Macam-Macam Software

20 Sep 2012 18:00 | Hits: 34011

Kenali Macam-Macam Software Komputer Menurut Lisensinya

Kenali Macam-Macam Software Komputer Menurut Lisensinya

Perangkat lunak (software) adalah sebuah aplikasi komputer yang dibuat oleh pembuat program (programmer) untuk dapat menjalankan perangkat keras komputer maupun mempermudah pekerjaan. Perangkat lunak sendiri adalah sebuah program yang berisi kumpulan perintah-perintah untuk dapat melakukan proses pengolahan data pada komputer. Perangkat lunak komputer berfungsi untuk mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol dan mengatur serta membuat pekerjaan lebih efisien.

Di antara Anda mungkin masih banyak yang mengetahui jika aplikasi atau perangkat lunak tersebut memiliki berbagai jenis lisensi atau ketentuan dalam penggunaanya, kali ini Paseban akan mencoba mengupasnya mengenai macam-macam software menurut lisensi berikut pengertiannya. Simak ulasannya berikut ini.

Freeware

Aplikasi jenis freeware adalah perangkat lunak yang didistribusikan tanpa menuntut biaya untuk penggunaannya atau dapat digunakan secara gratis. Aplikasi jenis ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

Kepemilikan aplikasi freeware menjadi hak milik oleh pengembangnya. Pengembang (developer) dapat mengubah masa depan dari rilis freeware menjadi produk dibayar jika pengembang tersebut menginginkannya. Aplikasi freeware biasanya didistribusikan tanpa kode sumbernya (source code). Hal ini dilakukan untuk mencegah segala macam modifikasi kode program oleh para penggunanya. Selain itu terdapat juga lisensi yang mana sebuah program bebas untuk didistribusikan serta mengijinkan software yang akandisalin tetapi tidak untuk dijual.

Crippleware

Beberapa perangkat lunak yang ditawarkan sebagai freeware, tetapi dengan fitur yang sangat terbatas atau ada beberapa fitur utama yang akan dihilangkan, aplikasi jenis ini biasa disebut sebagai crippleware. Untuk dapat menikmati seluruh fungsi utama maka para pengguna aplikasi jenis ini harus membayar lisensi dari perangkat lunak tersebut. Biasanya aplikasi jenis crippleware ini digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu perangkat lunak.

Donationware

Kadang-kadang, freeware didistribusikan kepada penggunanya dengan menyertakan peringatan atau permintaan untuk membuat sumbangan kepada para pengembang aplikasi tersebut atau kepada beberapa pihak ketiga seperti amal. Dalam kasus tersebut, aplikasi freeware ini disebut juga sebagai donationware yang bertujuan untuk memberikan dana kepada pembuat program.

Open Source

Open Source, istilah ini mungkin hampir mendekati pengertian perangkat lunak bebas (freeware) tetapi jenis aplikasi ini berbeda. Perbedaannya terletak pada sumber kode dariperangkat lunak open source yang tersedia untuk pengguna tetapi di bawah hak cipta, dan secara bebas diizinkan untuk mendistribusikan kembali perangkat lunak tersebut.

Konsep aplikasi open-source tergantung pada fakta bahwa pengguna dapat meninjau atau memodifikasi kode sumber pada aplikasi tersebut untuk dapat menghilangkan kesalahan program (bugs) yang mungkin terdapat di dalamnya. Ini tentu saja berbeda dengan aplikasi yang bersifat komersial atau berbayar. Para programmer yang ada di seluruh dunia akan membantu membaca dan memodifikasi kode sumber dengan menghilangkan bug yang mungkin ada. Dengan cara ini para programmer tersebut dapat membantu dalam menyediakan produk aplikasi maupun perangkat lunak yang lebih berguna dan bebas dari kesalahan ataupun error pada aplikasi dan untuk digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia secara gratis.

