yang Anda gunakan, klik pada Menu Apple pada sudut kiri atas, pilih About This Mac dan menu ini akan memberitahukan kepada Anda secara langsung jenis Mac apa yang sedang Anda gunakan. Jika Anda masih belum mengetahui apa jenis Mac yang Anda jalankan, Anda mungkin memiliki sedikit kendala dengan akun admin dan kata sandi.

Anda juga akan membutuhkan aplikasi X11 yang mana digunakan sebagai stAndar instal aplikasi sejak OS X 10.5, yang mana telah digantikan dengan OS X 10.8 Mountain Lion. Jika Anda masih berjalan pada sistem 10.8, maka Anda bisa langsung pergi ke halaman resmi XQuartz untuk mengunduh versi open source dari X11 untuk Mountain Lion. Instal file ini seperti Anda menginstal paket file lainnya. Untuk menuju ke halaman XQuartz, bisa langsung menuju ke sini.

Instal

Jika Anda berjalan pada sistem OS X 10.6 Snow Leopard ke atas, XCode tersedia di Mac App Store. Anda bisa mengunduhnya secara langsung di sini

Ketika Anda telah mengunduh dan menginstal XCode, jalankan dan pergi ke Preference. Klik pada tab Downloads dan instal "Command Line Tools". Jika Anda berjalan pada OS X 10.8 Mountain Lion, copy dan paste teks berikut ini ke Terminal session:

sudo xcodebuild –license

Anda juga harus memasukkan kata sandi admin Anda pada proses ini.

Lalu tutup terminal, dan pergi ke halaman MacPorts di sini
Sesampainya di sana, klik pada link untuk mendapatkan MacPorts versi terbaru dari OS X Anda. Selanjutnya, Anda akan perlu mengkonfigurasi MacPorts menggunakan command line, maka jalankan Terminal.

Copy dan paste line berikut ini ke terminal Anda

echo export PATH=/opt/local/bin:/opt/local/sbin:\$PATH$'\n'export MANPATH=/opt/local/man:\$MANPATH | sudo tee -a /etc/profile

setelah proses tersebut selesai, copy dan paste baris berikutnya:

if [ sysctl -n hw.cpu64bit_capable -eq 1 ] ; then echo "+universal" | sudo tee -a /opt/local/etc/macports/variants.conf; else echo "not 64bit capable"; fi

Jika Mac Anda berjalan pada 64-bit, Anda akan mendapatkan hasil +universal. Jika tidak, Anda akan mendapatkan hasil not 64 bit capable. Tutup jendela Terminal, dan buka kembali yang baru.

Instal Wine

Copy dan paste baris berikut pada jendela Terminal

sudo port install wine

MacPorts akan mencari source code yang mana diperlukan untuk membangun salinan fungsi Wine untuk Macintosh tertentu. Ini mungkin akan memakan waktu.

Download dan Install Game Anda

Cari game PC favorit Anda dan unduh. Pergi kembali ke Terminal dan tuliskan cd /locationOfDownloadedFile di mana bagian terakhir itu sebenarnya merupakan tempat Anda meletakkan file dari permainan Anda.

Setelah Anda berada di direktori yang tepat di Terminal, jalankan installer melalui Wine install dengan mengetikkan perintah berikut:

wine INSTALLER.exe

Tentu saja, bit installer setiap akan berbeda untuk Anda, maka Anda bisa mengetikan nama game tersebut di belakang command, seperti berikut:

cd ~/Downloads/GameSetup.exe

lalu

wine Game.exe

Jalankan Game

Sekarang agar game Anda benar-benar berjalan, maka Anda perlu untuk membuka terminal untuk terakhir kalinya dan mengetikkan baris berikut:

cd ~/.wine/drive_c/Program\ Files/

lalu

ls

ini akan menunjukkan kepada Anda nama dari permainan yang Anda instal. Maka ketikkan command terakhir berikut ini di Terminal Anda.

wine PROGRAM.exe

pastikan Anda mengganti PROGRAM dengan file startup Anda. [PY]