Cara Membuka iPad

29 Sep 2012 11:00 | Hits: 23252

Cara Membuka iPad Yang Terkunci Menggunakan iTunes

Cara Membuka iPad Yang Terkunci Menggunakan iTunes

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita sering melupakan hal-hal yang kecil. Padahal yang kecil itu bisa saja merupakan hal yang sangat penting. Misalnya saja, Anda lupa meletakkan kunci mobil atau gadget mini kesayangan Anda. Padahal kedua benda tersebut sangat penting bagi kegiatan yang akan Anda lakukan sehari-hari. Begitu juga dengan hal yang satu ini. Mungkin Anda bermaksud untuk mengamankan iPad Anda dari tangan-tangan jahil dengan memberi passcode. Namun ibarat senjata makan tuan, Anda sendiri malah lupa passcode-nya.

Pemberian passcode pada iPad ini merupakan salah satu usaha Apple untuk memperketat keamanan penggunanya. Hal ini memang layak diacungi jempol. Karena dengan demikian, keamanan pengguna dalam menyimpan data-data akan lebih terjamin. Namun jika sang pengguna sendiri tidak paham untuk mengatasi permasalahan yang ada, seperti kasus iPad yang terkunci karena lupa passcode ini, malah akan membuat sedikit makan hati. Apalagi jika iPad Anda berisi data-data penting yang sangat Anda butuhkan untuk menunjang kegiatan pekerjaan Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan agar masalah ini tidak terjadi, tentu saja dengan mengingat passcode pengunci iPad Anda. Malangnya, jika Anda lupa, tidak ada cara lain selain melakukan langkah-langkah berikut. berikut ini adalah cara membuka iPad yang terkunci:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah membeli iPad, iPad 2, atau the New iPad yang sering dikenal dengan nama tidak resmi iPad 3, pastikan Anda melakukan sinkronisasi dengan komputer atau laptop yang lain sehingga sangat mudah ketika melakukan restorasi. Jangan lupa menginstall iTunes di laptop atau komputer lain.

  • Lakukan back-up sehingga semua data-data berupa aplikasi, games yang sudah Anda beli, serta foto-foto masih tersimpan dengan aman. Melakukan back-up data wajib Anda lakukan, untuk menghindari hilangnya data penting yang Anda miliki. Untuk memback-up data, Anda juga dapat mengkoneksikan iPad Anda dengan iCloud yang sudah menyediakan media penyimpanan gratis sebesar 5 GB untuk masing-masing pengguna terdaftar.

  • Pastikan bahwa Anda selalu mengingat passcode untuk mengunci iPad agar kejadian lupa passcode seperti ini tidak akan menimpa Anda lagi.

Hal penting yang harus Anda ketahui bahwa Apple akan melakukan penguncian otomatis setiap kali Anda salah memasukkan passcode. Semakin sering Anda melakukan kesalahan pada saat memasukkan passcode, maka interval waktu yang dibutuhkan akan semakin panjang untuk memasukkan passcode baru. Cara memulihkan kembali iPad yaitu dengan masuk kembali ke sistem Default dari perusahaan. Ini berarti semua data yang ada dalam iPad akan terhapus. Di sinilah pentingnya Anda melakukan back-up data.

Untuk dapat masuk kembali ke sistem Default tersebut dapat dilakukan dengan cara mengkoneksikan iPad terlebih dahulu dengan iTunes yang sudah ter-install di laptop atau komputer Anda. Dengan kata lain, kita dapat membuka iPad yang terkunci dengan menggunakan iTunes. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Matikan iPad, lalu sinkronisasikan dengan laptop atau komputer Anda yang sudah terhubung dengan iTunes. Setelah itu, tekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama 12 detik.

  • Lepaskan tombol Power dan tetap tekan tombol Home. Tidak berapa lama kemudian akan muncul ikon jika iPad sudah berhasil terkoneksi dengan iTunes.

  • Pada iTunes akan muncul perintah jika Anda ingin melakukan restorasi iPad. Tekan tulisan Restore dan proses akan berlangsung selama hampir 1 jam. Jangan pernah lepaskan koneksi iPad dengan iTunes yang ada di laptop atau komputer hingga proses instalasi otomatis benar-benar selesai.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah untuk selalu mengingat passcode iPad yang Anda miliki. Selain itu, data-data penting yang ada pada iPad sebaiknya di-back-up secara berkala untuk menghindari hilangnya data-data penting tersebut. Saat seluruh proses selesai, maka iPad Anda akan kembali menyala dan Anda akan diminta untuk mengisi semua data-data seperti bahasa yang akan digunakan, negara asal, serta Apple ID. Kini iPad Anda dapat digunakan kembali seperti semula dan Anda pun dapat bernapas lega. [RIC]