Tampilan Desktop Windows 7

28 Sep 2012 10:00 | Hits: 40289

Beberapa Langkah Mudah Mengubah Tampilan Desktop Windows 7 Menjadi Mengagumkan

Beberapa Langkah Mudah Mengubah Tampilan Desktop Windows 7 Menjadi Mengagumkan

Apakah tampilan desktop Windows 7 Anda berantakan dengan ikon? Apakah Anda terus mencari jalan pintas atau dokumen di antara puluhan ikon pada desktop Anda? Dan kapan terakhir Anda mengubah wallpaper Anda?

Tampilan desktop Windows 7 Anda adalah hal pertama yang Anda lihat ketika Anda login pada akun Anda. Apakah Anda lebih memilih untuk melihat tampilan desktop yang cantik atau tampilan desktop yang berantakan, tidak indah dipandang dan membuat Anda frustasi? Untuk mengatasinya, berikut tips sederhana bagaimana cara mengubah tampilan desktop Anda yang berantakan agar mendapatkan tampilan desktop yang minimalis namun masih memiliki sisi yang mengagumkan. Yang pada akhirnya, Anda akan menemukan bahwa itu jauh lebih baik untuk memiliki ruang dan pemandangan yang indah pada desktop Anda.

Hapus Desktop Ikon

Ada dua cara mudah untuk menghapus dekstop ikon untuk mendapatkan tampilan desktop yang minimalis:

• Anda dapat menghapus semua jalan pintas dan memindahkan semua dokumen ke dalam sebuah folder baru.

• Anda juga dapat klik kanan pada desktop Anda, pilih Arrange Icons By hapus centang pada Show Desktop Icons.

Jika Anda memilih metode pertama, maka Anda akan menemukan layar desktop Anda bersih dari semua ikon shortcut kecuali Recycle Bin.

Sembunyikan Recycle Bin

Metode ini bekerja untuk Windows XP dan 7. Pada Windows XP Anda bisa pergi ke Start> Run dan ketik gpedit.msc pada kolom dan tekan OK. Sedangkan pada Windows 7, Anda bisa pergi ke Start> search box dan ketikkan gpedit.msc lalu tekan enter. Pada Local Group Policy Editor klik User Configuration> Administrative Templates.

Dalam folder Desktop, di sebelah kanan Anda akan menemukan entri Remove Recycle Bin icon from desktop dan double click pada pilihan ini. Jendela properti untuk opsi ini akan membuka. Pilih enabled to hide the Recycle Bin dan klik OK. Anda harus log off atau restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan pada layar Anda.

Sembunyikan Taskbar

Setelah menyembunyikan semua ikon, termasuk Recycle Bin, desktop Anda akan terlihat lebih lega. Namun bagaimanapun masih terdapat taskbar yang masih sedikit mengganggu tampilan desktop. Anda bisa menyembunyikan taskbar ini dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih Properties. Pada jendela Properties, beri tanda centang pada Auto-hide the taskbar.

Atur Dokumen dan Shortcut

Setelah Anda mendapatkan tampilan desktop yang bersih, pasti Anda bertanya-tanya bagaimana caranya mengakses dokumen dan folder Anda. Mudah saja. Anda bisa menggunakan dock yang akan menyimpan segala sesuatu yang Anda butuhkan dalam cara yang bersih dan teratur.

RocketDock adalah salah satu program dock yang paling populer di luar sana. Aplikasi ini datang dengan kumpulan ikon standar Windows. Anda dapat menghapus item di dock dengan men-drag salah satu ikon keluar dari dock, Anda juga dapat mengubah berbagai ikon yang disediakan dan juga menambahkan ikon baru ke dalam dock dari folder Anda. Namun perlu diingat bahwa dokumen hanya akan ditambahkan sebagai shortcut saja.

Setelah menambahkan dock, Anda akan melihat dock di sisi layar dan Anda dapat membiarkannya tersembunyi secara otomatis. Untuk mendapatkan RocketDock, Anda bisa mengunjungi link ini.

Akses Program Secara Cepat

Sekarang bukan saatnya mengacaukan tampilan dock dengan beragam jalan pintas dari beragam program yang dimiliki. Untuk mengakses program Anda secara cepat dan tanpa mengacaukan tampilan desktop adalah dengan salah satu program yang bernama Launchy. Launchy merupakan program simpel yang dapat mengorganisasikan program Anda ke dalam bentuk daftar yang sangat minimalis. Anda dapat mencari sebuah program melaui aplikasi ini dan bahkan Anda juga dapat mencari via Google lewat aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini.

Wallpaper yang Cantik

Ketika desktop Anda telah terlihat cantik, maka Anda hanya tinggal mencari wallpaper yang cantik. Anda bisa mencari wallpaper yang cantik di DeviantART. DeviantART merupakan sumber yang fantastis untuk mencari wallpaper yang canik dengan kualitas yang tinggi. Untuk mencari wallpaper yang berkualitas, Anda bisa mencarinya di Category> Customization> Wallpaper. Anda bisa mengunjungi situs DeviantART di sini.

Mengganti Wallpaper Otomatis

Jika Anda menemukan lebih dari satu wallpaper yang menarik di DeviantART, maka Anda bisa mengambilnya sebanyak yang Anda mau. Dan jangan khawatir jika Anda bingung untuk memasang salah satu wallpaper dari sekian banyak wallpaper yang Anda punya, maka Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi bernama ScrollWall yang mana aplikasi ini akan mengganti wallpaper Anda secara otomatis sesuai dengan wallpaper yang diinginkan. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunjungi situs ini. [PY]