Daftar Fotografer Terkenal Dunia Dengan Karya Foto yang Fenomenal

Mungkin dunia seni fotografi berbeda dengan seni lukis. Pada seni lukis, karya yang terkenal pastinya pelukisnya ikut menjadi terkenal, sebagai contoh Leonardo da Vinci dengan Monalisa, Pablo Picasso dengan The Dream, atau Van Gogh dengan StarryNight. Lalu bagaimana dengan fotografer terkenal dunia? Ada banyak karya foto terkenal namun tidak banyak diketahui siapa fotografernya.

Meskipun dunia fotografi tidak terlalu menonjolkan siapa di balik karyanya, namun setidaknya ada beberapa fotografer terkenal dunia yang berhasil mengabadikan momen-momen bagus, unik, mengagumkan dan fenomenal. Berikut ini beberapa daftar fotografer terkenal dunia yang berhasil dihimpun, dan sekiranya dapat menjadi referensi serta inspirasi terutama bagi Anda para penggemar dunia fotografi.

Kevin Carter

Pertama adalah Kevin Carter, profesi aslinya sebagai wartawan foto dan ia berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Ada beberapa karya fotografinya yang membuatnya terkenal dan umumnya bertema kemanusiaan. Salah satunya adalah foto dengan judul “Stricken Child Crawling Towards a Food Camp”, foto tersebut menggambarkan seorang anak kecil berkulit hitam yang sedang merangkak menuju camp pengungsian PBB, di belakangnya juga terlihat seekor burung bangkai. Foto Kevin Carter itu diambil di negara Sudan dan berhasil meraih penghargaan bergengsi Pulitzer Prize. Sayangnya, Carter tewas bunuh diri beberapa bulan setelah meraih penghargaan tersebut.

Joe Rosenthal

Selanjutnya adalah Joe Rosenthal, seorang keturunan Yahudi-Amerika yang banyak mengabadikan momen-momen pada masa perang dunia 2. Awalnya Joe bekerja di Associated Press, namun pada tahun 1945 berhenti dan memilih menjadi fotografer untuk San Fransisco Cronicle. Salah satu karya fotonya yang paling terkenal dari Joe Rosenthal adalah foto pengibaran bendera di Iwo Jima. Dalam foto tersebut ada beberapa prajurit militer Amerika Serikat yang sedang mengibarkan bendera Amerika Serikat di puncak gunung Suribachi. Foto karya Joe ini menjadi sangat populer, dan telah beribu-ribu kali dicetak ulang dalam berbagai terbitan media. Penghargaan Pulitzer juga diberikan kepada Joe.

Dorothea Lange

Dorothea Lange menjadi fotografer ternama dari kalangan wanita. Lange berasal dari New Jersey, Amerika Serikat dan profesinya adalah seorang wartawati foto. Awalnya Lange dikenal sebagai fotografer biasa, namun namanya mulai dikenal publik setelah banyak mengabadikan foto-foto era Depresi Besar untuk program Farm Security Administration (FSA). Lange banyak memotret para korban Depresi Besar secara manusiawi dan akhirnya sangat memengaruhi perkembangan bidang fotografi dokumenter. Depresi Besar disebut zaman malaise, yakni sebuah peristiwa menurunnya tingkat ekonomi secara dramatis hampir di seluruh dunia. Salah satu foto terbaik dari Lange berjudul Migrant Mother (Ibu Migran) dan foto sebuah toko milik orang Jepang di Amerika Serikat yang terpasang sebuah spanduk “I Am An American” pada masa perang dunia 2.

Yousuf Karsh

Ia berasal dari Armenia, namun ia bukanlah wartawan foto atau seorang fotografer outdoor karena genre fotografi yang digelutinya adalah Portrait. Selain itu namanya juga memang kurang terkenal, namun orang-orang yang banyak difoto olehnya di antaranya orang terkenal dan tokoh dunia. Tercatat ada beberapa tokoh seperti Winston Churcill, Albert Einstein, The Queen Elizabeth II dan John F. Kennedy pernah di foto oleh Karsh dengan gaya portrait. Ia memang selalu mengambil foto-foto portrait namun penuh dengan cerita serta lebih mudah dipahami daripada banyak orang lain. Setiap tokoh terkenal yang difoto, ia arahkan sesuai dengan kepribadian dan kesan orang tersebut.

Ansel Adams

Masih dari abad ke 20, yakni Ansel Adams yang aktif dalam kampanye lingkungan. Adams banyak memotret foto hitam putih dengan objek landscape di wilayah Amerika Serikat Barat, di antaranya adalah Taman Nasional Yosemite. Salah satu karya foto terkenalnya adalah Moonrise, Hernandez, New Mexico. Yang menjadi ciri khas Adams adalah penggunaan kamera format besar, selain itu ia juga dikenal sebagai orang yang mengembangkan sistem zona sebagai cara menentukan pajanan yang paling tepat, serta menyesuaikan kontras hasil cetakan.

Charles O’Rear

Masihkah Anda ingat sebuah wallpaper Bliss default untuk tema pada komputer dengan sistem operasi Windows XP? Itu adalah sebuah gambar hamparan kebun anggur yang hijau di daerah Sonoma, Nappa Valley California. Foto tersebut diambil oleh seorang fotografer profesional bernama Charles O’Rear. Sebelumnya ia adalah seorang fotografer yang bekerja untuk majalah National Geographic. Foto kebun anggur yang diambilnya itu disebut-sebut sebagai foto kedua dengan lisensi termahal yang dibeli perusahaan Microsoft. Sayangnya, O’Rear menolak menyebutkan besaran nominal yang diperolehnya.