Cara Setting BBM

02 Jul 2013 11:30 | Hits: 12796

Tiga Tips dan Cara Setting BBM pada BlackBerry 10

Hadirnya perangkat BlackBerry bersistem operasi terbaru (BB10) membuat beberapa fitur juga mengalami perubahan. Salah satunya adalah aplikasi BlackBerry Messenger yang merupakan aplikasi paling banyak digemari oleh pengguna BB. Mereka yang terbiasa dengan fitur BBM pada sistem operasi yang lama tentunya akan membutuhkan penyesuaian kembali ketika hijrah ke perangkat terbaru produksi Kanada ini. Namun Anda yang baru memakai perangkat BB10 tidak perlu takut menyesuaikan diri. Beberapa tips dan cara setting BBM yang akan dijelaskan berikut ini akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Melihat History BBM 

Aplikasi BlackBerry Messenger dengan sistem operasi BB10 tentunya akan sangat membantu memudahkan Anda dalam melakukan semua kegiatan dan berinteraksi sosial. Ketika Anda selesai bekerja, dan ingin melanjutkan mengobrol di BBM, tentunya Anda perlu tahu obrolan sebelumnya di BBM. Biasanya Anda akan melihat Chat history pada BlackBerry Messenger (BBM). Namun pada BB10, konfigurasi tersebut sedikit berubah. Anda tidak akan menemukan riwayat perbincangan Anda di BBM jika Anda membuka File Manager seperti pada sistem operasi sebelumnya. Pada versi sebelumnya, chat history BBM ini dapat ditemukan dengan mudah dalam bentuk teks pada File Manager. Di BB10, hal itu sedikit berbeda. 

Lantas di mana chat history tersebut? Cukup mudah cara setting BBM-nya Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur sedikit pengaturan pada BBM. Pilihlah fitur BBM dan bukalah opsi setting atau pengaturan dengan cara menggeser ke bawah. Perhatikan menu "Save Chat History" dan pilihlah ON. Setelah selesai, Anda perlu mencoba mengetesnya. Caranya lakukan End Chat pada salah satu kontak di BBM. Setelah menunggu sebentar, Anda dapat membuka kembali kontak terakhir Anda. Lihat apakah di chat tersebut muncul riwayat obrolan Anda dengan kontak tersebut? Jika muncul, berarti langkah Anda sudah benar.  Jika tidak, mungkin Anda perlu melakukan pengulangan siapa tahu ada kesalahan langkah ketika Anda membaca tips-tips Blackberry ini. 

Menonaktifkan Salah Satu Kontak  BBM

Pada aplikasi BlackBerry Messenger, akan ada banyak kontak yang Anda miliki. Kontak ini umumnya akan terus berinteraksi sehingga terkadang cukup menganggu dan memboroskan bandwidth. Jika ini masalah Anda sekarang, Anda hanya perlu mengatur bebrapa hal secara manual. Langkah yang akan Anda lakukan adalah hide recent update. Artinya, Anda tidak akan terganggu lagi dengan beberapa kontak yang tidak diinginkan pada daftar kontak BBM Anda. Berikut langkah-langkah untuk melakukan hide recent update:

Pertama, Anda dapat masuk pada menu utama aplikasi BlackBerry Messenger. Pada bagian kiri bawah, terdapat garis horizontal yang perlu Anda tekan. Kemudian pilihlah pilihan Menu Update. Selanjutnya pilihlah kontak-kontak yang perlu dinonaktifkan (disable) dengan cara menekan sedikit lebih lama. Setelah itu akan muncul kolom  kecil pada bagian kanan dan terakhir  pilihlah Hide Updates. Setelah itu akun BBM tersebut kini berubah statusnya menjadi disable. 

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali status akun tersebut, caranya tidak berbeda jauh dan lebih sederhana. Yang perlu dilakukan adalah masuk ke pengaturan dimenu utama aplikasi BlackBerry Messenger. Carilah pilihan Blocked Contacts dan pilihlah edit. Setelah itu pilih Updates dan tahan sedikit lama  maka akun tersebut kembali aktif pada akun kontak BBM Anda. 

Pengaturan Privasi Pada BBM 

Saat Anda melakukan streaming video, maka secara tidak langsung aplikasi BlackBerry Messenger akan menampilkannya secara langsung sebagai status. Hal ini tentunya akan membuat orang lain tahu apa yang sedang Anda lakukan. Hal ini tentunya cukup mengganggu jika Anda menonton beberapa konten yang lebih privasi. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Jika Anda ingin mengatur privasi Anda lebih terjaga, Anda dapat melakukan tips-tips berikut ini. 

  •  Pada halaman beranda, yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke aplikasi BlackBerry Messenger
     
  • Setelah itu gerakan jari Anda dari bingkai layar atas ke arah bawah
     
  • Pilih Settings atau pengaturan dan pilihlah Show What I’m Listening To ke Off
     
  • Setelah itu sentuh kembali dan sistem akan menyimpannya. 

Setelah melakukan pengaturan tersebut, kini apa yang Anda lakukan tidak akan diketahui oleh kawan, kolega maupun anggota keluarga pada kontak BBM Anda, Jika Anda tidak menyukai pengaturan privasi pada aplikasi BlackBerry Messenger ini, Anda dapat mengaturnya kembali ke pengaturan yang tadi sudah dijelaskan.

Itulah beberapa tips tentang aplikasi BlackBerry Messenger pada BB bersistem operasi terbaru. Bagi pengguna BB lama yang kini memegang BB10, tips-tips yang sudah dijelaskan tersebut mudah-mudahan cukup bermanfaat. Mudah-mudahan tips tersebut membantu Anda untuk lebih menguasai aplikasi BBM pada BB10.  [HMN]