Tips Memilih Headphone

03 Nov 2012 16:00 | Hits: 6967

Tips Memilih Headphone Dengan Audio yang Berkualitas

Tips Memilih Headphone Dengan Audio yang Berkualitas

Headphone merupakan speaker mini yang penggunaanya ditempatkan langsung pada telinga, dan disambungkan ke berbagai perangkat seperti iPod, iPhone, handphone, mp3 player, dsb. Headphone memiliki beberapa bentuk. Yang pertama headphone yang menutupi seluruh telinga. Ada juga headphone yang dimasukkan pada sekitar lubang telinga yang biasanya disebut earphone.

Jika Anda ingin memperbaiki kualitas audio headphone pada perangkat audio Anda, misalnya iPod, membeli headphone baru mungkin merupakan keputusan yang tepat. Kualitas audio headphone yang bagus merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan jika Anda memang seorang penyuka musik.variasi pilihan dan style merupakan sesuatu yang luas, dan Anda harus benar-benar memperhatikannya. Untuk membantu Anda mempersempit ruang bagi headphone pilihan Anda, berikut ini Paseban menampilkan tips memilih headphone yang berkualitas ketika Anda akan membelinya.

Fitur yang Diinginkan

Seperti halnya speaker, headphone tidak memiliki perbedaan yang mencolok dalam fiturnya. Anda akan memasangkannya pada perangkat audio, kemudian memakaikan headphone pada telinga, lalu Anda akan mulai mendengarkan. Untuk bagian yang penting, yang membedakan model headphone adalah tipe, kenyamanan dan kualitas suara. Inilah yang pertama kali Anda pikirkan ketika akan membeli headphone.

Spesifikasi dan Kualitas Suara

Sebagai catatan, Anda jangan terpaku pada spesifikasi dari pabrik, seperti frequency response. Tidak ada standar penelitian untuk frequency response dari audio headphone, dan banyak pabrik menggunakan hal ini hanya untuk marketing.

Kualitas audio headphone berasal dari keseimbangan yang baik antara treble, midrange, dan bass, kaya suara dan juga menunjukkan kedetailan. Karena bentuknya yang kecil, headphone memberikan keunikan tersendiri saat memainkan bass. Tidak seperti speaker besar yang biasa Anda dengarkan, tetapi dentuman bass headphone akan membuat Anda bersemangat. Beberapa pabrikan headphone memberikan kualitas bass yang lebih, agar headphonenya bertambah tangguh. Beberapa orang memang menyukai tipe headphone yang bertumpu pada bass. Tetapi jika berlama-lama mendengarkan headphone sepert ini, imbasnya akan tidak baik bagi Anda. Jika Anda menginginkan headphone yang mengedepankan akurasi dan detail, maka Anda harus menghindari headpone yang bertipe bass. Dengan headphone yang mengedepankan kedetailan, Anda dapat mendengarkan berbagai variasi musik. Dengan berbagai spesifikasi audio headphone tersebut, Anda bisa memilih berada di pihak mana, apakah headphone yang mengedepankan bass, atau mengedepankan kedetailan. Sesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan Anda.

Fungsi Headphone

Perangkat audio populer seperti iPod Touch, dapat memaksimalkan headphone dengan memberikan fungsi seperti microphone dan tombol kontrol. Dalam fungsi standar, tombol kontrol ini digunakan sebagai tombol multi fungsi untuk mengontrol media, seperti menambah volume, mengganti lagu, dan bisa juga untuk voice control. Sekarang ini, beberapa hedphone telah memasukkan fitur-fitur tersebut pada produknya, yang kompatibel dengan perangkat sepert iPod Touch dan iPhone. Dan ini akan memberikan beberapa pilihan tanpa harus sulit mencari headphone dengan microphone dan tombol kontrol, yang kini telah tersedia banyak di pasaran.

Kenyamanan

Ketika Anda memakai headphone, seberapa nyaman headphone tersebut saat dipakai? Nyaman disini adalah pas pada kepala dan bentuk telinga Anda, yang memainkan peran penting untuk pemakaian jangka panjang. Usahakan memilih headphone yang nyaman Anda kenakan, karena hal tesebut akan Anda pakai seterusnya. Saat ini, headphone yang menutupi telinga telah dilengkapi pengaturan ukuran untuk kepala, sehingga Anda dapat menyesuaikan ukuran yang pas. Sedangkan earphone telah dilengkapi pilihan berbagai earbud, agar nyaman untuk berbagai bentuk telinga. Pilihlah ukuran yang pas dengan kepala dan bentuk telinga Anda, untuk pemakaian yang nyaman.

Solusi Saat Membeli

Ada banyak macam audio headphone, dengan modelnya yang bervariasi dari bermacam gaya, kualitas audio, fitur, dan harga. Dari hal-hal tersebut, kita dapat menjadikannya referensi saat akan membelinya. Setelah memastikan headphone yang akan dibeli, usahakan untuk mencobanya terlebih dahulu saat akan membelinya di headphone store. Ini merupakan suatu audisi yang bagus jika Anda mempunyai pilihan lebih dari satu headphone. Jika Anda membelinya di headphone store resmi, Anda akan mendapatkan garansi, untuk berjaga-jaga bila terjadi kerusakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat selesai membeli headphone yang diinginkan. [DEAS]