Berbagi File

22 Aug 2013 21:00 | Hits: 1678

Berbagi File dengan Mudah Antara Komputer Menggunakan AirDrop dan Dua Aplikasi Serupa di Mac OS X

Berbagi File dengan Mudah Antara Komputer Menggunakan AirDrop dan Dua Aplikasi Serupa di Mac OS X

Perangkat kita bisa terhubung dengan berbagai cara. Namun terkadang, kita masih merasa kesulitan untuk berbagi file antara dua komputer yang berbeda. Hal yang sama juga berlaku untuk berbagi file dengan ponsel dan tablet.

Jangan salah paham dulu. Tidak semua file-sharing itu rumit. Situs berbagi file online, membantu Anda memindahkan sejumlah besar data secara cepat dan efisien antara komputer yang terpisah. Anda bisa mengutak-atik pengaturan sedemikian rupa, agar dapat memindahkan data secara lokal. Namun, tidak semuanya benar-benar sesuai yang Anda inginkan untuk memindahkan data Anda.

Seberapa sering Anda mengirimkan e-mail ke diri sendiri, hanya untuk memindahkan gambar atau dokumen antar komputer? Seringkali, satu-satunya alternatif yang Anda lakukan adalah mengatur server FTP pada iPad jailbroken ada. Untuk skenario semacam ini – memindahkan file kecil dengan cepat dan efisien – Mac OS X memiliki AirDrop, alat yang ideal untuk melakukan tugas ini. Namun, AirDrop adalah eksklusif untuk Mac OS X, ini berarti komputer Windows dan perangkat mobile tidak bisa menggunakannya, namun ada aplikasi yang mirip dengan AirDrop, yang juga memungkinkan Anda berbagi data antara satu perangkat ke perangkat lainnya.

Apakah AirDrop dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

AirDrop diperkenalkan dengan Mac OS X 10.7, Lion. Aplikasi ini bergabung dengan yang lainnya di sidebar Finder, ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah berbagi file secara lokal antara Mac, tanpa harus melakukan setup terlebih dahulu. Cukup klik pada ikon AirDrop pada sidebar untuk memulai. Jendela Finder Anda akan berubah ke tampilan radar, dengan ikon Anda yang berada di tengahnya.

Setiap pengguna yang masuk ke AirDrop akan bergabung dengan tampilan ini, dan bisa melihat pengguna AirDrop lain. Berbagi file dengan aplikasi ini sangat mudah. Anda tinggal menyeret file yang ingin dibagi ke ikon pengguna lain. Pengguna tersebut akan segera menerimanya, dan transfer data pun dimulai. Ini bekerja untuk semua ukuran file. File film yang besar juga bisa dibagi dengan cara ini, namun AirDrop juga dapat digunakan untuk berbagi file kecil dengan seketika.

Alternatif AirDrop – Menambahkan Kompatibilitas

Meskipun AirDrop bekerja seperti charm, ada satu masalah yang sulit dihindarkan. Karena didesain khusus untuk Mac OS X, maka aplikasi ini tidak menawarkan bantuan dalam mentranfer file antara perangakat Anda yang lain. Memindahkan dokumen dari Windows ke komputer Mac, misalnya, atau berbagi gambar antara ponsel dan komputer Anda.

Hal baiknya, AirDrop sepertinya telah mengilhami pengembang lain. Aplikasi pihak ketiga yang menerapkan mekanisme intuitif yang sama, menambahkan kompatibilitas dengan perangkat lain. Kita akan melihat dua alternatif AirDrop tersebut. Keduanya berencana menawarkan kompatibilitas dengan sebagian besar sistem lain. Satunya menawarkan klien Windows tambahan, dan yang lain menambahkan sebuah aplikasi iOS.

Filedrop (Mac + Windows)

Filedrop bekerja seperti AirDrop, dengan penambahan klien Windows. Perbedaan utamanya adalah, jika Finder berada pada sidebar Anda, maka Filedrop adalah aplikasi mandiri. Saat menjalankan Filedrop, maka aplikasi ini akan menampilkan pop-up pada layar Anda. Mirip dengan AirDrop, jika orang lain membuka Filedrop, mereka juga akan terlihat dalam pop-up. Dari sana, Anda dapat berbagi file antara komputer – juga antara mac dan komputer Windows – dengan drag and drop file pada pengguna lain.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa Filedrop tidak menampilkan ikon pengguna Anda, melainkan pengguna Filedrop ditandai dengan wallpaper mereka.

Para pembuat Filedrop memiliki rencana besar ke depannya. Klien iOS dan Android dijadwalkan akan segera bergabung dengan rekan-rekan Mac OS X dan Windows. Anda dapat mendaftar untuk pemberitahuan pada situs Filedrop. Selain berbagi file dari dan ke perangkat mobile Anda, klien ini akan menambahkan fitur lainnya, yaitu Airdrop-y. Setelah tersedia, aplikasi mobile ini akan memungkinkan Anda untuk streaming slideshow atau musik ke komputer Anda, bahkan menggunakan ponsel Anda sebagai stick USB nirkabel. Klik di sini untuk lengkapnya.

Instashare (Mac + iOS)

Alternatif gratis lainnya untuk AirDrop adalah Instashare. Instashare saat ini menawarkan klien Mac OS X dan iOS. Aplikasi iOS bisa digunakan pada iPhone dan iPad Anda. Meskipun aplikasi iOS ini gratis, namun ini disertai beberapa iklan, yang bisa dihapus dengan biaya $0,99.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat berbagi file dari dan ke perangkat iOS Anda, atau antara dua Mac, melalui keajaiban drag-and-drop. Anda dapat mengakses photo roll perangkat Anda melalui Instashare dan memilih beberapa gambar sebelum berbagi, membuatnya sangat mudah dan cepat untuk berbagi gambar secara nirkabel ke komputer lain.

Sayangnya, karena rancangan iOS, Anda hanya dapat berbagi file lain jika Anda secara eksplisit membukanya di Instashare. Sebagian besar jenis file didukung, namun Anda masih harus mencari tombol ‘open in…’ pada perangkat Anda. Untungnya, pengelola file iOS iFile melakukan keajaiban untuk perangkat jailbroken.

Instashare berada pada bar menu Mac Anda. Fitur Instashare yang sangat berguna, memungkinkan Anda menAndai perangkat yang dipercaya dengan memilih Always Allow pada permintaan transfer. Ini memungkinkan Anda mengunduh file ke komputer Anda secara nirkabel, tanpa harus  menerimanya secara manual. Namun, melakukan hal ini dengan ceroboh akan tidak baik untuk keamanan. Klik di sini untuk lengkapnya. [RIC]