Shareware

Shareware termasuk ke dalam macam-macam software di mana dalam penggunaannya terdapat sebuah demonstrasi, tetapi untuk digunakan dalam jangka waktu evaluasi tertentu. Katakanlah hanya dalam tempo 15-30 hari Anda dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak tersebut, dan setelah periode evaluasi program tersebut berakhir maka pengguna tidak lagi dapat mengakses program tersebut. Untuk dapat menggunakan kembali aplikasi tersebut maka penyedia shareware mungkin mengharuskan Anda untuk membeli lisensi atau serial number, maupun product key-nya.

Adware

Adware, lebih dikenal sebagai perangkat lunak iklan, yaitu software yang secara otomatis akan membuat iklan. Sebagian besar iklan muncul dalam bentuk pop-up. Namun, seseorang dapat menonaktifkan iklan dengan membeli registration key. Aplikasi jenis ini bahkan bisa mengubah halaman Home pada browser Anda dan akan merubah pencarian default (search engine) dan juga akan menginstal toolbar pada browser. Seperti freeware, Adware juga tersedia bagi pengguna komputer tanpa biaya.

Spyware

Aplikasi jenis Spyware akan berjalan secara diam-diam (running in the background) pada sistem untuk menginstal perangkat lunak lain pada komputer Anda tanpa diketahui. Spyware mungkin berisi kode program yang mengirimkan informasi mengenai komputer penggunanya kepada pengembang atau ke beberapa lokasi lain setiap kali pengguna terhubung ke Internet. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menampilkan iklan di web browser (pop-up ads).

Nagware

Jenis program atau aplikasi ini adalah program yang secara rutin akan mengeluarkan peringatan kepada pengguna untuk membeli aplikasi atau produk sebelum masa percobaannya berakhir. Biasanya aplikasi jenis ini akan muncul di layar komputer pengguna sampai ia mengaktifkan aplikasi yang diinginkan atau menghentikannya sendiri. Meskipun Anda dapat menggunakan program ini secara bebas namun aplikasi jenis ini akan terus menampilkan peringatan tersebut hingga Anda membeli versi lengkapnya dengan cara membayar.

Malware

Aplikasi jenis ini biasanya disebut sebagai perangkat lunak berbahaya atau disebut malicious malware. Jenis aplikasi malware akan mengeksploitasi data komputer tanpa izin penggunanya. Seperti pada hard drive komputer, dapat membajak browser Anda dan juga dapat melacak situs website mana saja yang dikunjungi, ataupun juga dapatmenyebabkan kerusakanyang lebih parah lagi seperti virus. Selain itu, aplikasi ini dapat menyembunyikan dirinya dalam Windows dan akan menginstal ulang sendiri beberapa aplikasi dan bahkan ada beberapa komponen sistem yang dihilangkan atau dihapus sepenuhnya, sehingga aplikasi atau program jenis ini merupakan jenis aplikasi berbahaya yang paling sulit untuk dihapus atau dibersihkan. Virus trojan dan sebagainya semua itu dapat dianggap sebagai malware.

Scareware

Aplikasi ini dapat dikategorikan ke dalam jenis malware yang dirancang untuk mengelabui pengguna agar mengunduh dan membeli perangkat lunak berbahaya non-fungsional yang disebut sebagai aplikasi Scareware atau Rogue. Bagaimana cara kerjanya? Sederhana, aplikasi jenis ini akan memberikan pemberitahuan kepada Anda bahwa komputer yang sedang Anda pergunakan saat ini sudah terinfeksi oleh virus yang berpotensi membahayakan.

Setelah aplikasi tersebut Anda download dan instal, maka program akan menampilkan peringatan virus palsu dan memerintahkan Anda untuk membeli versi lengkap untuk menghapus infeksi virus (fiksi). Pada akhirnya, pengguna membeli perangkat lunak dan limbah susah payah uangnya. Singkatnya, Aplikasi jenis malware ini bertujuan untuk menakut-nakuti bahwa sistem yang sedang digunakan sudah terinfeksi oleh virus dan memicu ketakutan para pengguna komputer dan seperti itulah Scareware. [AG]