Cara Backtrack 5

26 Sep 2012 17:00 | Hits: 12608

Cara Backtrack 5 Pada Linux dengan FlashDisk USB

Cara Backtrack 5 Pada Linux dengan FlashDisk USB

Backtrack, bagi para pencinta Linux sudah tidak terdengar asing. Backtrack adalah salah satu distro Linux yg terkenal dan diakui sejak kemunculannya pada tahun 2006 sebagai sistem operasi terbaik untuk keamanan sistem dan juga hacking. Biasanya sistem operasi Backtrack ini dijadikan sebagai sistem operasi utama bagi para dunia hacker underground. Karena sistem operasi ini sudah dilengkapi dengan 300 lebih senjata hacking yg kompatibel, alias belum ditemukan penangkalnya.

Backtrack memang mendukung aktivitas hacking dan hampir pada semua fitur terutama tools yang terdapat dalam Backtrack dapat mendukung proses hacking, dan cakupannya luas mulai dari scanning, enumeration, exploitation, forensics, reverse engineering, wireless hacking, dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini adalah sebagian kelebihan dari sistem operasi Backtrack :

  1. Hotspotan dengan gratis, hingga detik ini hotspot yang dilindungi dengan password bisa di-backtracking menggunakan sistem operasi ini alias dibobol.

  2. Biasa digunakan untuk merubah pasword access point.

  3. Belum terdapat virus yang dapat menyerang sistem operasi Linux Backtrack ini.

  4. Mengambil data-data melalui Bluetooth.

  5. Mengetahui pasword Windows.

  6. Pengintai jaringan nirkabel.

  7. Dan yang paling mengerikan dari segala aktivitas hacking menggunakan sistem operasi Backtrack adalah serangan DOS Denial of service (DDos) atau biasa dikenal dengan deauth autentifikasi yang dapat membuat data-data pada sebuah wesbite dan komputer server menjadi hancur dan rusak.

Nah bagi Anda yang tertarik belajar sistem keamanan komputer, Linux Backtrack adalah sebuah pilihan sistem operasi yang tepat. Pembuatan Linux Backtrack 5 Live USB. Ada beberapa cara untuk membuat Linux Live USB. Tapi pada kesempatan kali ini Paseban akan membahas salah satu cara tersebut, yaitu cara Backtrack 5 lewat Live USB. Jika Anda ingin belajar, namun tidak ingin menginstalnya di hardisk komputer, Anda bisa menginstal Backtrack di USB Dive/Flashdisk. Simaklah caranya dan siapkan perlengkapannya berikut ini.

  • Linux Live USB Creator yang bisa didownload di sini.

  • File Master/DVD Sistem operasi Linux Backtrack.

  • 4Gb USB Drive/Flashdisk kosong atau kapasitas yang lebih besar (formatnya adalah FAT32)

Langkah Pertama

Langkah cara Backtrack 5 Live USB yang pertama, Jika Anda belum memiliki sistem operasi Linux Backtrack, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di situs resminya di sini dengan ukuran filenya sekitar 3GB . Anda akan menjumpai halaman form untuk mengisikan alamat email untuk peberitahuan update terbaru dari Linux Backtrack. Lalu Anda Anda akan menjumpa tampilan website untuk mendownload Backtrack tersebut, apakah ingin mendownload Backtrack versi Gnome atau versi KDE. Pada kali ini Paseban akan mencoba mendownload versi Gnome 32 bit, direct download, ISO. Jika koneksi internet Anda kurang baik Anda juga dapat mencoba alternatif downloadnya pada link torrent yang tercantum di sana.

Pada artikel sebelumnya Paseban juga pernah membahas mengenai cara menggunakan Linux Live USB Creator. Jalankan aplikasiLinux Live USB Creator tersebut.

Berikut ini adalah langkah sederhana membuat Linux Live USB, ikuti proses berikut ini:

• Pilih direktori letak drive atau USB Drive/Flashdisk yang kosong sesuai dengan ketentuan yang telah disebutkan di atas.

• Lalu cari di mana file format ISO Backtrack yang Anda miliki.

• Pilih size choose maximum (4 Gb) dari persistent data.

• Pilih atau centang Deselect all options.

• Kemudian untuk memulai proses pembuatan Backtrack Live USB klik (logo halilintar berwarna kuning) untuk memulai proses pembuatan Live USB Drive tersebut click the lightning button to start the creation.

• Tunggu hingga proses selesai sekitar 30 menit, tergantung pada kemampuan komputer atau laptop Anda.

• Setelah proses selesai 100%, kemudian Restart sistem komputer Anda.

• Masuk ke BIOS (biasanya dengan menekan tombol F1, F2, F10 atau F12 pada keyboard. Sebelum masuk ke sistem operasi, ubahlah booting-nya menjadi USB/Flashdisk. Simpan pengaturan tersebut lalu keluar dari BIOS.

• Sekarang pada booting options, pilih Persistent Mode.Jika berhasil, maka Anda akan menemui tampilan GRUB untuk memilih menu booting Backtrack. Jika belum berhasil atau komputer langsung booting ke Windows, kemungkinan ada kesalahan pada setting BIOS atau coba cek langkah-langkah dari awal atau instruksi yang Paseban berikan tadi, kemungkinan ada yang kesalahan atau langkah yang terlewat.

Jika sudah berhasil booting menggunakan Backtrack. Anda akan langsung dibawa ke terminal (konsol), tidak seperti pada versi Backtrack sebelumnya yang harus memasukkan user dan password. Jika sudah menjumpai root@BT#, ketik startxlalu tekan enter pada keyboard. Backtrack akan segera menuju ke mode GUI. Jika tidak, berarti ada ketidakberesan dengan hardware (VGA) atau x server Anda. Coba ketik "xconf” tekan enter kemudian ketik lagi startx. Seharusnya Anda akan mendapatkan mode GUI.

Saat ini Anda telah berhasil membuat dan booting Linux Backtrack melalui media USB Drive/Flashdisk. Demikianlah tutorial atau cara install Backtrack 5 Live USB. Selamat mencobanya dan mempelajari sistem operasi yang banyak digunakan oleh para hacker ini. [AG]

Installing BackTrack 5 r2 and r3 Live On USB