Cara Mencetak Foto

30 Sep 2012 16:00 | Hits: 21585

Cara Mencetak Foto Menggunakan Printer Agar Terlihat Professional

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk dapat mencetak foto sendiri, Cara mencetak foto kini bisa dilakukan dirumah dengan peralatan seperti printer. Dengan menggunakan printer, Anda bisa menghasilkan foto yang Anda inginkan. Anda tentu mengharapkan hasil yang maksimal untuk hasil cetakan foto yang Anda print.

Jika Anda menginginkan hasil cetak foto terlihat seperti professional menggunakan printer, berikut ini ada beberapa tips yang memandu untuk menghasilkan foto agar enak dipandang mata.

Memaksimalkan Kualitas Gambar

Sebagaimana kita tahu, resolusi yang tinggi akan menghasilkan foto yang bagus. Kebanyakan kamera digital menawarkan pilihan beberapa settings. Untuk menghasilkan resolusi tinggi, tidak ada salahnya Anda memeriksa resolusi kamera yang Anda pakai. Untuk hasil terbaik, selalu pilih ukuran dan kualitas tertinggi yang ada di kamera Anda. Semakin tinggi Anda meningkatkan resolusi foto, semakin meningkat pula penyempurnaan kejernihan dan detail foto.

Pilih Format yang Benar

Format JPEG adalah format yang sangat umum. Namun format JPEG ini adalah format gambar yang telah mengalami kompresi semaksimal mungkin untuk kepentingan sharing dan preview. Kompresi dalam JPEG menggunakan metode lossy, yaitu seiring dengan kompresi ukuran file yang semakin kecil, data gambar juga hilang. Hal ini menghasilkan kualitas gambar yang cenderung menurun. Penghilangan data gambar ini tidak terlalu terlihat secara visual ketika ditampilkan di komputer. Namun, untuk kepentingan mencetak foto menyebabkan degradasi kualitas gambar.

Untuk mencetak foto kualitas tinggi, secara umum Anda bisa menggunakan format TIFF. Sebuah file TIFF belum mengalami kompresi yang dapat menyebabkan hilangnya sebagian data di dalamnya. Walaupun ukurannya besar, format TIFF dapat menyeimbangkan kualitas gambar dan ukuran file. Oleh karena itu, format TIFF sangat cocok digunakan untuk mencetak foto.

Melakukan Edit Gambar

Ada banyak cara untuk mengedit gambar mengunakan software yang disediakan. Edit gambar ini dilakukan agar foto yang Anda edit dengan sedemikian rupa menghasilkan foto yang sempurna. Anda bisa memberikan efek-efek tertentu pada foto seperti lighting dan color. Pemberian efek ini akan memperbaiki foto Anda.

Setting Printer Agar Memberikan Hasil Optimal

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas printer agar bekerja optimal:

  • Gunakan driver terbaru: Driver adalah software yang menghubungkan printer dengan komputer Anda. Perusahaan printer selalu melakukan update untuk merevisi printer. Selalu gunakan update terbaru untuk membantu meningkatkan performa dan kualitas gambar saat melakukan print. Periksa website merk printer Anda secara regular untuk mendownload update.

  • Jangan mengubah dots per inch (dpi) printer: Semakin tinggi spesifikasi dpi printer Anda, semakin baik hasil mencetak foto dari printer Anda. Untuk hasil yang memuaskan, gunakan printer dengan 600x600 dpi atau lebih.

  • Mengatur kualitas printer: Setelah menyiapkan printer, periksa instruksi manual printer Anda tentang bagaimana mengubah setting untuk kualitas printer, yang mengatur dasar-dasar printer, page orientation, dan color management. Selalu ingat bahwa penting untuk memilih opsi yang benar sebelum melakukan print.

  • Pilih kertas foto yang sesuai: Berbeda-beda tipe kertas, seperti high gloss atau card stock, juga membutuhkan tinta yang bervariasi. Oleh karena itu Anda membutuhkan kesesuaian antara kertas dan tinta.

  • Lakukan cek printer secara berkala: Adalah ide yang bagus jika Anda membersihkan dan merawat printer secara berkala, paling tidak setiap 1 - 2 bulan. Ini sangat membantu menghindari kerusakan pada printer Anda, termasuk saat mencetak foto. [DEAS]