Cara Menutup Port

12 Oct 2012 18:00 | Hits: 18783

Cara Menutup Port USB dan Mengaktifkannya Kembali Pada Windows 7

Cara Menutup Port USB dan Mengaktifkannya Kembali Pada Windows 7

Port adalah sebuah tempat untuk memasukkan kabel atau peripheral lainnya pada komputer, serta USB sendiri merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. Dengan kata lain dapat dikatakan USB merupakan sebuah standar interface sebuah perangkat.

Secara singkat pengertian dari port USB adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flashdisk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer. PC saat ini umumnya sudah memiliki port USB.

Biasanya pada komputer maupun laptop disediakan minimal dua buah port. Jika dibandingkan dengan parallel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya. Konektivitas antara PC (Personal Computer) dan perangkat USB dihubungkan dengan kabel khusus. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, yang satu menangani ground dan satu lagi memasok daya sebesar lima volt ke peripheral.

Seberapa sering Anda mencoba memasukan pen drive atau juga USB ke PC namun tidak terdeteksi? Perlu diketahui hal tersebut bukanlah sebuah virus, tetapi Anda tidak diperbolehkan oleh sang administrator untuk melakukan hal tersebut, karena administrator telah menonaktifkan fitur deteksi USB Drive pada PC. Hal tersebut mungkin dilakukan oleh sang administrator untuk mencegah penyebaran virus atau bisa juga karena ada data-data, maupun folder yang tidak diperbolehkan untuk dimodifikasi atau dicuri. Apakah Anda tertarik melakukan hak yang sama pada komputer maupun laptop milik Anda? Kali ini Paseban akan memberikan tips cara menutup port tersebut.

Anda tidak perlu khawatir karena solusi untuk menonaktifkan atau mengaktifkan port USB tersebut tidak sulit dan sangat sederhana.

Cara membatasi akses USB drive pada komputer

Ada tiga cara yang dilakukan seorang administrator untuk melakukan pembatasan hak akses pada sebuah port USB Drives, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Merubah registry yang ada pada Windows.

  • Menonaktifkan (Disabling) USB Ports dari menu Device Manager.

  • Dengan cara meng-uninstall USB Mass Storage Drivers.

  • Menggunakan aplikasi.

Melakukan Disable atau Enable USB Mass Storage Devices

Biasanya seorang administrator akan merubah registri pada sistem operasi Windows dengan merubah beberapa value pada registri tersebut untuk menonaktifkan USB Driver terdeteksi pada sebuah komputer. Berikut ini adalah caranya.

  1. Klik tombol Start pada taskbar, kemudian ketikan pada Run "regedit” (tanpa tanda kutip) kemudian tekan Enter, maka jendela Registry Editor akan terbuka.

  2. Selanjutnya silahkan buka direktori key berikut ini pada Registry Editor tersebut HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR.

  3. Setelah direktori key ditemukan, klik kanan lalu pilih Start kemudian ubah kotak value menjadi 3. Jika Anda ingin menonaktifkan/disable USB Storage maka ubah angka atau value menjadi 4.

  4. Klik tombol OK. Hal ini akan membuat port komputer Anda tidak dapat mendeteksi perangkat yang dipasangkan pada komputer maupun laptop.

Menonaktifkan USB Ports from Device Manager

Cara menutup port yang kedua adalah dengan menonaktifkan fungsi USB Ports dari menu Device Manager. Jika Anda tidak dapat bisa menemukan USB Drive, Anda bisa melakukannya dengan cara mengklik kanan perangkat lainnya yang ada, lalu klik Enable.

Uninstall USB Mass Storage Drivers

Cara berikutnya agar USB port Anda bisa terdeteksi adalah dengan cara melakukan proses uninstall USB Mass Storage Drivers. Agar port yang tertutup tersebut dapat mendeteksi keberadaan perangkat Anda atau ingin perangkat tersebut terdeteksi kembali maka langkah selanjutnya adalah dengan menginstal lagi USB Mass Storage Drivers pada komputer maupun laptop milik Anda tersebut.

Menggunakan Aplikasi USB Drive Disabler/Enabler

Tips yang terakhir tentang cara menutup port komputer laptop dan komputer yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Intelli Admin. Anda bisa mengunduh aplikasi USB Drive Disabler/Enabler ini secara gratis di sini. Dengan desain tampilan yang sangat sederhana aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. [AG]