Partisi Harddisk

28 Jun 2013 16:30 | Hits: 1699

Tips dan Trik Cara Menyembunyikan Partisi Harddisk Di Windows 8

Ada beberapa alasan seseorang ingin menyembunyikan sebuah file/folder bahkan partisi pada sebuah sistem operasi, terdapat data-data pribadi yang bersifat rahasia, tidak ingin terinfeksi virus, tidak ingin seorangpun untuk menyalin file yang berada pada komputer/laptop Anda baik file musik, film, video, maupun aplikasi-aplikasi penting yang terdapat lisensi asli, dan masih banyak lagi berbagai alasan lainnya. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai cara meyembunyikan partisi harddisk pada sistem operasi Windows 8, Paseban akan menjelaskan terlebih dahulu secara singkat menenai apa itu partisi.

Sebenarnya apa itu partisi harddisk? Partisi dalam sebuah sistem komputer merupakan bagian-bagian pada Harddisk yang berada dalam sebuah kapasitas memoeri penyimpanan yang kemudian dipecah menjadi beberapa bagian. Biasanya pecahan-pecahan/bagian pada hardisk ini tersebut terdaftar/ditampilkan pada drive yang ada pada sebuah komputer. Misalnya saja, ketika anda mencoba untuk membuka My Computer pada sistem operasi Windows, maka Anda akan melihat terdapat partisi yang secara umum terdapat drive C:\ drive D:\ dan sebagainya. Itu artinya, Harddisk pada sistem komouter/laptop itu terbagi menjadi dua buah bagian yaitu yang ada di drive C:\ dan satu bagian lainnya ada bagian di D:\. Itulah yang disebut dengan partisi.  Ada aplikasi khusus untuk Anda dapat memecah atau membagi partisi menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan Anda seperti aplikasi EaseUS Partition Manager yang tampilan dan cara penggunaanya lebih mudah dimengerti. Atau bisa juga mempergunakan aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows namun bagi sebagian orang tampilannya cukup membingungkan, namun kali ini Paseban bukan akan membahas mengenai cara membuat partisi.

Jika Anda mempartisi harddisk menjadi beberapa bagian, misalnya punya drive C: dan D: dan Anda tidak ingin teman/siapapun bisa mengakses file & folder yanng berada di drive D:\, maka Paseban akan mencoba memandu Anda untuk meyembunyikan partisi tersebut dengan mudah dan cepat. Dengan bantuan aplikasi menyembunyikan partisi maka Anda bisa melindungi semua file dan folder pribadi.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, Anda perlu sebuahsaplikasi yang bernama NoDrives Manager. Aplikasi menyembunyikan partisi ini juga mampu untuk menyembunyikan CD/DVD drive, Aplikasi NoDrive Manager ini sendiri tidak akan menghapus data atau folder apapun yang ada pada partisi yang telah Anda sembunyikan. Berikut ini adalah cara dan tips untuk menyembunyikan partisi harddisk di Windows 8:

  • Download gratis aplikasi NoDrive Manager pada link berikut ini denga ukuran file sekitar 5 MB.
  • Jika proses download telah selesai lalu silahkan Anda instal ke dalam komputer Windows 8 Anda.
  • Lalu langkah berikutnya, silahkan Anda jalankan aplikasi NoDrive, maka Anda akan melihat seumlah list/daftar drive partisi PC Anda. Desain tampilan antarmukanya sederhana dan mudah dipakai.
  • Untuk memulai menyembunyikan partisi pada Windows 8 Anda, silahkan centang huruf yang ada.
  • Jika sudah dipilih, silahkan klik tombol “Set/Change Password”, lalu masukan password dan ingat baik-baik password tersebut dengan meyimpannya pada notepad/smartphone jika Anda tidak ingin partisi yang disembunyikan tidak bisa diakases gara-gara Anda lupa passwordnya.

 

  • Jika sudah, silahkan klik tombol Save changes. Selain itu Anda juga dapt CD/DVD drive.
  • Untuk menampilkan hasilnya, silahkan Anda restart sistem Windows 8 Anda untuk melihat hasil perubahannya.
  • Setelah restart dilakukan maka drive yang sudah Anda pilih sebelumnya tidak akan lagi terlihat di Windows Explorer. Sekarang drive tersebut tidak kelihatan lagi di layar komputer Anda, tapi masih bisa diakses drive dan filenya lewat Command Prompt.
  • Jika Anda ingin kembali untuk memunculkan drive itu lagi di layar komputer,  jalankan aplikasi NoDrive Manager lagi, kemudian silahkan hapus tanda centang pada drive yang ingin dimunculkan dan lalu klik tombol Save changes.
  • Setelah Anda melakukan restart, maka drive yang sudah disembunyikan tersebut akan terlihat kembali pada Windows Explorer.

Aplikasi NoDrive ini dapat berjalan pada berbagai sistem operasi Windows versi 32-bit dan 64-bit seperti pada Windows XP, Windows Vista, Windows 8 dan juga tentunya Windows 8 dan tidak ada spesifikasi persyaratan perangkat keras, karena aplikasi ini sangat ringan. Nah semoga denga trik menyembunyikan partisi di sistem Anda, maka data dan juga file pribadi/rahasia menjadi cukup aman dari tangn-tangan yang tidak berhak dengan salah satu aplikasi menyembunyikan partisi terbaik ini. [AG]