Membersihkan BlackBerry

28 Sep 2012 18:00 | Hits: 39815

Tips Membersihkan BlackBerry Agar Tidak Lemot

Tips Membersihkan BlackBerry Agar Tidak Lemot

Apakah Anda pernah mengalami keluar dari aplikasi atau game yang sedang asik dimainkan? Kejadian ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya banyaknya file yang disimpan pada ponsel BlackBerry, banyaknya aplikasi yang dibuka tetapi tidak ditutup secara benar setelah selesai digunakan, dan history pada browser yang terlalu banyak.

Kejadian di atas menyebabkan kerja dari memori dari ponsel BlackBerry Anda menjadi terlalu berat yang akhirnya mengakibatkan keluar aplikasi. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Untuk dapat mengurangi bahkan menghindari lag pada ponsel BlackBerry maka Anda harus membersihkan BlackBerry OS secara berkala agar tidak lemot secara berkala. Anda harus membersihkan sistem operasi ponsel BlackBerry, sehingga memori pada ponsel benar-benar bisa dimaksimalkan untuk mendukung segala aktifitas Anda. Beberapa orang mungkin akan menganggap sulit untuk membersih sistem operasi pada ponsel BlackBerry, nyatanya tidak. BlackBerry sudah menyediakan fitur-fitur yang akan membantu Anda membersihkan sistem operasi ponsel BlackBerry Anda dari data-data yang sudah tidak diperlukan.

Berikut adalah cara-cara yang harus dilakukan untuk membersihkan BlackBerry OS, dan alangkah baiknya cara-cara ini dilakukan secara berurutan untuk memaksimalkan hasil pembersihan pada ponsel BlackBerry Anda.

  1. Hapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan, walaupun aplikasi tersebut tidak pernah digunakan lagi, tetapi aplikasi ini akan menghabiskan memori ponsel BlackBerry Anda.

  2. Hapus pesan-pesan pada ponsel BlackBerry Anda seperti SMS, MMS, email, dan pesan pada messengers.

  3. Minimalkan penggunaan memory card pada ponsel, karena semakin banyak tempat kosong akan semakin mengurangi kemungkinan terjaidnya lag. Hapus atau pindahkan foto, video, atau musik yang tidak diperlukan lagi. Disarankan untuk menggunakan memory card dengan ukuran yang besar, sehingga Anda bisa menyimpan file lebih banyak pada BlackBerry Anda.

  4. Bersihkan cache pada browser (Cache Cleaning) dengan langkah masuk ke aplikasi browser, tekan logo BlackBerry pilih Options. Pilih menu Cache Operations atau Clear Browsing Data (tergantung pada versi OS ponsel BlackBerry Anda). Pilih semua pilihan Clear.

  5. Bersihkan Event Log (Event Log Cleaning Home Screen). Pada Homescreen tahan tombol ALT, kemudian tekan huruf L G L G secara bergantian. Kemudian akan muncul layar Event Log, tekan tombol BlackBerry dan pilih Clear Log.

  6. Memory Cleaner Options. Pilih Options> Security Options> Memory Cleaning. Ubah status dari disabled ke enabled. Pilih Clean Now.

  7. Restart ponsel BlackBerry, Anda dapat memilih berbagai cara untuk me-restart-nya. Bisa dengan menekan tombol ALT + SHIFT + DEL, ataupun dengan mencabut baterai ponsel BlackBerry. Tetapi bila memilih opsi untuk mencabut baterai ponsel, pastikan Anda menunggu selama kurang lebih 3 menit setelah mencabut baterai sebelum memasangkan kembali baterai pada ponsel BlackBerry. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi daya listrik yang tertinggal.

Langkah-langkah di atas adalah bagaimana cara agar kita mengurangi atau bahkan menghindari ponsel BlackBerry Anda terkena sindrom lag yang mengganggu. Anda tidak perlu terlalu sering membersihkan ponsel BlackBerry, Anda hanya perlu membersihkan secara berkala misalnya satu bulan 1x. Karena dengan membersihkan ponsel BlackBerry secara berkala, maka penggunaan memori pada ponsel pun akan sesuai dengan penggunaan Anda. Selamat mencoba. [IRW]