Cara Mengganti Tampilan Windows 7

04 Nov 2012 10:00 | Hits: 4728

Cara Mengganti Tampilan Windows 7 dengan Mudah

Anda para pengguna Windows 7 pasti akan merasa bosan dengan tampilannya yang biasa - biasa saja, sama seperti saat pertama menginstall Windows 7 ini. Anda tidak perlu khawatir, Paseban kali ini akan membagikan tips & trick agar tampilan Windows 7 Anda bisa lebih baik dan berbeda tentunya dengan milik teman Anda.

Paseban akan membagi 3 jenis kostumisasi cara mengganti tampilan Windows 7 Anda, oleh karena itu mari simak ulasan yang Paseban berikan berikut ini.

Mengubah Wallpaper Windows 7 Starter

Apakah Anda merupakan salah satu pengguna Windows 7 Starter? Pasti Anda akan merasa kecewa karena Windows 7 Starter ini tidak bisa memberikan Anda kuasa lebih untuk kustomisasi tampilannya. Untuk bisa mengubahnya silahkan ikuti tutorial yang Paseban berikan:

  • Klik Start lalu ketik regedit, atau alternative keyboard menggunakan Win+R lalu ketik regedit

  • Setelah tampil Registry Editor, buka HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop > cari file Wallpaper

  • Double click Wallpaper dan isi Value Data dengan memilih wallpaper yang Anda inginkan, contoh formatnya misal D:\foto\namafoto.jpg

  • Setelah itu, klik kanan folder Desktop di Registry Editor > Permissions… > klik advanced > pilih tab Owner > lalu Change owner to: pilih user yang sekarang Anda gunakan ( misal Administrator )

  • Pada saat keluar ada command prompt, Anda klik Remove lalu hilangkan tanda centang di perintah Include inheritable permissions from the object’s parent

  • Klik Add dan ketiklah Everyone lalu OK

  • Centang pada Allow Read Control lalu OK

  • Klik OK highlight everyone, centang Allow Read dan OK

  • OK lagi lalu restart.

Mengganti Background Folder di Windows 7

Jika pada Windows XP Anda bisa mengganti background folder menggunakan Notepad, kali ini untuk di Windows 7 pun Anda bisa mengubah background folder yang biasa - biasa saja menjadi lebih indah menggunakan aplikasi bernama Windows 7 Folder Background Changer. Untuk menggunakannya sangat mudah sekali, Pertama Anda pilih folder yang akan dijadikan background folder, Kedua Anda pilih Change Background Image untuk merubah backgroundnya dengan foto yang Anda sukai, Ketiga pilih warna untuk teks agar menyesuaikan dengan background yang Anda pasang. Selesai, jika Anda ingin sub folders-nya terpasang background tadi juga, bisa Anda centang Apply To Sub Folders.

Mengunduh Skin Pack

Untuk yang terakhir, jika Anda tidak suka repot - repot untuk mengedit - edit Windows 7 Anda, sekarang Anda bisa mengunduh Skin Pack untuk memudahkannya. Silahkan Anda kunjungi www.skinpacks.com untuk mendapatkan Skin Pack yang Anda inginkan. Disana terdapat banyak sekali Skin Pack yang bisa Anda gunakan untuk Windows 7 Anda. Setelah Anda unduh salah satu Skin Pack-nya, pasti akan berbentuk .rar, Anda buka menggunakan Winrar atau WinZip lalu klik dua kali file .exe yang ada di dalamnya. Klik Next untuk melanjutkan, lalu centang I accept the terms of the License Agreement setelah itu Anda klik Next, lalu ada Select components to install silahkan Anda pilih apa saja yang ingin Anda install, tetapi jika Anda ingin menginstall semuanya Anda tinggal klik Install. Tunggu hingga proses penginstallan selesai, dan setelah selesai silahkan Anda restart PC Anda. Jika selesai restart, maka Anda akan melihat perbedaannya dari tampilan juga sound-nya juga. Perlu diketahui juga, tidak semua netbook / laptop / PC yang Anda gunakan support menggunakan Skin Pack ini, Paseban pernah mencoba pada netbook merk Zyrex ternyata pada saat setelah proses install terdapat kegagalan sehingga Anda harus install ulang atau masuk ke Safe Mode dan pilih Last Know Good Configuration.

Itulah 3 jenis kustomisasi untuk Windows 7 Anda, silahkan Anda coba satu per satu untuk mengetahui hasilnya. Segala kerusakan dan kesalahan bukan tanggung jawab Paseban, tetapi tanggung jawab Anda sendiri. Do With Your Own Risk! [PNJ]