Cara Share Printer

11 Oct 2012 17:00 | Hits: 37910

Tutorial Cara Share dan Add Network Printer Pada Windows 7

Tutorial Cara Share dan Add Network Printer Pada Windows 7

Printer adalah sebuah media yang dapat dipergunakan untuk mencetak dokumen (tulisan, gambar dan tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis. Seiring dengan perkembangan dan teknologi bahkan printer saat ini sudah dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya seperti fitur scan, maupun fitur fotocopy.

Saat ini terdapat beberapa merk printer terkenal yang beredar dipasaran seperti Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan sebagainya. Dari berbagai merek dan tipe printer yang ada, secara keseluruhan printer-printer tersebut dapat dikelompokkan ke dalam jenis-jenisnya masing-masing yaitu printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik. Namun ketika Anda berada pada sebuah kantor, maupun ruang kerja yang terdapat banyak komputer haruskah masing-masing komputer memiliki printer? Tentu jika hal tersebut dilakukan maka biaya operasional yang dikeluarkan akan cukup mahal baik dari segi perawatan maupun penggunaan seperti tinta dan cartridge printer.

Berbagi printer dan menambahkan printer pada sebuah jaringan sangat mudah dilakukan pada sistem operasi Windows 7. Jika Anda memiliki printer yang terpasang ke komputer, Anda dapat berbagi dengan siapa saja di jaringan yang sama, selain itu Anda juga dapat mengontrol siapa saja komputer yang dapat mengakses printer tersebut dalam sebuah jaringan komputer yang dibuat. Tapi printer yang terhubung secara langsung ke sebuah jaringan dan juga terkoneksi pada setiap komputer serta tersedia untuk siapa saja di jaringan yang sama, maka printer ini harus memiliki port jaringan atau koneksi nirkabel (WiFi) yang memungkinkan mereka untuk terhubung langsung ke jaringan.

Pada kali ini Paseban akan mencoba membantu Anda dengan memberikan artikel cara share printer. Anda dapat berbagi printer dengan mengikuti beberapa langkah. Pertama-tama, silahkan instal printer baik driver maupun hal-hal lainnya yang diperlukan pada komputer yang akan dijadikan sebagai server, setelah semua terpasang dan berjalan dengan baik pada komputer server, kemudian lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Mengaktifkan fitur Sharing Printer Pada Windows 7

• Buka Control Panel lalu cari menu Network and Sharing Center biasanya bergambar Printer, kemudian klik menu Advanced sharing settings.

• Selanjutnya klik tanda panah untuk membuka Network Profile yang tersedia.

• Pada menu File and printer sharing, pilih Turn on file and printer sharing untuk printer pada komputer server dapat dipergunakan oleh komputer client yang terhubung dalam jaringan komputer milik Anda, lalu setelah itu klik tombol Save changes.

Jika langkah cara share printer diatas masih kurang dimengerti Anda bisa melihat pada contoh gambar dibawah ini,

Tutorial Cara Share dan Add Network Printer Pada Windows 7

Setelah Anda mengatur dan juga mengaktifkan fitur Sharing Printer pada Windows 7, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan komputer mana saja yang bisa mempergunakan printer yang sudah di-sharing tadi.

  • Kik Start pada Taskbar, kemudian buka dan klik Devices and Printers.

  • Lalu setelah itu, klik kanan printer mana yang ingin Anda fungsikan agar bisa dipergunakan oleh komputer-komputer client di jaringan komputer yang telah dibuat. Selanjutnya klik Printer properties.

  • Anda akan menjumpai sebuah kotak dialog, lalu klik Sharingtab.

  • Selanjutnya pilih Share this printer lalu klik check box (checklist).

Printer yang di-share saat ini sudah dapat dipergunakan oleh komputer-komputer yang terkoneksi pada jaringan Anda baik jaringan LAN maupun jaringan nirkabel (wireless). Langkah berikutnya adalah menambahkan network printer pada masing-masing komputer client. Untuk menambahkan network printer berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Silahkan Anda klik Start pada taskbar, kemudian buka dan klik Devices and Printers.

  2. Lalu Anda klikAdd a printer.

  3. Selanjutnya klik menu"Add a network, wireless, or Bluetooth printer”.

  4. Kemudian jika sudah, lalu klik shared printer.

  5. Klik tombol Next, dan silahkan ikuti isntruksi selanjutnya yang muncul pada layar Anda

Setelah semua langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan dengan benar, maka saat ini printer yang terdapat pada komputer server sudah dapat Anda bagikan (sharing) untuk dapat dipergunakan oleh komputer-komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan milik Anda tersebut. Dengan begitu akan menghemat biaya tanpa harus membeli banyak printer dalam sebuah jaringan di kantor, maupun sekolah. Demikian artikel cara share printer yang dapat Paseban berikan semoga berguna bagi Anda yang tertarik menjadi teknisi jaringan. [AG]