Cara Menyimpan Data

02 Jul 2013 07:00 | Hits: 5399

Cara Menyimpan Data File Secara Online Untuk Windows 8 dengan Box Online Storage

Cara Menyimpan Data File Secara Online Untuk Windows 8 dengan Box Online Storage

Layanan penyimpanan online kian populer belakangan ini. Ini merupakan solusi bagi orang-orang yang memiliki produktifitas tinggi, dan ingin membuka data yang dimiliki di manapun dan kapanpun mereka berada. Ada banyak program yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data yang kita miliki secara online agar dapat diakses semau kita. Satu yang terbaik untuk cara menyimpan data secara online adalah dengan menggunakan layanan bernama Box, di mana Box diprediksi akan bersaing dengan nama-nama besar lain macam Dropbox dan Google Drive. Box online storage merupakan layanan online yang bekerja standar, seperti layanan sejenis lainnya, yaitu memberikan akses cepat di manapun dan kapanpun Anda berada.

Melalui Box ini, sebagai pengguna akun gratis, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 5 GB, Anda dapat memasukkan segala jenis file dan mengorganisasi folder. Anda juga dapat berbagi file dan folder, dan Anda akan mendapatkan update secara real time ketika seseorang melihat, meng-edit, atau memberi komentar pada file Anda. Selain melakukan hal tersebut, Anda juga dapat mengundang orang lain untuk berkolaborasi pada suatu file. Box online storage juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk Windows 8, sehingga Anda akan dapat segera merasakan manfaatnya setelah meng-install-nya dan menemukan cara menyimpan data secara praktis.

Aplikasi Box untuk Windows 8 bisa Anda download secara gratis dengan mengunjungi Windows Store. Anda dapat dengan mudah memulai menggunakan aplikasi ini dengan melakukan log in. Apabila Anda belum memiliki akun, maka Anda bisa mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi ini. Layar utama juga akan membawa Anda pada fungsi log in dengan menggunakan  akun Business dan Enterprise untuk perusahaan. Setelah Anda melakukan log-in, Anda akan diarahkan langsung pada dashboard milik Anda, dan jika Anda baru membukanya pertama kali, maka Anda hanya akan melihat laman kosong, dimana ini merupakan tempat bagi Anda untuk meng-upload file.

Dari dashboard, mungkin Anda akan merasa bingung apa yang perlu Anda lakukan. Jangan khawatir, cukup klik pada All Files dan klik kanan untuk membawa Anda pada opsi-opsi yang tersedia. Sekarang, klik pada icon upload di bagian bawah untuk mulai meng-upload file. Dari sini, semua yang perlu Anda lakukan adalah memilih file yang Anda inginkan untuk di-upload. Di sini, Anda dapat meng-upload file foto, document, serta audio, dan Anda akan melihat bagaimana Box online storage ini bekerja. Anda dapat klik pada upload notification untuk mendapatkan informasi deatil mengenai proses upload. Secara relatif, proses upload akan berjalan secara cepat.

Ketika Anda klik pada All Files pada dashboard, maka Anda akan dibawa pada file manager dari Box. Di sini, Anda akan melihat daftar semua file yang Anda upload, di mana dapat Anda saring berdasarkan nama, tanggal, atau ukuran file. Saat Anda melakukan klik kanan, Anda akan mendapatkan opsi yaitu Homes yang akan membawa Anda kembali pada dashboard dan Updates yang akan memperlihatkan kepada Anda file ter-update. Di bagian bawah, Anda akan mendapatkan opsi untuk meng-upload file, mengundang seseorang untuk berkolaborasi pada suatu file, serta fungsi rename, move, copy, dan delete file. Anda juga dapat melihat semua file dalam bentuk slideshow. Ini merupakan fitur yang sangat berguna apabila Anda memiliki banyak foto dan ingin melihatnya secara jelas. Selain itu, Anda dapat membuat folder melalui New Folder dan meng-upload file langsung atau melakukan drag dan drop apabila Anda akan memasukkan file yang di-upload ke suatu folder.

Melalui Box, Anda dapat melihat lebih dari 75 tipe file, termasuk Word, PowerPoint, PDF, AutoCAD, Adobe Illustrator dan lain sebagainya. Sayangnya, Anda tidak dapat membuka file audio, video, dan flash. Ketika Anda melihat suatu file, Anda bisa mengubah tampilannya menjadi full screen. Di sini juga akan terlihat opsi seperti Open, Get Link, dan Add a Comment.

Box online storage untuk Windows 8 merupakan solusi terbaik bagi Anda untuk menyimpan dan menyinkron data secara praktis. Dengan berbagai fitur yang akan membantu, Anda akan diberikan akses cepat pada file milik Anda. Simpel dan user friendly adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Box. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di sini [DEAS]