Fungsi Mouse Komputer

23 Oct 2012 15:30 | Hits: 7550

Berbagai Fungsi Mouse Komputer yang Harus Anda Ketahui

Berbagai Fungsi Mouse Komputer yang Harus Anda Ketahui

Kebanyakan pengguna komputer biasanya menggunakan mouse hanya untuk menggerakan cursor dan meng-klik suatu program. Namun di samping itu, mouse memiliki kemampuan yang lebih jika kita memaksimalkan penggunaannya. Ada beberapa fungsi mouse komputer yang harus Anda ketahui, agar potensi mouse dapat dijelajahi sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan Anda. Berikut ini Paseban akan menampilkan fungsi mouse tersebut.

Drag dengan Menggunakan Tombol Kanan Mouse

Tombol kanan mouse mempunyai fungsi drag yang dapat memangkas waktu kita untuk melakukan move atau copy paste. Fungsi mouse untuk drag file ini dilakukan dengan:

  • Drag file dari suatu lokasi ke lokasi lain pada drive yang sama akan menghasilkan pemindahan file

  • Drag file dari suatu lokasi ke lokasi lain pada drive yang berbeda akan menghasilkan copy file

Untuk melakukan copy file pada lokasi yang sama, drag file dengan tombol kanan mouse pada lokasi tersebut, kemudian akan muncul menu pilihan yang ada. Klik copy pada menu, maka file akan ter-copy setelahnya.

Mengoptimalkan Scroll Wheel

Kebanyakan orang menggunakan mouse wheel untuk melakukan scroll ke atas dan scroll ke bawah. Selain itu, mouse wheel ini dapat melakukan hal lebih seperti berikut ini.

  • Mouse wheel ini tidak hanya digunakan untuk scroll, tetapi juga bisa digunakan sebagai tombol. Menekan wheel dapat membuatnya seperti tombol ketiga pada mouse. Fungsi ini dapat digunakan untuk membuka tab dengan meng-klik link menggunakan scroll pada saat anda sedang berinternet. Anda juga dapat dengan cepat menutup tab dengan hal tersebut.

  • Anda dapat melakukan zoom in dan zoom out pada halaman web, word document, excel spreadsheet, dll dengan menekan tombol ctrl dan diikuti scroll up untuk zoom in dan scroll down untuk zoom out.

  • Melakukan forward dan backward pada saat browsing internet dengan menekan tombol shift dan scroll up untuk forward dan scroll down untuk backward.

Melakukan Multiple Objek

Ketika menekan tombol ctrl, Anda dapat melakukan klik kiri pada mouse untuk melakukan multiple objek dengan memilih file yang Anda inginkan. Misalnya dalam menu Microsoft Windows Anda tekan dan tahan tombol ctrl dan klik kiri pada mouse untuk memilih multiple file dalam sekali waktu. Hal ini juga dapat dilakukan pada Microsoft Office untuk melakukan multiple teks, dan dapat membantu Anda untuk proses editing. Tekan dan tahan tombol ctrl, kemudian pilih baris-baris teks yang Anda inginkan dengan diikuti klik kiri pada mouse.

Blok Paragraf
Ini merupakan fungsi mouse saat sedang menggunakan suatu teks misalnya Microsoft Word. Anda dapat menekan tombol shift diikuti dengan klik kiri mouse. Misalnya tempatkan cursor mouse pada awal paragraf, kemudian tekan dan tahan tombol shift dan klik kiri pada akhir paragraf untuk melakukan blok dari awal paragraf hingga akhir paragraf.

Menggunakan Tombol Samping Mouse

Beberapa mouse komputer memiliki tombol pada sisi samping mouse. Tombol ini juga mempunyai manfaat. Tombol sebelah kiri dapat digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya pada browser saat berinternet. Hal ini membuat browsing internet menjadi nyaman karena Anda tidak perlu memindahkan cursor pada browser untuk mengklik back agar kembali ke halaman sebelumnya.

Maximize Window

Fungsi mouse ini cukup sederhana. Setelah membuka menu window, Anda cukup melakukan double klik pada title bar untuk maximize window, dan double klik kembali pada title bar untuk resize window.

Memilih Teks dalam Kolom

Ini adalah fungsi mouse yang menarik, dan dapat digunakan untuk penulisan teks, misalnya dalam Microsoft Office. Yang harus Anda lakukan adalah tekan dan tahan tombol alt, kemudian pilih teks dalam kolom yang Anda inginkan, lepas tombol, dan kemudian drag, maka Anda bisa memindahkan teks dalam kolom ke atas atau ke bawah.

Memindah Cursor Mouse ke Keyboard

Mungkin ini memang bukan fungsi mouse yang sesungguhnya. Namun sebagai info, Anda dapat memindahkan cursor mouse ke keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih menu Control Panel

  • Buka "Accessibility Options” atau "Ease of Access”

  • Klik Mouse tab

  • Check "Use Mouse Keys”

  • Jika Anda ingin beberapa pengaturan, klik "Settings”

  • Klik "Apply”

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda bisa menggunakan tombol keyboard untuk menggerakkan cursor. [DEAS]