Cara Merawat BlackBerry

29 Sep 2012 16:00 | Hits: 33394

Cara Merawat BlackBerry Agar Awet dan Optimal

Cara Merawat BlackBerry Agar Awet dan Optimal

BlackBerry memiliki intensitas pemakaian yang begitu tinggi. Bila ditanya, apakah Anda sering jauh dari BlackBerry Anda jawabannya kebanyakan pasti jarang. BlackBerry seakan telah menyatu dengan kehidupan Anda. Pernah juga ada seorang teman Paseban tetap membawa BlackBerry-nya ditangan sembari bermain futsal. Agak kelewatan mungkin tapi ini nyata.

BlackBerry sekan suatu hal yang begitu penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari hingga sulit melepaskannya dari genggaman kita. Namun, karena itu juga banyak permasalahan yang timbul akibat frekuensi penggunaan yang tinggi. Masalah yang sering timbul adalah BlackBerry menjadi lambat, baterai lebih cepat habis atau BlackBerry Anda cepat sekali panas.

Berikut adalah cara merawat BlackBerry dari Paseban agar dapat bekerja lebih optimal dan maksimal.

  • Cabutlah baterai BlackBerry setiap 2 atau 3 hari sekali dan biarkan kira-kira 3 menit kemudian pasang kembali. Ini akan berfungsi me-refresh BlackBerry dan juga menghapus temporary file (file yang sudah lama). Selain itu, tindakan ini merupakan tindakan untuk menjaga baterai agar tidak cepat rusak. Bukan hanya di BlackBerry tindakan ini berguna, untuk smartphone lain ini juga hal yang penting.

  • Lakukan clear Log sesering mungkin misalnya satu hari 3 kali atau bila Anda ingin memory BlackBerry Anda bersih terus-menerus lakukan sesering mungkin, karena ini akan berpengaruh pada kecepatan BlackBerry. Dengan menekan tombol ALT, L, G, L, G secara berurutan kemudian pilih clear log. Ini berfungsi seperti clear recent file pada Mozilla yang menghapus aktivitas browsing Anda seperti membuka foto, web, streaming dan lain-lain.

  • Lakukan cleaning memory dengan cara: pilih Options > Security Options > Advanced Security Options > pilih fitur Cleaning Memory > pilih modus Enable (untuk mengaktifkan). Bila di PC seperti software CCcleaner yang membantu membersihkan memori (RAM) PC.

  • Bersihkan cache dengan menekan tombol options lalu cache operations.

  • Sering-sering refresh BlackBerry Anda dengan cara menekan kombinasi ALT-CAPS-DEL atau pakai aplikasi Quickpull agar refreshnya bisa terjadwalkan. Anda bisa Download aplikasi quickpull di sini

  • Back up rutin, Yang paling mudah adalah instal Desktop Manager di PC. Desktop Manager ini disertakan dalam paket pembelian BlackBerry-nya, ada CD di dalam box. Setelah install, jalankan dan kemudian colok BlackBerry-nya. Di sana ada pilihan Back up. Klik saja langsung. Bagi yang tidak memiliki PC/Mac, bisa memakai cara instal Google Sync di BlackBerry-nya dan kemudian backup dengan memakai email Gmail, dan untuk back up BBM listnya memakai cara back up online di BBM.

  • Anda juga dapat melakukan Diagnostic Test Setidaknya seminggu sekali: Hal ini sangat penting, karena melalui cara inilah, Anda dapat mengetahui apakah fungsi smartphone BlackBerry Anda terkoneksi semua dengan baik, baik PIN, register maupun koneksi email. Caranya adalah: pilih Option > Mobile Network > Tekan logo Blackberry Icon > Pilih Diagnostic Test > Tekan logo BlackBerry icon > Pilih Run. Biarkan hingga proses selesai.

  • Jangan pakai SD card dan charger yang tidak original, barang original akan membantu BlackBerry Anda tetap awet. Kesalahan yang sering dilakukan adalah meminjam charger, padahal kita tidak tahu charger tersebut asli atau tidak. Untuk mengatasinya bawalah charger Anda sendiri dengan syarat charger itu juga harus asli.

  • Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi di BlackBerry Anda, pastikan dahulu aplikasi tersebut berguna atau tidak untuk Anda. Bila tidak berguna uninstall segera dan bersihkan memori kembali karena setiap aplikasi yang pernah dijalankan akan memberi bekas pada memori BlackBerry.

  • Satu hal penting lainnya yang sering ketinggalan bagi pengguna gadget adalah membuat back up data BlackBerry Anda. Atau pakai aplikasi pelindung data yang banyak disediakan di http://www.appworld.blackberry.com. Bahkan saat ini ada aplikasi pelindung data sekaligus pelacak di mana letak BlackBerry Anda seperti Blackberry Protect (untuk mendownload klik di sini). Jadi ketika kelupaan meletakkan atau hilang bisa dengan mudah dicari.

  • Upgrade BlackBerry Anda begitu juga dengan aplikasi-aplikasi yang bermutu terutama aplikasi pengamanan seperti antivirus atau protection lainnya agar Anda tetap nyaman beraktifitas dengan BlackBerry.

Sekian tips merawat BlackBerry dari Paseban kali ini, semoga bermanfaat.. [RIC]