Melihat Tweet Lama

06 Oct 2012 16:00 | Hits: 36469

Empat Website yang Mampu Membantu Anda Melihat Tweet Lama yang Sudah Hilang

Empat Website yang Mampu Membantu Anda Melihat Tweet Lama yang Sudah Hilang

Mungkin sebagian dari kita ingin mengenang masa lalu dari tweet pertama kita di Twitter. Paseban pernah melakukan itu dan cukup membuat senyum-senyum sendiri ketika melihat postingan yang umurnya sudah lama sekali. Atau Anda ingin memberikan tweet yang sudah lama sebagai bukti ke pacar kalau Anda setia? Karena Anda seorang yang tergolong aktif di Twitter, tweet-tweet yang sudah lama sekali tidak dapat di tampilkan kembali. Entah sudah berapa puluh ribu tweet yang Anda bagikan ke teman-teman sehingga sulit mengaksesnya kembali.

Kemana tweet-tweet kita tersebut? Mengapa tidak bisa di akses lagi? Itu karena Twitter memang menghapus secara berkala tweet-tweet lama Anda. Twitter hanya memberi kapasitas 3200 tweet yang dapat Anda akses di akun Twitter. Ini dikarenakan Twitter pernah mengalami masalah ketika tweet-tweet pengguna tidak dihapus oleh Twitter sehingga terjadi overload pada situsnya. Anda mungkin masih ingat ketika di Twitter jumlah followers dan following kita menjadi 0, juga tweet terdahulu kita hilang. Ini adalah dampak membludaknya tweet-tweet pengguna Twitter hingga websitenya down. Namun masalah itu sudah teratasi. Yang menjadi masalah saat ini bagaimana kita bisa mengakses tweet-tweet kita yang sudah dihapus Twitter? Berikut website yang mampu membuat kita melihat tweet lama yang hilang.

Twissues

Ini adalah web yang sederhana dan gratis. Tweets terdahulu Anda akan disusun dari yang terbaru sampai yang paling lama. Anda juga tidak akan kesulitan mencari tweets yang Anda inginkan karena diasajikan dengan bentuk daftar. Ada dua kemudahan yang diberikan website ini yaitu melihat dan mengkases seluruh tweets yang pernah Anda posting termasuk tweets yang sudah dihapus Twitter.

Caranya, Anda hanya perlu login dengan akun Twitter Anda. Bila ingin melihat history tweets yang sudah lama, Anda tinggal membuka web ini dan masuk melalui Twitter. Anda dapat mengatur agar tweet tidak dapat dicari pengguna lain. Klik menu setting yang ada di bagian kanan kemudian centang Don't allow other users search through my tweets. Dari menu ini Anda juga bisa menghapus akun Anda. Klik link ini untuk mengakses web Twissues

Backupify

Banyak layanan yang disediakan website ini untuk Anda, bukan hanya untuk jejaraing sosial seperti Twitter. Ini juga dapat mem-backup fitur yang diberikan Google seperti Gmail, Google Calendar, Drive and Docs, Contact, dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita hanya akan membahas apa-apa saja yang dapat di backup website ini untuk Twitter.

Backupify dapat mem-backup tweets, mentions, Direct Massages dan fovorite dari yang pernah ada di Twitter Anda. Untuk memulainya Anda terlebih dahulu harus membuat akun di website tersebut dengan mengklik link ini. Pada awal memasuki web ini, pilih Backupify for Personal Apps yang ada pada bagian paling bawah pilihan. Setelah registrasi akan ada pilihan tipe penyimpanan gratis atau yang berbayar. Untuk yang gratis hanya disediakan kapasitas sebesar 1 GB. Kemudian Anda dapat memilih Twitter di pilihan berbagai jejaring sosial atau aplikasi-aplikasi lain seperti Gmail, Flicker, dan lain-lain untuk di backup.

Berbeda dengan twissues yang hanya mampu mem-backup tweets kita, melalui Backupify segala sesuatu yang pernah tampil di Twitter Anda akan terlihat. Bila Anda mengklik salah satu dari tweets atau mention tersebut, Backupify akan memperlihatkan kedetailan file tersebut dari waktu, besar file dan lain-lain. Anda juga dapat mendownload file-nya.

Dari segi layanan, Backupify lebih lengkap dibanding dengan twissues karena dapat mem-backup tweet, mentions atau DM dari Anda dan teman Anda. Namun Anda tidak akan bisa melihat tweet atau mentions tersebut langsung di Twitter Anda seperti di twissues dan juga terbatas hanya 1 GB untuk akun gratisnya.

TweetBackup

TweetBackup merupakan produk Backupify yang dikhususkan untuk Twitter saja. Fungsinya mirip dengan twissues yaitu menampilkan tweet-tweet yang pernah kita posting. TweetBackup tidak memiliki kemampuan seperti Backupify yang mampu mem-backup semua yang pernah diposting pada Twitter kita. Perbedaannya dengan twissues, file di TweetBackup bisa Anda download seperti pada Backupify namun tidak bisa menampilkan tweet langsung ke Twitter kita.

Untuk dapat memanfaatkan layanan ini agar bisa mengembalikan tweets yang hilang Anda cukup mendaftarkan Twitter Anda ke TweetBackup. Selanjutnya, Anda bisa login dengan Twitter. Kemudian TweetBackup akan mulai mem-backup Twitter. Backup ini paling lama akan memakan waktu 48 jam. Setelah itu Anda bisa melihat seluruh tweet Anda termasuk yang telah dihapus Twitter.

IFTTT (If This Than That)

IFTTT merupakan web yang memberi layanan untuk menghubungkan segala sesuatu yang kita posting baik itu artikel di blog, status jejaring sosial termasuk tweet kelayanan-layanan penyimpanan online. Kemampuan ini kita manfaatkan untuk mem-backup tweet-tweet kita di Twitter. Sebenarnya bukan hanya itu saja kemampuan IFTTT.

Yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di Evernote. Evernote ini merupakan kumpulan aplikasi-aplikasi yang langsung secara otomatis bisa menyimpan file Anda di penyimpanan online. Untuk lebih jelasnya klik link ini.

Setelah selesai membuat akun di Evernote buatlah akun di IFTTT atau langsung klik link ini www.ifttt.com Kemudian pilihlah channel Twitter. Pada menu berikutnya pilihlan untuk menghubungkan Twitter dengan Evernote "Active your Twtiter On Evernote". Twitter Anda sekarang sudah terhubung dengan Evernote. Segala tweet Anda akan tersimpan di Evernote. Jadi akan lebih baik jika layanan ini digunakan bersamaan pada saat membuat Twitter. Tweet Anda dari awal sampai akhir akan disimpan di Evernote. [RIC]