Mengakses Internet

24 Oct 2012 18:00 | Hits: 2997

Berjelajah Dunia Maya Menjadi Mudah Dengan Tips Mengakses Internet Berikut Ini

Berjelajah Dunia Maya Menjadi Mudah Dengan Tips Mengakses Internet Berikut Ini

Sekarang ini, berinternet sudah merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Berselancar di dunia maya sudah menjadi santapan banyak orang, mulai dari membaca berita, download musik atau video, hingga media sosial tempat berkumpulnya orang-orang. Dengan seringmya mengakses internet, banyak hal yang mungkin dilakukan berulang-ulang setiap hari, seperti menulis alamat website. Tentu akan sedikit jenuh dengan hal-hal tersebut, dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mengatasinya. Berikut ini adalah tips dan trik dalam mengakses dunia maya agar lebih sederhana dan mudah.

Anda tidak perlu mengetik http:// ataupun www

Ketika Anda mengetikkan alamat internet, Anda tidak perlu untuk mencantumkan http:// ataupun www dalam alamat tersebut. Misalnya jika Anda ingin mengunjungi Paseban, Anda cukup mngetik Paseban.com kemudian klik Enter. Dan jika Anda masih ingin mencantumkan http:// diikuti dengan www, ada cara cepat untuk menggunakannya. Ketik Paseban lalu Tekan Ctrl+Enter untuk mengetik penuh alamat menjadi http://www.paseban.com.

Optimalkan penggunaan seach engine

Pastikan untuk mendapatkan yang terbaik dari setiap hasil pencarian saat mengakses internet. Untuk mencari suatu subjek, Anda harus menggunakan kata yang spesifik dan unik. Memang sangat mengagumkan bagaimana mesin pencari dapat bekerja. Anda mungkin berharap bahwa kata-kata yang dicantumkan tepat dengan keinginan Anda. Namun mesin pencari seperti Google akan menampilkan hasil pencarian yang sangat banyak. Untuk mengurangi jumlah pencarian, gunakanlah kata yang unik dan spesifik pada subjek yang ingin dicari.

Untuk memastikan pencarian, Anda dapat mengetik tAnda petik pada awal dan akhir kata pencarian. Sebagai contoh jika Anda ingin mencari kata tips komputer, laman ini akan memuat tentang tips dan juga komputer, bukan memuat hal-hal yang kita inginkan. Namun, jika Anda mencari kata tips komputer dengan mencantumkan tAnda petik yaitu ‘tips komputer’, maka pencarian Anda akan benar benar pada kata tips komputer tersebut.

Kata yang tidak kita harapkan juga sering muncul saat kata yang dicantumkan memiliki banyak arti yang berbeda. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan tAnda minus untuk menggantikan spasi, dan membuang hasil yang tidak diharapkan. Ada juga tips jika Anda menginginkan hasil dengan file yang diinginkan. Misalnya Anda menginginkan hasil dengan berbagai file PDF, cantumkan dibelakang kata pencarian Anda dengan filetype:pdf.

Kenali shortcut browser internet Anda

Ada banyak shortcut yang bisa digunakan dengan browser internet. Dengan shortcut ini, kita dapat mempersingkat waktu dalam mengakses internet. Berikut cara menggunakannya:

  • Tekan Alt+D dalam browser internet dapat memindah kursor pada address bar.

  • Tekan dan tahan tombol ctrl diikuti dengan menekan + atau - untuk zoom in dan zoom out.

  • Tekan tombol backspace atau tekan dan tahan tombol Alt+ arah kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya.

  • Tekan F5 untuk refresh atau reload laman web.

  • Tekan F11 untuk membuat browser internet Anda dengan tampilan full screen. Tekan F11 lagi untuk kembali ke tampilan normal.

  • Tekan Ctrl+B untuk membuka bookmark internet Anda.

  • Tekan Ctrl+F untuk membuka kotak pencarian dalam browser untuk mencari pada laman web yang sedang Anda kunjungi.

Pilih default browser yang nyaman

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa browser yang populer untuk mengakses dunia maya yaitu Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Safari, dan juga Opera. Hindari untuk menginstall semua browser internet Anda, karena akan membingungkan dalam penggunaannya nanti. Pilih salah satu browser yang nyaman digunakan, dan jadikan browser tersebut sebagai default browser, yang berarti browser ini akan membuka semua link dan pencarian Anda saat menjelahi dunia maya.

Matikan sementara antivirus saat download

Beberapa antivirus mengakibatkan masalah saat kita sedang mengunduh. Misalnya saat kita sudah selesai mengunduh, namun indikator download tidak memberikan respon apapun. Setelah beberapa lama, komputer tetap tidak merespon, dan mungkin bisa terjadi crash. Masalah ini sering terjadi karena program antivirus. Matikan program antivirus Anda untuk mencegah hal seperti ini terjadi. Setelah Anda selesai mengunduh, hidupkan kembali antivirus dan kemudian scan file yang baru Anda unduh dengan antivirus tersebut. [DEAS]