Cara Setting Mozilla

05 Sep 2012 17:00 | Hits: 26703

Panduan Lengkap Cara Setting Mozilla Firefox

Panduan Lengkap Cara Setting Mozilla Firefox

Jika Anda mencari web browser alternatif untuk media Anda dalam berselancar dalam dunia maya, maka Mozilla Firefox bisa Anda jadikan rujukan selain Internet Explorer. Mozilla merupakan browser open source yang mungkin Anda butuhkan. Popularitas Firefox meningkat dengan cepat karena cara setting Mozilla ini sangat mudah untuk disesuaikan.

Untuk mengkonfigurasikan Mozilla Anda hanya perlu menuju ke menu bar dan pilih Tools, Content, Application, Privacy, Security, Advanced dan masih banyak menu lainnya yang bisa Anda akses.

Sebelum Anda mempraktekan settingan Mozilla, Anda memerlukan browser Mozilla dengan versi teranyar saat ini. Jika Anda telah memiliki versi terbaru dari Mozilla, maka Anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini.

  • Klik ikon utama pada panel Option panel di Firefox. Anda akan melihat tiga jenis pilihan yaitu startup, download dan add-ons. Gunakan opsi startup untuk menentukan halaman apa yang ingin Anda lihat ketika menjalankan Firefox. Dengan opsi download, Anda dapat mengatur di mana jendela unduhan ditempatkan ketika Firefox Anda sedang dalam proses pengunduhan dan Anda taruh mana file unduhan yang telah selesai Anda unduh. Anda juga dapat mengontrol add-ons, tema dan plug-ins yang dapat mengkustomisasi dan memperkaya Firefox Anda.

  • Klik ikon Tabs. Pada tab ini Anda dapat memilih bagaimana tab Firefox dikonfigurasikan. Apakah Anda ingin halaman baru akan dibuka pada jendela baru. Pilih tAnda peringatan yang ingin Anda lihat pada konfigurasi tab, dan memutuskan kapan Anda ingin menyembunyikan tab bar pada Firefox.

  • Klik ikon Content. Pada sub-menu ini Anda akan memungkinkan untuk memblokir jendel pop-up, loading gambar atau mengaktifkan JavaScript dan Java. Anda juga dapat menentukan warna dan font untuk tampilan halaman web jika Anda tidak ingin menggunakan pengaturan default yang telah disediakan oleh web creator.

  • Klik ikon Applications. Pada ikon ini Anda akan melihat daftar jenis dan aplikasi yang terkait pada Firefox Anda. Kebanyakan Audio File akan dikaitkan dengan Microsoft Windows Media Player. Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan program yang berbeda untuk mendengarkan file audio, Anda dapat membuat perubahan dan lainnya pada menu pengaturan ini.

  • Klik ikon Privacy. Pada menu ini Anda dapat mengatur berapa lama Anda ingin Firefox untuk menyimpan data history dari website yang Anda kunjungi, apakah Anda ingin semua data pribadi Anda tidak terlacak, maka Anda bisa menggunakan menu pengaturan ini.

  • Klik ikon Security. Pada menu pengaturan ini Anda dapat membuat Firefox Anda mengingatkan Anda ketika situs lain ingin menginstal add-ons atau kemungkinan ada serangan virus atau ancaman keamanan lainnya. Anda juga bisa mengatur kata sandi pada sub menu ini, dan menentukan pesan peringatan yang ingin Anda lihat dengan situs terenskripsi.

  • Klik ikon Advanced. Anda akan melihat 4 tab di antaranya General, Network, Update dan Encryption. Pada tab General ini Anda akan dapar mengatur hal-hal yang umum seperti ejaan, apakah Firefox selalu melakukan pengecekan apakah Firefox telah menjadi web borwser default Anda. Sementara pada tab Network, Anda akan dapat mengatur pengaturan koneksi, yang mana biasanya Anda tidak perlu untuk mengubah, dan ukuran cache yang bisa Anda naik turunkan. Pada tab Update, Anda dapat menentukan apakah Firefox dapat melakukan update secara otomatis dan add-ons yang akan memberitahukan Anda tentang update yang tersedia. Dan tab Encryption yang akan menunjukkan daftar tab protokol dan sertifikati preferensi yang mana jarang Anda lakukan perubahan.

  • Tutup panel Options dan lakukan tes terhadap preferensi Anda ketika Anda menggunakan Firefox. Jika Anda berubah pikiran terhadap pengaturan yang Anda buat, yang perlu Anda lakukan hanyalah pergi kembali ke panel Options dan atur ulang pengaturan yang Anda inginkan sesuai dnegan kebutuhan Anda.

Tips

  • Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dalam menggunakan Firefox, Anda bisa melakukan pengaturan yang lebih dalam lagi dengan cara mengetikkan about:config pada location bar (tanpa tanda petik). [PY]