Cara Memperbaiki Laptop

29 Oct 2012 10:00 | Hits: 6259

Cara Memperbaiki Laptop Screen / Layar Laptop yang Rusak

Cara Memperbaiki Laptop Screen / Layar Laptop yang Rusak

Salah satu masalah hardware yang umum padal laptop adalah layar. Layar pada laptop merupakan perangkat yang paling penting dan paling utama untuk laptop. Layar laptop sangatlah rumit. Namun, secara mengejutkan, cara memperbaiki laptop atau lebih tepatnya layar laptop sangatlah mudah, bahkan jika Anda tidak mengetahui bagaimana seluk beluk memperbaiki laptop dan juga bukan teknisi.

Berikut Paseban akan memberikan tips tentang bagaimana cara memperbaiki laptop Anda khususnya untuk layar.

Memecahkan Masalah pada Layar Laptop

Sebelum mengganti layar laptop, ada baiknya Anda mengetahui apa kerusakan atau permasalahan pada layar laptop Anda. Kebanyakan kerusakan pada layar biasanya memerlukan penggantian yang penuh. Kerusakan lainnya yang tampak di layar laptop juga mungkin disebabkan faktor lain di luar layar itu sendiri.

Masalah pada Piksel

Piksel pada layar laptop sering kali mendapatkan masalah atau rusak yang mengakibatkan layar laptop jadi sulit untuk dibaca dan digunakan. Laptop menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) untuk menampilkan gambar, yang mana LCD ini terdiri dari ribuan piksel. Jika beberapa piksle dalam suatu area rusak, hal ini akan berdampak merusak seluruh pengalaman komputasi Anda menggunakan laptop. Dalam kebanyakan kasus, untuk memperbaiki hal ini adalah mengganti layar LCD yang lama dengan yang baru.

Layar dengan Gambar yang Redup

Layar laptop menggunakan panel back lit untuk meningkatkan visibilitas layar. Namun terkadang lampu latar yang berada pada layar tidak berfungsi sebagai mana mestinya, yang berakibat membuat gambar pada layar sulit untuk dibaca. Masalahnya mungkin sederhana, salah satu komponen pada layar terjebak atau terjepit pada saat Anda menutup laptop Anda. Misalanya, jika laptop dibuka dan saklar terjebak dalam posisi tertutup, komputer biasanya, namun lampu belakang tetap mati. Untuk mengatasi hal ini, pertama-tama Anda harus menemukan lampu belakang. Switch ini biasanya sangat kecil dan terletak di dekat engsel laptop. Cobalah untuk membuka dan menutup laptop beberapa kali, jika tidak berhasil, beri ketukan lembut atau gunakan pin kecil dan coba untuk masuk ke dalam engsel untuk membetulkan posisi switch layar Anda.

Warna Putih Solid Pada Layar

Jika layar laptop Anda selalu menyala dan mati, maka penyebabnya mungkin masalah inverter. Inverter ini memasok listrik ke lampu belakang layar tersebut. Inverter yang mudah untuk diganti dan biasanya menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah. Namun jika warna layar laptop Anda berwarna putih solid, maka mungkin masalahnya terdapat pada koneksi kabel yang buruk antara monitor dan papan sistem. Buka laptop dan pastikan bahwa kabel koneksi diatur dengan benar dan tidak rusak.

Gambar yang Bercampur Aduk

Para pengguna laptop terkadang sering melihat gambar yang tercampur pada layarnya. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya bukan karena layarnya itu sendiri, namun kemungkinan besar terletak pada VGA. Salah satu cara yang tepat untuk menentukan apa yang menyebabkan layar memiliki gambar yang tercampur aduk adalah menghubungkan montitor dengan port VGA. Jika monitor lain menunjukkan gambar yang bercampur aduk pula, maka masalah tersebut mungkin terdapat pada kartu video-nya.

Mengganti Layar Laptop

Jika Anda memutuskan untuk mengganti layar laptop Anda yang rusak dibandingkan dengan membelinya yang baru, dan Anda tidak mengerti bagaimana cara untuk mengganti layar Anda tersebut secara manual, maka Anda bisa mengikuti langkah yang Paseban berikan di bawah ini:

  • Perhatikan jenis layar laptop dan pastikan pembelian layar laptop sesuai dengan tipe layar Anda. Sementara beberapa model laptop dari pembuatan yang sama mungkin saja cocok, namun pastikan hal tersebut sebelum Anda benar-benar membelinya. Jika sudah siap, matikan laptop Anda, lepaskan baterai dan cabut laptop.

  • Cari sekrup di laptop Anda dan lepaskan. Dalam kebanyakan kasus, layar memiliki 4 hingga 6 total sekrup. Pengguna mungkin akan membutuhkan obeng kecil. Namun beberapa laptop mungkin membutuhkan kepala sekrup sendiri yang memerlukan driver sekrup khusus atau kunci pas untuk mencabut sekrup. Namun setiap laptop memiliki tempat sekrup yang berbeda-beda.

  • Setelah semua sekrup Anda lepas, lepaskan layar dari plastik secara perlahan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan jari sehingga dapat melonggarkan layar. Setelah layar sedikiut terpisah, tarik layar menjauhi bezel. Jika layar masih tidak bisa ditarik, maka periksalah, apakah masih ada sekrup yang menempel.

  • Ketika bezel telah Anda lepas, layar dengan bingkai logam di sekitarnya akan terlihat. Miringkan layar ke depan, cabut layar dari cangkang punggungnya. Kabel yang mengarah ke arah layar akan terlihat . Ada dua kabel utama. Yang pertama adalah pita, yang merupakan kabel video. Kabel video lainnya menempel ditempatnya. Lepaskan pita secara lembut dan lepaskan dari LCD.

  • Setelah layar lama Anda lepas, pasang layar baru dan pasang di cangkang layar yang lama. Namun, sebelum memasang sekrup pada bezel, lakukan tes pada layar untuk memastikan apakah layar sudah bekerja dengan baik atau belum. Jika layar Anda telah berkerja dengan baik, matikan laptop Anda kembali, dan pasang sekrup serta bezel untuk mengunci layar Anda sebagaimana mestinya. [PY]