Google Chrome Extension

10 Sep 2012 14:30 | Hits: 1349

Page Eraser - Hapus Beragam Hal dalam Halaman Web Menggunakan Google Chrome Extension Ini

Page Eraser - Hapus Beragam Hal dalam Halaman Web Menggunakan Google Chrome Extension Ini

Menghapus beragam hal dari sebuah website tentulah hal yang mudah dan ketahui oleh seluruh orang. Namun, dengan Google Chrome extension bernama Page Eraser ini Anda dapat menghapus banyak elemen halaman web dengan dua kali klik saja. Sebuah web bisa saja memiliki tampilan halaman yang berantakan. Sidebar yang disimpan sembarang tempat, komentar-komentar asal, serta shortcut sosial yang kerapkali mengganggu. Melalui Page Eraser ini Anda dapat mengurangi elemen pengganggu ini dalam satu waktu. Dengan begitu Anda dapat membuat akses internet ke dalam satu wadah yang menampilkan apa yang Anda kehendaki saja untuk ditampilkan.

Hal seperti ini dapat pula ditemukan pada aplikasi seperti EverNote Cleary yang mampu membersikan halam individu untuk kepentingan membaca saja. Tapi aplikasi tersebut hanya dapat bekerja jika Anda mengaktikannya. Berbeda dengan EverNote Cleary, Page Eraser memungkinkan Anda secara manual memilih elemen mana yang tidak ingin Anda lihat pada halaman web. Kemudia ANda dapat menghapus hal tersebut setiap Anda berkunjung kembali ke dalam halaman web itu. Tentunya salah satu hal yang lebih baik dilakukan dengan Page Eraser adalah menghapus iklan-iklan yang kerap mengganggu. Dengan begitu Google Chrome extension ini mampu menampilkan situs seperti yang Anda inginkan. Lalu bagaimana menggunakan layanan Page Eraser itu?

Awalnya Anda harus melakukan install dan Anda akan melihat ikon bergambar penghapus yang tersimpan pada bagian kanan atas dimana seluruh plugin milik Chrome aktif. Klik pada ikon tersebut dan Anda akan segera dapat memilih elemen-elemen yang ingin dihapus dari halaman web. Sebagai contoh, jika untuk beberapa alasan Anda tidak pernah menginginkan untuk melihat tampilan apapun dalam sebuah situs, Anda cukup menggerakan mouse kepada hal itu hingga tersorot. Kemudian klik dan hal tersebut akan segera menghilang dari dalam web. Bahkan lebih baiknya, hal yang telah terhapus itu tidak akan menampilkan diri setiap Anda masuk ke dalam halaman web yang telah Anda hapus beberapa kontennya menggunakan Page Eraser.

Anda perlu berhati-hati saat hendak menghapus beberapa elemen. Pasalnya beberapa elemen halaman web yang terlihat mirip, terkadang sangat berbeda. Apabilan Anda merasa Anda telah terlalu banyak menghapus elemen yang terdapat di dalam situs, Anda dapat mengakses setting plugin dengan cara klik kiri pada ikon penghapus dan klik "Options." Di sana Anda dapat melihat beberapa opsi bersamaan dengan kemampuan untuk melakukan reset ulang secara keseluruhan. Apabila Anda siap untuk mengunduhnya, Page Eraser dapat Anda temukan pada halaman web store Chrome. Dengan begitu proses install plugin ini akan dapat berjalan dengan lebih mudah.

Yang harus menjadi catatan di sini adalah minimal web browser Chrome yang Anda gunakan adalah Chrome 20. Penggunaan versi tersebut agar Page Eraser dapat bekerja dengan baik. Oleh sebab itu pastikan browser telah ter-update sebelum Anda mengunduh Page Eraser. Secara keseluruh, plugin ini memang bukan tidak hadir dengan kesempurnaan. Dalam beberapa kasus ditemukan beberapa elemen tidak dapat terhapus dari halaman web. Tapi, saat Page Eraser bekerja, seluruh hal dapat Anda akses dengan mudah dan sederhana. [MS]