Cara Memperbaiki Komputer

28 Aug 2013 22:00 | Hits: 3805

Tips Cara Memperbaiki Komputer Yang Umum Dan Bisa Dilakukan Sendiri

Tips Cara Memperbaiki Komputer Yang Umum Dan Bisa Dilakukan Sendiri

Komputer memiliki kerja yang berat. Melalui perangkat ini, kita dapat melakukan banyak pekerjaan, seperti misalnya mengetik, berinternet, meng-edit gambar, atau mungkin bermain game. Sayangnya, setelah melakukan kegiatan tersebut, banyak orang yang sering lupa, atau memang tidak pernah merawat komputer miliknya. Hal ini dapat memberikan kerugian pada komputer, seperti misalnya kerusakan hardware, terkena program jahat, kehilangan data, dan gangguan umum pada komputer lainnya. Oleh karena itu, diperlukan perawatan dan perbaikan pada komputer untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk. Melalui cara memperbaiki komputer yang sederhana, Anda telah selangkah lebih maju dalam melindungi komputer dari gangguan yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diterapkan pada komputer namun dilupakan oleh para penggunanya. Padahal, nyatanya cara memperbaiki komputer akan berjalan dengan cepat dan mudah. Tindakan tersebut dapat memperbaiki berbagai gangguan minor pada komputer, agar mencegah kerusakan yang lebih fatal lagi. Paseban akan memberikan tips untuk memperbaiki komputer secara umum yang bisa Anda lakukan sendiri.

Update sistem operasi dan software

Menjaga agar komputer Anda tetap update adalah hal yang penting. Sistem operasi, browser, hingga plug-in yang ada didalamnya perlu untuk di-update secara reguler untuk memperbaiki sistem keamanan didalamnya. Apabila Anda tetap memilih untuk berjalan pada versi software yang tidak di-update, maka komputer Anda akan lebih rentan terhadapt berbagai macam ancaman. Jadi, pastikan software agar tetap update. Anda bisa melakukannya dengan men-set komputer Windows pada mode update otomatis, atau setidaknya memberikan pemberitahuan kepada Anda jika software sudah tidak update. Biarkan juga browser Anda untuk meng-install update secara otomatis, dan pastikan hal-hal penting didalamnya seperti Flash, Adobe Reader, Java, dan program lainnya untuk di-update otomatis. Usahakan untuk tidak menon-aktifkan fungsi update otomatis, untuk menjaga komputer Anda tetap aman.

Membersihkan kotoran

Debu akan selalu ada pada case komputer Anda. Debu ini bisa bertebaran pada kipas, sehingga dapat mengurangi tingkat aliran udara dan dapat meningkatkan temperatur didalam komputer Anda. Debu dengan jumlah yang sangat banyak akan dapat membuat gangguan yang signifikan pada sistem pendinginan, dimana hal ini bisa menyebabkan kerusakan sistem karena temperatur komputer terus meningkat. Apabila Anda sering bermain game menggunakan komputer, tingkat kepanansan akan semakin meningkat dan dapat merusak hardware. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda perlu memperbaiki komputer sejak awal. Bersihkan case komputer Anda secara berkala dan singkirkan debu-debu yang ada menggunakan kain halus. Bersihkan semua bagian dalam komputer, bisa juga ditambah dengan menyemprotkan cairan khusus pembersih untuk komputer.

Backup file

Komputer Anda bisa saja sewaktu-waktu mengalami kerusakan. Khawatir? Itu wajar. Namun, rasa khawatir Anda akan berkurang jika Anda memiliki copy file-nya. Apabila komputer Anda rusak sewaktu-waktu, terutama pada bagian hard drive, maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda telah memiliki backup semua file-file penting Anda, seperti file document, gambar, dan file-file lainnya. Melakukan strategi backup merupakan cara terbaik untuk memastikan file Anda tidak ikut hilang seiring dengan rusaknya komputer. Entah Anda akan melakukan backup manual atau melalui layanan penyimpanan online, semuanya bisa Anda terapkan untuk menjaga file-file penting agar tetap aman. Banyak orang yang mengacuhkan tindakan backup ini hingga file-file yang dimilikinya hilang bersamaan dengan rusaknya komputer milikinya. Jangan menjadi orang-orang tersebut, mulailah dengan mem-backup file sebelum Anda menyesal nantinya.

Menggunakan program registry cleaner

Ya, ini memang cara memperbaiki komputer yang paling umum, dalam rangka untuk meningkatkan performa komputer dengan menghapus file-file sampah dan membersihkan sistem yang ada di dalam komputer. Program seperti ini sering dimanfaatkan oleh pengguna komputer, namun entah mengapa masih ada beberapa orang yang meninggalkannya. Mulailah untuk membersihkan perangkat lunak komputer Anda, selain membersihkan hardware pada komputer. Jika semuanya telah bersih dan rapi, maka Anda akan selalu nyaman dalam memanfaatkan komputer miliki Anda.

Kesimpulan       

Komputer masih menjadi bagian hidup dari manusia. Perangkat ini sangat membatu untuk meningkatkan produktifitas kita. Oleh karena itu, untuk menjaga performanya agar tetap stabil, Anda perlu merawat dan memperbaiki komputer dengan baik dan benar, dimulai dari cara-cara yang sederhana. Pencegahan yang Anda lakukan dapat menghindarkan komputer dari gangguan fatal yang bisa terjadi sewaktu-waktu. [DEAS]