Situs Download

30 Oct 2012 16:00 | Hits: 4215

Tanda-Tanda Situs Download Yang Anda Kunjungi Tidak Aman

Tanda-Tanda Situs Download Yang Anda Kunjungi Tidak Aman

Download merupakan kegiatan rutin dalam berinternet, mungkin dapat dikatakan sebagai suatu kebutuhan. Dengan mendownload, kita bisa mendengarkan musik yang kita inginkan, atau juga file-file lain yang dibutuhkan. Jika kita akan mendownload, tentu kita akan mengunjungi situs download untuk melakukannya. Semuanya mungkin akan berjalan lancar, namun beberapa orang mengalami kejadian yang mengesalkan setelah selesai melakukan download. Misalnya Anda akan mendapatkan pop-ups yang asing. Program yang biasanya berjalan normal menjadi aneh dan berjalan seperti tidak biasanya, dan kemudian komputer Anda mengalami crash. Kemungkinan yang ada adalah komputer Anda terserang malware, virus komputer, spyware, atau berbagai hal yang dapat merusak software, ketika Anda mendownload suatu file.

Bagaimana Anda bisa mengetahui bahwa situs download atau file yang didownload membawa suatu virus atau tidak? Jawaban adalah, Anda tidak perlu mengetahuinya, karena Anda cukup memastikan bahwa situs download yang Anda kunjungi harus aman.

Mendownload file bukan merupakan satu-satunya jalan masuk malware ke komputer Anda. Terkadang, hanya dengan membuka suatu situs, Anda bisa mendapatkan serangan malware. Ini berarti, sebelum Anda mendownload suatu file, Anda harus memastikan situs yang Anda kunjungi terpercaya. Berikut tanda-tanda jika situs download yang dikunjungi tidak aman.

Situs dijejali dengan iklan dan pop-ups

Ini yang harus Anda perhatikan, jika situs yang dikunjungi dijejali dengan iklan dan pop-ups, dan fokus situs adalah untuk mengiklankan dan bukan pada penyediaan konten, maka Anda patut berhati-hati. Pop-ups pada dasarnya tidak akan bisa merusak komputer. Namun, suatu situs dapat memberikannya terlalu banyak, sehingga membuat komputer Anda berjalan lambat dengan berbagai halaman situs baru. Pop-ups biasanya ada saat Anda membuka suatu situs, dan bentuknya dapat berupa kotak dengan pesan di dalamnya. Kotak pop-ups biasanya memberikan suatu pilihan, misalnya Ok atau Cancel. Jangan klik apapun, karena hal ini akan menggiring Anda untuk menginstall sesuatu, bisa jadi malware. Untuk langkah aman, tutup situs tersebut.

Hati-hati saat membuka situs berbagi file

Tidak semua situs bisa berbagi file. Situs berbagi file ini digunakan oleh pengguna yang akan melakukan upload dan download suatu file. Walaupun situs ini aman, Anda akan menemui banyak orang asing di dalamnya dengan berbagai file yang ada. Banyak situs berbagi file yang dapat dipercaya. Dengan mengunjungi situs ini,seharusnya tidak membuat komputer Anda dalam keadaan bahaya. Tetapi beberapa file di dalamnya, seperti musik atau software yang harus diperhatikan. Tidak ada jalan untuk menghentikan seorang pengguna berbagi file yang telah terinfeksi, dan mungkin Anda tidak mengetahuinya. Jika seorang pengguna mendownload file yang terinfeksi dengan tanpa diketahui, pengguna itu dapat membagikan file tersebut pada suatu situs. Jadi, hati-hati terhadap situs berbagi file yang Anda kunjungi.

Browser Anda tidak mempercayai suatu situs

Browser seperti Firefox, Google Chrome, dan Safari dapat melindungi Anda dari situs yang berbahaya dengan menghentikan loading suatu halaman sebelum Anda membuka situs tersebut. Developer membuat beberapa pengamanan pada browser dengan melakukan update secara berkala terhadap daftar blacklist suatu situs.

Masalah dengan malware pada suatu situs adalah pop-ups yang muncul setiap waktu, jadi sangat penting untuk menjaga agar browser yang Anda gunakan selalu update. Ketika Anda melakukan update pada browser, Anda tidak hanya mendapatkan fitur baru, namun juga mendapatkan update daftar situs yang berbahaya.

Lakukan tes pada situs

Masih belum percaya jika situs yang Anda kunjungi aman atau tidak? Anda dapat memeriksa situs tersebut sebelum membukanya. Ada banyak layanan yang menyediakan suatu analisa terhadap URL, dan akan memberitahukan informasi terhadap Anda terkait konten malware yang ada di dalamnya. IT pro Lenny Zeltser mempunyai daftar program yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah situs yang dikunjungi aman atau tidak. Pilih situs dalam daftar yang ada, hubungkan pada alamat situs Anda, kemudian Anda sudah bisa mendapatkan hasilnya. Ketika sebuah situs mungkin lebih condong berisi malware, sangat mungkin situs tersebut dapat menginfeksi komputer Anda. Oleh karena itu, berilah perhatian ekstra pada situs yang Anda kunjungi. [DEAS]