Samsung Mati Total

14 Jun 2014 08:00 | Hits: 87339

Tips Jika Handphone Android Samsung Mati Total

Tips Jika Handphone Android Samsung Mati Total

Semua pengguna handphone khususnya Samsung ber-platform Android pasti khawatir jika tiba-tiba handphone yang digunakan mengalami mati total. Sebelum Anda membawanya Service Centre terdekat untuk diperbaiki, ada baiknya Anda melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi handphone Samsung mati total.

Pertama ketahui terlebih dahulu apakah peristiwa Samsung mati total yang dialami disebabkan oleh soft bricked (kerusakan system karena gagal downgrade, menginstal custom ROM, sering bootloop) atau bukan. Kedua pastikan apakah handphone Samsung benar-benar mengalami mati total atau tidak. Jika masih bisa menyala seperti masuk ke download mode, recovery mode, ataupun bootloop sebaiknya tidak perlu melakukan perbaikan seperti yang dipaparkan di bawah ini.

Dan sebelum melakukan cara unbrick handphone Samsung Android Anda, persiapkan beberapa syarat berikut ini. Do With Your Own Risk!

 

 

Setelah persyaratan di atas sudah siap, selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang berikut ini.

 

  • Tancapkan kabel data dan handphone Anda ke pernangkat komputer/laptop.
  • Klik dua kali One - Click Unbrick Tool tadi yang sudah diunduh.
  • Klik unsoft brick lalu tunggu hingga ada tanda error. Setelah muncul tanda error pilih Resolution Center.
  • Klik extract to current folder di folder Heimdall.
  • Salin file One - Click Unbrick Tool dan One Click Loader yang tadi diunduh ke folder Heimdall (c:/ program files/ Heimdall).
  • Klik kanan file One Click Loader, pilih Run as Administrator.
  • Klik kembali unsoft brick, lalu akan muncul kembali pesan error, biarkan saja pesan tersebut.
  • Restart komputer/laptop/Netbook Anda.
  • Cabut semua kabel data, kartu sim, SD card, baterai. Setelah dicabut semua, pasang hanya baterai saja.
  • Masuk ke download mode dengan menekan 3 tombol (volume bawah + home + power )

 

Jika handphone Anda masuk ke download mode, berarti Anda telah berhasil unbrick handphone Anda. Jika belum berhasil, coba ulangi kembali langkah-langkah yang Paseban bahas di atas mungkin ada langkah yang Anda lewatkan.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi selain menggunakan tips di atas. Sebaiknya ajak rekan Anda untuk ikut membantu. Pertama, cabut baterai, kartu SIM, SDcard dari handphone Anda. Lalu pasang handphone ke kabel data yang sudah ditancapkan ke komputer/laptop/Netbook. Pegang handphone Anda sambil menekan tombol untuk ke download mode (volume bawah + home + power) dan rekan Anda membantu untuk memasang baterainya saja. Cek layar handphone Anda apakah masuk ke download mode atau tidak, jika tidak coba ulangi lagi. Dan jika masih gagal, maka Anda bisa mencoba menggunakan tips di atas yang Paseban berikan.

Solusi ini diberikan karena banyak dari para pembaca yang mengalami soft brick pada handphone-nya karena kesalahan seperti yang disebutkan di atas, dan ada juga karena mencoba menggunakan aplikasi ROM Manager (Galaxy Mini tidak diperkenankan menggunakan aplikasi ini). Itulah cara sederhana memperbaiki Samsung mati total. [PNJ]