Cara Buat ISO File

05 Oct 2012 18:00 | Hits: 10304

Cara Buat ISO File dengan Beberapa Tools Terbaik Berikut

Cara Buat ISO File dengan Beberapa Tools Terbaik Berikut

Jika komputer Anda tidak memiliki DVD drive untuk menulis file dalam DVD, maka cara buat ISO file merupakan satu-satunya alternatif untuk membuat file .ISO yang merupakan jenis file yang umum untuk format disc image dan merupakan sebuah format yang telah diterima secara internasional untuk pengarsipan data ke cakram optik.

Cara buat ISO file ini merupakan cara lain yang bisa digunakan apabila pada laptop atau komputer Anda memang tidak memiliki DVD atau CD drive. Jika Anda tidak memiliki salinan fisik dari disk tertentu, Anda masih bisa mendapatkannya dalam bentuk digital dengan meraih citra ISO dari itu. Di sisi lain, jika Anda memiliki sebuah cakram optik, Anda dapat menduplikasi data dengan menciptakan citra ISO Anda sendiri.

Untuk membuat ISO file ini Anda bisa menggunakan beberapa tools pembuat file ISO terbaik di luar sana. Jika cara ini terdengar sulit, maka jangan khawatir. Proses ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kebanyakan program ISO memanipulasi ISO sangat sederhana dan mudah digunakan. Berikut adalah beberapa program ISO terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk komputer atau laptop Anda.

WinCDEmu

WinCDEmu mengisi daftar pertama dalam rangkaian program ISO terbaik yang bisa Anda miliki. WinCDEMu merupakan sebuah open-source one-click disc image mounting tool. Program ini memiliki tampilan interface yang sangat sederhana. Anda bahkan tidak perlu mencari dan menjalankan program ini. Anda hanya tinggal klik kanan pada ISO file Anda, lalu pilih Mount dan selesai.

Pembuatan file ISO pun tergolong mudah. Masukkan disc pada optical drive Anda, pilih Create, dan selesai. Berikan nama pada file yang Anda buat dan ini bisa langsung digunakan. WinCDEmu dapat mendukung beberapa format seperti ISO, CUE, NRG, MDS/MDF, CCD, dan IMG. Tidak seperti kebanyakan tools ISO yang gratis, WinCDEMu dapat menangani jumlah yang tidak terbatas dari virtual drive. Anda bisa mendapatkan software ini di sini.

ImgBurn

Tools ISO lainnya yang masuk ke dalam daftar adalah ImgBurn. ImgBurn memiliki sifat yang sama dengan WinCDEmu. Tool packs ini merupakan tools packs yang terbaik di kelasnya, dan dapat menghandel image files dari CD, DVD, HD-DVD, dan Blu-Rays. Jika ImgBurn kemunculannya tidak kalah dengan WinCDEmu, maka ImgBurn akan menjadi video yang pertama.

ImgBurn dapat mendukung image file seperti ISO, BIN, CUE, IMG, NRG, CCD, CDI, DVD, GI, MDS, DI and PDI. ImgBurn dapat membuat gambar ISO dari cakram optik Anda, membuat gambar ISO dari awal, menulis gambar ISO ke disk, memverifikasi integritas pembacaan disk, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh program ini. Program ini dirancang khusus sangat sederhana, sehingga para pemula pun bisa menggunakannya tanpa harus mengenali software ini secara mendalam, namun pengguna tingkat lanjut pun akan sangat senang menggunakan fitur yang disediakan oleh software ini. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunduhnya di sini.

Virtual CloneDrive

Virtual CloneDrive merupakan software hasil pengembangan dari developer SlySoft yang dikenal sebagai management tools ISO terbaik di luar sana. Tool ini dapat melakukan mount image dengan hanya dua klik saja dan mendukung hingga 8 virtual drive yang terpisah pada suatu waktu. Ditambah lagi, mendukung semua format gambar yang umum, termasuk BIN, CUE, dan CDD. Tidak seperti paket SlySoft yang lain, tools ini benar-benar disediakan secara gratis. Untuk mendapatkan tools ini, Anda bisa mendownloadnya di sini.

Daemon Tools Lite

Daemon Tools merupakan sebuah tool yang telah dikenal banyak orang selama setengah dekade ini dan juga paling banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Dewasa ini makin banyak tool ISO gratis bermunculan sebagai alternatif lain selain Daemon Tools. Versi Lite dari tool ini merupakan versi gratis dari Daemon yang mana Anda hanya akan mendapatkan fitur-fitur dasar. Jika Anda ingin versi lengkap dari tools ini, maka Anda dapat menebusnya seharga 15 Euro. Untuk mendapatkan tool ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

AcetoneISO (Ubuntu, Debian, OpenSUSE, Fedora, Mandriva, Archlinux, Slackware, dan Gentoo)

Dan yang terakhir adalah AcetoneISO yang mana tool ISO ini merupakan tool untuk perangkat Ubuntu, Debian, OpenSUSE, Fedora, Mandriva, Archlinux, Slackware, and Gentoo. tool ini dapat mengeksekusi beragam format seperti ISO, BIN, NRG, IMG, NDF, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan tools ini Anda dapat melakukan burn data tanpa harus bergantung pada terminal lagi. [PY]