Cara Menyingkat URL

27 Sep 2012 19:00 | Hits: 4725

Cara Menyingkat URL dengan 3 Website Berikut Ini

Cara Menyingkat URL dengan 3 Website Berikut Ini

Apakah Anda senang berbagi link atau URL halaman website kepada teman Anda? Entah itu melalui messengers, email, atau bahkan forum. Biasanya bagi Anda yang senang berbagi link atau URL halaman website, Anda akan membagikan link bila Anda merasa halaman tersebut memiliki informasi yang lucu, unik, atau penting. Tentunya ini bukan sesuatu yang bermasalah, karena Anda hanya perlu melakukan copy paste link tersebut, kemudian Anda menyebarkannya kepada teman-teman Anda. Setelah itu teman Anda hanya perlu klik link tersebut dan halaman pun langsung terbuka dengan otomatis di browser komputer, ponsel, atau tablet milik teman Anda. Tetapi terkadang sebuah link dapat menjadi sangat panjang sehingga akhirnya menjadi tidak efektif.

Kenapa tidak efektif? Bayangankan Anda akan mengiklankan atau menginformasikan sesuatu menggunakan link sebuah halaman website, tetapi Anda harus menginformasikannya menggunakan poster atau pun selebaran di mana orang-orang tidak bisa langsung mengklik link tersebut dan membuka halaman yang Anda maksud. Tentunya Anda menginginkan link yang pendek dan mudah diingat atau pun dicatat untuk hal semacam ini. Ada beberapa cara menyingkat URL sehingga lebih mudah untuk dicatat ataupun diingat, di antaranya adalah dengan menggunakan jasa dari beberapa website. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan jasa untuk menyingkat URL/link halaman sebuah website, sehingga link tersebut akan lebih mudah diingat atau pun dicatat. Website tersebut antara lain adalah:

Goo.gl

Website ini merupakan salah satu dari produk dari Google. Anda pasti sudah mengenal Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia. Google memiliki berbagai jenis produk teknologi yang mungkin beberapa di antaranya sudah sering Anda gunakan. Kali ini produk Google yang Anda bisa gunakan adalah goo.gl. Sangat mudah menggunakan produk Google yang satu ini, Anda hanya perlu memberikan link yang Anda inginkan, maka Google akan meringkaskan link tersebut untuk Anda.

Bila Anda login dengan menggunakan akun Google, maka link tersebut akan tersimpan di dalam akun Anda, sehingga Anda akan dengan mudah mengakses link-link yang telah Anda ringkas dengan menggunakan goo.gl. Selain itu goo.gl juga memungkinkan Anda untuk melihat sudah berapa kali link Anda dibuka melalui link yang sudah diringkas. Statistik ini diringkas oleh goo.gl sehingga Anda bisa melihat statistik link Anda per bulan bahkan dari mana saja orang yang sudah membuka link tersebut. Google juga menyediakan ringkasan link dalam bentuk barcode QR, sehingga akan menambah opsi Anda untuk mencantumkan link yang Anda inginkan.

Tiny.cc

Website tiny.cc juga menyediakan cara menyingkat URL untuk Anda. Anda dapat menggunakan website ini tanpa harus registrasi terlebih dahulu, sehingga Anda lebih mudah untuk meringkas sebuah link, cukup masukkan link yang inginkan dipendekkan, kemudian website ini akan secara otomatis meringkas link tersebut. Anda dapat melihat statistik dari link yang Anda ringkas di website ini. Website ini juga menyediakan link dalam bentuk barcode QR.

Tinyurl.com

Website tinyurl.com memiliki fungsi yang hampir sama dengan goo.gl dan tiny.cc, tetapi tinyurl.com memiliki fitur toolbar, di mana Anda bisa meletakan sebuah toolbar di browser Anda, sehingga dapat meringkas link dengan cepat tanpa harus membuka website lain. Cukup klik toolbar yang sudah diletakkan di browser saat Anda membuka halaman website dan secara cepat tinyurl.com akan langsung meringkasnya untuk Anda. Tentunya ini akan semakin mempercepat dan mempermudah pekerjaan tanpa harus repot-repot melakukan copy paste link. Tentunya fitur inipun menjadi salah satu pertimbangan dan alasan Anda untuk menggunakan tinyurl.com sebagai cara menyingkat URL. [IRW]