Cara Partisi SDcard

26 Sep 2012 13:00 | Hits: 34186

Cara Partisi SDCard Memori Android

Cara Partisi SDCard Memori Android

Bagi Anda yang ingin menginstal aplikasi semacam Link2SD, S2E, A2SDGUI (darktremor) sebaiknya tahan dulu keinginan Anda jika Anda belum mempartisi memori eksternal (SDcard) Anda. Partisi SDcard merupakan hal yang wajib bagi para pengguna Android yang ingin menginstal aplikasi seperti di atas, karena aplikasi atau game yang sudah diinstal akan terbagi ke partisi ke-2 dari memori eksternal Anda.

Hanya saja, kekurangan cara partisi SDcard yaitu berkurangnya kapasitas untuk menyimpan file seperti audio, video, installer aplikasi ataupun game. Tetapi, bagi yang sudah memiliki microSD dengan kapasitas besar tentu saja itu bukan masalah besar.

Di bawah ini adalah tutorial cara partisi SDcard secara jelas agar Anda bisa mengikuti lagkah-langkahnya dengan mudah tanpa hambatan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai partisi SDcard Anda. Jangan lupa, tutorial ini dilakukan pada komputer/Netbook/laptop Anda.

  • Unduh aplikasi untuk mempartisi memori SDcard Anda yang bisa didapatkan secara gratis dengan ukuran sekitar 18MB di sini http://download.cnet.com/MiniTool-Partition-Wizard-Home-Edition/3000-2094_4-10962200.html. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk mempartisi memori SDcard saja, tetapi juga bisa mempartisi harddisk Anda karena pada dasarnya aplikasi ini untuk partisi harddisk komputer.

  • Card reader, baik itu yang multifungsi maupun yang khusus microSD.

Langkah pertama, pastikan komputer sudah dalam keadaan siap. Instal aplikasi Partition Wizard Home Edition yang tadi diunduh. Jika Anda menggunakan laptop ataupun Netbook, untuk baterai/power plan sebaiknya dalam mode Balanced, tidak dalam mode Power Saver.

Kedua, siapkan microSD dan masukkan ke card reader. Setelah dimasukkan, colokkan ke port USB atau port khusus SD expansion dan tunggu hingga terbaca oleh komputer. Setelah itu masuk ke aplikasi Partition Wizard Home Edition, lihat apakah SDcard Anda terbaca atau tidak di aplikasi tersebut, jika belum terbaca coba klik di pojok kiri atas General > Reload Disk Information.

Ketiga, delete microSD Anda hingga menjadi unallocated. Keempat, pada tahap ini Anda harus teliti dan baca dengan seksama agar tidak ada kesalahan.

  • Klik kanan microSD yang sudah di-unallocated, lalu pilih create. Untuk yang pertama, Partition label dikosongkan saja. Create as diisi dengan primary, File system diisi FAT32. Sisakan sekitar dari memori Anda untuk membuat partisi ke-2 dengan cara menggeser ataupun mengisi dengan angka di partition size. Untuk yang kedua sampai seterusnya, tahapannya sama. Jika ada warning, klik saja Yes. Create as diisi primary, File system diisi bebas (boleh ext2, ext 3, ext 4), lalu sisakan sekitar 50MB sampai 100MB untuk partisi yang terakhir. Terakhir, Create as diisi primary, File system diisi Linux swap dan ambil semua memori yang disisakan tadi.

  • Setelah selesai dengan tahapan tadi, klik apply di pojok kiri atas. Demi kelancaran, diharapkan Anda menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan seperti browser dan musik yang lumayan memakan RAM komputer Anda.

  • Ikuti saja perintah selanjutnya yang menyuruh Anda untuk memformat disk secara otomatis oleh Partition Wizard Home Edition. Anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

Selamat! Proses partisi SDcard Anda sudah berhasil dilakukan, kini SDcard Anda sudah bisa dipasang aplikasi semacam app2sd yang bisa menggunakan sd-ext sebagai penyimpanan aplikasi atau game di SDcard. Jika Anda ragu dan takut untuk mencobanya, lebih baik jangan dicoba. Just Do With Your Own Risk! [PNJ]