Cara Memperbaiki Handphone

04 Nov 2012 12:00 | Hits: 4189

Cara Memperbaiki Handphone atau Tablet Setelah Masuk Air

Cara Memperbaiki Handphone atau Tablet Setelah Masuk Air

Kecelakaan memang tidak kita ketahui kapan terjadinya. Namun yang penting kita harus mengetahui bagaimana cara menanggulanginya. Tindakan-tindakan awal apa yanga dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak yang ada. Kecelakaan yang sering terjadi pada gadget kita seperti handphone atau tablet adalah kemasukan air. Terkadang walau kita sudah cukup berhati-hati menggunakan gadget tetap saja musibah tidak bisa di bendung. Sedang berjalan di kolam dan tersenggol orang, handphone terjatuh ke kolam. Naik motor kehujanan, handphone basah kena air hujan dan banyak kisah lain. Karena kebanyakan barang elektronika sensitif terhadap air. Dan bila sudah terkena air kemungkinan kerusakannya cukup parah.

Namun, jangan terlintas di pikiran Anda untuk membuang perangkat tersebut atau langsung membawanya ke tempat servis. Ada hal-hal yang dapat kita lakukan sendiri untuk menanggulangi musibah seperti ini. Berikut ulasan Paseban mengenai cara memperbaiki handphone setelah masuk ke dalam air:

Matikan Handphone atau Tablet

Hal ini merupakan tindakan pertama yang harus dilakukan bila ketika gadget kita kemasukan air. Bila ketika kemasukan air ternyata dalam keadaan mati jangan coba-coba hidupkan. Air merupakan pengantar listrik, menyalakannya akan membuat perangkat-perangkat di dalam handphone atau tablet Anda korslet.

Lepaskan Perangkat-Perangkat yang Bisa Dilepaskan

Untuk mengurangi resiko korslet Anda bisa melepaskan perangkat-perangkat yang bisa Anda lepaskan seperti baterai, memory card, SIM dan lain-lain. Biarkan perangkat terpisah sampai kering dan jangan dipasang dahulu karena chasis di handphone Anda belum benar-benar bersih dari air. Hal yang perlu di ingat, walau handphone atau tablet dalam keadaan mati arus listrik tetap jalan walau hanya untuk beberapa bagaian perangkat saja. Kalau bisa cashingnya di buka, buka saja untuk mempercepat proses pengeringan.

Keringkan Handphone atau Tablet

Banyak cara mengeringkan dengan aman handphone atau tablet Anda. Hal yang paling perlu untuk dikeringkan adalah sirkuit listrik yang terdapat di gadget Anda seperti batrai, chasis, SIM card dan memory card. Bagian-bagian harus benar-benar kering karena bila ada air se tetespun akan membuatnya korslet. Soalnya bagian ini begitu kecil sehingga sirkuit listriknya juga sangat kecil dan rapat. Mungkin hanya butuh 1/4 tetes air untuk menyambungkannya. Bila tersambung tamatlah bagian perangkat itu atau malah kerusakan merembet ke semua perangkat. Berikut beberapa cara untuk mengeringkan handphone atau tablet Anda

Hairdrayer

Dengan mode low dan jarak yang agak jauh tidak akan membuat tangan Anda terbakar. Mengeringkan dengan hairdrayer perlu ketelitian sampai ke selah-selah handphone Anda seperti slot memory card dan slot SIM card dan tempat-tempat lain yang yang sulit dijangkau tisu atau kain lap. Dengan udara panas yang dikeluarkan hairdrayer titik-titik air yang ada akan cepat menguap. Untuk bagian layar Anda harus mengambil jarak yang cukup jauh kira-kira 30 cm. Dan jangan terlalu lama memanaskan bagian layar, Anda tentu tidak mau layar touchscreen kehilangan sensivitas atau malah mengeluarkan warna-warna aneh dilayar.

Oven

letakkan handphone atau tablet dengan perangkat yang Anda lepaskan tadi di dalam kotak kecil dan masukkan ke oven. Atur oven pada mode low dengan temperatur 430 C-480 C ini tidak akan merusak perangakat-perangkat handphone atau tablet Anda. Untuk proses pengeringan ini membutuhkan satu malam. Cukup lama namun, lebih aman daripada menggunakan hairdrayer.

Kipas Angin

Ini mungkin cara yang paling aman namun paling banyak memakan waktu. Anda bisa mengahbiskan satu hari penuh untuk memastikan handphone Anda dalam keadaan kering. Pastikan kipas dalam keadaan menyala jika Anda menggunakan cara ini.

Dengan beras

Sediakan beras sebanyak satu mangkuk atau sampai handphone atau tablet dapat terendam secara keseluruhan. Biarkan dalam satu malam. Ini meruapakan cara yang paling aman dan tidak akan ada efek samping. Bahan alami terkadang menjadi pilihan yang bagus. Beras memiliki kemampuan menyerap air dan kelembapan disekitarnya. Selain itu tumpukan beras menimbulkan sedikit panas yang dapat membuat titik-titik air menguap.

Jeli Silica

Bila Anda hobby mengumpulkan Jeli Silica dari produk-produk elektronika, pada kasus kita sekarang bahan ini sangat berguna sekali. Jeli silica memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Namun untuk mengeringkan handphone atau tablet perlu dalam jumlah yang banyak karena dari satu produk elektronik terkadang hanya ada satu bungkus. Timbun handphone atau tablet di jeli silika terebut dalam semalam. Pastikan semua bagaian tertutupi jeli silika. Usaha ini tidak akan sia-sia, besoknya handphone Anda akan benar-benar kering.

Alkohol Murni (100%)

Bila cara-cara tersebut tidak berhasil cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan merendam handphone atau tablet dengan alkohol murni (bukan minuman). Memang ini terdengar sedikit ekstream tetapi benar-benar bermanfaat. Sedikit pengetahuan fisika, alkohol akan menggantikan air yang ada bila digabungkan. Setelah dia menggantikan air, alkohol akan menguap keudara seluruhnya.

Walau ada trik untuk menanggulagi gadget yang kemasukan air kita tetap harus berhati-hati menggunakan handphone dan tablet kita. tidak perlu membawa gadget kekkamar mandi atau jangan gunakan gadget di kolam renang. Perlakukanlah dia sebaik mungkin karena dia merupakan teman terbaik Anda menjali hari-hari. [RIC]