Memilih Tablet

27 Oct 2011 19:00 | Hits: 6881

Tips Memilih Tablet PC

Tips Memilih Tablet PC

Berpikir sebelum Anda berbicara, itu adalah ungkapan bijak yang senada dengan Berpikir sebelum Anda Membeli. Segala sesuatu perlu ilmunya agar tidak menyesal di kemudian hari, seperti halnya ketika Anda memutuskan untuk membeli tablet, tablet seperti apa yang sesuai dan tidak menyisakan penyesalan setelah Anda membelinya. Berikut, Paseban akan membagikan tips memilih tablet untuk Anda:

Screen Size Bukanlah Masalah

Ukuran layar tablet tentu lebih lebar dan besar daripada iPhone, paling tidak ukuran umumnya berkisar dari lima inci pada low end atau sekitar 90% lebih besar daripada iPhone. Meski besar, ukuran ini sangat ringan sehingga bisa dibawa dengan ikat pinggang, dimasukkan ke dalam tas, atau dimasukkan ke dalam jaket kulit. Yang jelas dengan ukurannya yang besar, Anda tidak akan mendapatkan resiko yang lebih besar seperti yang terjadi pada iPhone, misalnya terduduki, atau mudah terjatuh.

Semakin besar layar maka semakin baik memuat halaman web dan multimedia, dan semakin besar memuat konten majalah, isi buku teks, dan isi surat kabar dalam bentuk asli. Paling tidak, ukuran besar tablet akan menuntut agar Anda memiliki tas untuk menyimpan perangkat tambahan tablet seperti headset, kabel USB dan pembersih screen.

Konektivitas

Ada beberapa pilihan konektivitas untuk tingkat perangkat: Wi-Fi, 3G WAN, dan 3G WAN ditambah ponsel. Semuanya menjadi perangkat yang tersambung, dan jelas 3G merupakan konektivitas yang terbaik. Tapi ingat, perangkat yang memiliki kemampuan 3G akan menuntut anggaran rencana biaya yang lebih tiap bulannya. Meski begitu biaya ini masih sepadan dengan biaya pemakaian internet pada umumnya, tapi kita berharap saja biayanya bisa menurun tajam ketika 4G sudah tersebar luas nantinya. Untuk sementara itu pemakaian Wi-Fi akan jauh lebih baik dan efisien.

Ketahanan Baterai

Memperhatikan kualitas dan kuantitas baterai sangatlah penting karena tablet merupakan handset yang menggunakan banyak daya, pada umumnya ketahanan baterai tablet berkisar dari sekitar dua jam sampai 10 jam, akan tetapi ingatlah bahwa ketahanan baterai didasarkan pada faktor atau pemakaian yang berbeda-beda.

Jadi hal ini kembali kepada kebutuhan Anda dalam menggunakan tablet, jika Anda biasa menggunakan tablet untuk e-reader maka pastikan baterai memiliki ketahanan yang cukup untuk membuat Anda bisa menikmati e-reader. Begitu pula untuk multimedia yang digunakan, setidaknya tiga jam atau baterai cukup bertahan untuk melalui satu film yang diputar dan sisanya bisa Anda gunakan untuk bermain game atau melakukan sesuatu yang lain.

Book Reading

Sebaiknya Anda memilih tablet yang memiliki tampilan book reading yang memenuhi karakter untuk kenyamanan Anda membaca. Mulai dari fitur, font dan size tulisan yang pas di mata Anda. Meski masyarakat kita bukan masyarakat pembaca, tapi sebaiknya Anda meyakinkan diri bahwa salah satu fungsi tablet adalah untuk mencerdaskan bangsa, maka memperhatikan book reading dalam tablet sangat penting.

Application Content Store

Ini penting, ketika Anda memilih tablet maka tanyakan pada konten yang terkait. Untuk menanyakan konten, Anda akan terhubung dengan Application Content Store. Application Content Store tidak hanya berfungsi sebagai toko namun informasi up to date yang bisa memberitahukan aplikasi dan game apa yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Aksesoris

Anda wajib memperhatikan aksesoris-aksesoris tablet, termasuk ketahanan, dan garansi atau komitmen regulasi vendor tersebut bila ada kerusakan atau kecelakaan, pahami secara menyeluruh prosedur regulasi dan kebijakan vendor bilamana ada kerusakan atau kecelakaan.

Harga

Semua orang tahu bahwa tablet adalah perangkat yang paling mahal daripada iPhone dan perangkat lainnya. Di sini, Sebaiknya Anda memutuskan dengan bijak bahwa Anda akan memutuskan untuk membeli tablet didasarkan pada kebutuhan dan bukan tuntutan life style semata, atau bila Anda bisa bersabar, tunggulah barang setahun atau dua tahun lagi, karena semakin lama tablet juga akan semakin turun harganya. [LN]