Media Penyimpanan Online

22 Oct 2012 20:00 | Hits: 2278

Compare Media Penyimpanan Online: File Hosting vs Torrent

Compare Media Penyimpanan Online: File Hosting vs Torrent

Para downloader atau uploader pasti mengetahui yang namanya file hosting dan torrent. Bagaimana tidak, yang namanya file hosting atau torrent pastinya tempat untuk mengunduh atau mengunggah file yang di share ke orang banyak. Dengan adanya file hosting dan torrent, Anda bisa mendapatkan file yang Anda inginkan ataupun menyimpan file yang sewaktu–waktu bisa Anda gunakan di kemudian hari.

Kali ini Paseban akan membahas perbandingan antara file hosting dengan torrent, keduanya merupakan sama–sama media penyimpanan yang favorit dikunjungi oleh para pengguna internet. Oleh karena itu, mari simak ulasan yang akan Paseban bahas mengenai Media Penyimpanan Online.

Speed Download

Kecepatan mengunduh yang kencang merupakan idaman semua para pengguna internet atau yang biasa disebut downloader. Tidak ada yang memungkiri, untuk mendapatkan kecepatan yang wah biasanya para downloader mencari cara untuk tweak internet agar kecepatannya kencang dan stabil. Selain karena kualitas dari internet provider dan paket data yang Anda beli, kualitas file hosting dan torrent itu sendiri yang mempengaruhinya.

Untuk file hosting, kecepatan untuk mengunduhnya tergantung dari server yang dimiliki, jika Anda mengunduh di server yang system-nya selalu down maka Anda harus sedikit bersabar untuk mengunduhnya. Selain itu juga, jika Anda ingin mengunduh dengan kecepatan tinggi, Anda diberi beberapa pilihan. Pertama yaitu free user, yang artinya unduhan Anda dengan kecepatan yang dibatasi dan tidak menjamin file yang Anda unduh bisa di resume, berbeda dengan premium user yang membayar akun di sebuah file hosting.

Biasanya para pengguna premium user memiliki kelebihan dalam mengunduh file, mengunggah file tanpa limit besar kecilnya file, bisa di-resume jika Anda ingin menghentikan sementara proses unduhnya. Berbeda dengan torrent, untuk mengunduh file tidak ada tawaran untuk menjadi premium user dan untuk kecepatan tidak dikurangi atau dilebihkan, karena untuk mengunduh di torrent Anda harus pandai - pandai memilih file yang banyak Seeder, Peer, dan Leecher. Semakin banyak Seeder, maka semakin kencang Anda mengunduhnya.

Quota Download

Biasanya file hosting memiliki kebijakannya masing–masing. Misal Mediafire yang membebaskan Anda mengunduh sepuasnya tanpa ada limit untuk mengunduh file yang Anda unduh, berbeda dengan Rapidshare yang membatasi Anda untuk mengunduh file hanya satu kali sehari, itu juga Anda hanya bisa menggunakan satu IP untuk mengunduh satu filenya. Untuk torrent tidak ada kebijakan untuk pembatasan quota download sehingga Anda bisa mengunduh file yang besar sekalipun tanpa khawatir dibatasi seperti file hosting.

Fitur Pause & Resume Download

Jika Anda menginginkan untuk melanjutkan unduhan file Anda esok hari, bisa Anda pause unduhannya jika menggunakan akun premium user, jika Anda pengguna free user maka Anda harus mengunduhnya hingga selesai jika tidak ingin unduhan Anda gagal / corrupt. Walaupun Anda pengguna free user, tetapi untuk bisa mendapatkan fitur pause dan resume download bisa menggunakan aplikasi download accelerator seperti Internet Download Manager, itu pun tidak semua file hosting bisa mendapatkan fitur tersebut di IDM (Internet Download Manager). Jika Anda mengunduh di torrent, Anda bisa mem-pause dan resume unduhan Anda kapan saja dan tidak perlu file Anda akan rusak ataupun corrupt, karena torrent selalu mengecek file yang diunduh saat Anda resume. Selain itu juga, jika Anda merasa mengunduh di torrent terasa lama, Anda bisa menggunakan IDM, tetapi tidak menggunakan torrent client (seperti µtorrent, bittorent, bitcomet, dll) yaitu via torrent client web di zbigz.com .

Download Accelerator

Untuk para pengunduh dari file hosting, jika Anda merasa unduhan Anda terasa lambat, Anda baiknya jika Anda menggunakan download accelerator seperti IDM, Orbit Downloader, FlashGot di add-ons, dll. Untuk pengunduh dari torrent pun Anda bisa menggunakan download accelerator seperti yang sebelumnya, hanya saja settingannya agak rumit, selain itu juga untuk mengunduh torrent Anda harus menggunakan software untuk mengunduh torrent (µtorrent, bittorent, bitcomet, dll).

File hosting dan torrent pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Selain dari yang dibahas seperti diatas, masih banyak lagi kelebihan dan kekurangannya yaitu dari kekebalan terhadap virus dan malware, ancaman terhadap file yang diprotes oleh publisher karena menganggap illegal.

Kini Anda yang tinggal memilih, lebih mudah manakah mengunduh dan mengunggah file di file hosting atau torrent? Anda lah yang menentukan. [PNJ]