Cara Menggunakan BlackBerry

11 Jul 2013 20:00 | Hits: 9430

Menguak Fitur Dan Cara Menggunakan BlackBerry Z10

Menguak Fitur Dan Cara Menggunakan BlackBerry Z10

BlackBerry Z10 terbaru ini sejuta pesona yang sangat menggugah hati para penggunanya. Hal ini membuat para pengguna BlackBerry Z10 masih harus beradaptasi cukup lama agar bisa menjelajahi segala keistimewaan dan kecanggihan dari hp BlackBerry Z10 ini. Kali ini kita akan mencoba untuk menguak misteri pada BlackBerry Z10 ini dan bagaimana cara menggunakan BlackBerry Z10 agar kita benar – benar bisa merasakan kehebatan dari hp BlackBerry Z10.

Tampilkan Pesan Terkirim

Ingin melihat laporan pesan yang telah terkirim? Anda dapat membuat laporan pesan ini muncul dan tidak, semua itu tergantung dengan kebutuhan Anda tentunya. Namun, jika Anda ingin memunculkan laporan pesan terkirim, Anda dapat membuka fitur BlackBerry Hub, tekan pada tiga titik di pojok kanan bawah, kemudian Pengaturan> Tampilan dan Tindakan dan mengaktifkan "Tampilkan Pesan Terkirim”. Dengan menceklis “Tampilkan Pesan Terkirim”, maka Anda akan melihat laporan pada setiap pesan yang Anda kirim kepada rekan Anda.

Mengatur Akun Hub

Jika Anda punya banyak akun tetapi ingin mengurangi kebisingan karena pesan masuk, Anda dapat mengatur akun yang akan ditampilkan dalam tampilan utama Hub BlackBerry. Ini berarti Anda dapat menyembunyikan pesan Twitter, misalnya. Untuk mengaturnya Anda dapat masuk ke BlackBerry Hub, tekan pada tiga titik di sudut kanan bawah, kemudian Pengaturan> Manajemen Hub dan beralih akun yang Anda inginkan atau tidak Anda inginkan dari pada daftar akun Anda. Hanya daftar akun yang Anda pilih yang akan tampil.

Tambahkan akun email

Tips berikutnya yakni menambahkan akun email Anda. Langkah dalam menambahkan akun  email ini cukup mudah. Anda tinggal masuk ke BlackBerry Hub, tekan pada tiga titik di sudut kanan bawah, kemudian Pengaturan> Email Account> Add Account. Pada halaman berikutnya Anda dapat memilih Email, Kalender, dan Kontak tambahan Anda, dan juga menambahkan layanan lain seperti Twitter, Facebook, Linked In dan Evernote.

Email

Penggunaan Email sangat penting, Anda akan menerima segala informasi terbaru mengenai BlackBErry Anda melalui akun Email Anda.

Menonaktifkan push email

Dengan mematikan push email, Anda dapat menghemat daya tahan baterai Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat masuk ke Settings> Account dan pilih account email yang ingin Anda ubah. Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan ubah dari "Gunakan jika didukung". Kemudian tekan Simpan di bagian atas sisi kanan layar.

Melampirkan file

Tahan dan tekan pada tombol spasi pada keyboard di layar Z10 dan langkah tersebut akan memunculkan panel dengan Lampirkan ikon di atasnya. Sentuh ikon dan kemudian Anda dapat melampirkan gambar, video, audio, kontak, janji, atau bahkan sebuah file.

Memformat email

Tahan dan tekan pada spasi untuk menyembunyikan keyboard pada layar, kemudian tekan ikon yang bertuliskan "Format". Sebuah menu WYSIWYG akan muncul dan memberikan Anda kontrol dalam mengatur segala jenis huruf bold, italic, underline, dan fitur lainnya seperti ukuran font dan warna.

Keyboard

Pengguna BlackBerry sudah sangat terbiasa dengan keyboard Qwerty, tapi hanya karena BlackBerry telah membuang tombol perangkat keras keyboard  untuk menggantinya dengan touchscreen pada BB Z10 tidak berarti tidak ada trik yang harus dipelajari dan tips untuk membantu Anda dalam menggunakan keyboard pada BBZ10 ini. Berikut adalah setumpuk tips penggunaan keyboard BBZ10.

Swipe untuk memunculkan keyboard

Apa pun yang Anda lakukan, Anda dapat menggunakan jari Anda untuk memunculkan keyboard pada bagian bawah layar ponsel Anda. Langkah ini berguna ketika Anda perlu mengetik sesuatu dengan cepat tanpa harus membuka dulu grid dan mencari ikon pesan singkat SMS.

Menyembunyikan keyboard

Tekan dan tahan spasi, atau gulir layar menggunakan jari dari atas keyboard ke bagian bawah layar untuk menyembunyikan keyboard.

Memilih kata-kata yang diprediksi

keyboard BlackBerry Z10 cukup pintar dalam hal memprediksi kata yang Anda ketik sebelum Anda selesai mengetik kata yang Anda maksud. Hal ini dilakukan dengan menyorot kata-kata pada keyboard untuk Anda pilih. Untuk melakukan itu, Anda dapat masuk ke Settings> Language dan Input> On-Screen Keyboard dan kemudian memilih In-Kolom dalam pengaturan Display Prediksi Teks.

Dukungan berbagai bahasa

Jika Anda mengetik dalam bahasa Inggris dan Perancis, misalnya, pada saat yang sama Anda dapat mengatur BlackBerry untuk mendeteksi bahasa yang Anda ketik dan memberikan saran dan koreksi yang tepat secara otomatis pada kata yang Anda gunakan. Untuk mengatur ini, Anda dapat masuk ke Settings> Language dan Input> Masukan Bahasa> Add / Remove Bahasa.

Volume Keyboard Mute

Agar Anda tidak merasa risih dengan suara yang ditimbulkan ketika Anda mengetik, Anda dapat mengatur hal tersebut dengan masuk ke Settings> Language dan Input> On-Screen Keyboard dan set slider di bagian atas halaman untuk tingkat volume yang diinginkan. Anda dapat mengaturnya ke tingkat suara yang paling rendah yakni 0 untuk melenyapkan suara secara keseluruhan ketika Anda mengetik.

Matikan Animasi Kata

Sekalipun animasi kata pada layar ponsel Anda terlihat cantik, terkadang animasi ini juga dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika menggunakan ponsel. Untuk menghentikan aplikasi ini, Anda dapat masuk ke Settings> Language dan Input> On-Screen Keyboard dan beralih tombol Tampilkan animasi off. [NRZ]