Laptop ke TV

31 Aug 2012 14:30 | Hits: 40142

Cara Mudah untuk Hubungkan Laptop ke TV

Mengkoneksikan laptop ke PC merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan; beberapa pengaturan dan kabel dibutuhkan untuk mengkoneksikan diantara keduanya. Lalu bagaimana cara untuk mengkoneksikan atau menghubungkan laptop ke TV?

Hal pertama dan terpenting untuk melakukan ini adalah memeriksa titik koneksi atau port pada laptop dan tv. Titik sambungan ini biasanya terdapat pada bagian belakang masing-masing perangkat. Pada dasarnya ada lima macam port atau jack yang terlibat, yaitu:

  • Composite/phone plug (RCA)

  • S-Video

  • Video Graphics Array (VGA)

  • Digital Video Interface (DVI)

  • High-definition multimedia interface (HDMI)

Untuk pengaturan dari masing-masing port, akan dibahas di bawah ini secara rinci.

Composite/ Phone Plug (RCA)

Konektor RCA sangat umum ditemukan pada beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya, sebagian besar perangkat televisi memilki jenis port ini; bahkan beberapa jenis televisi saat ini pun masih memiliki port jenis ini. Port ini diperlukan untuk audio analog dan komponen video. Port ini terdiri dari tiga soket warna yang berbeda: merah, putih dan kuning. Jika TV Anda memiliki jenis port ini, maka Anda membutuhkan tiga cabang kabel untuk menguhubungkan TV ke laptop Anda. Anda bisa mendapatkan kabel ini di toko elektronik.

S-Video atau Super Video

Anda membutuhkan empat cabang plug untuk konektor ini. Anda akan dapat melihat jack ini disebagian TV lama dan jenis laptop tertentu. Kabel audio untuk hal ini adalah sama dengan yang digunakan untuk konektor RCA. Tata cara menghubungkan laptop dan TV cukup mudah jika Anda memiliki port S-Video pada kedua komponen. Anda hanya memerlukan kabel S-Video untuk konektivitas. Kabel audio bisa ditambahkan untuk meningaktkan kualitas suara. Ada kabel yang secara khusus dirancang bagi mereka yang memiliki jack RCA di laptop dan sebuah S-Video di TV atau sebaliknya.

Video Graphics Array (VGA)

Jack pada port ini mencakup 15 pin. Jika Anda memiliki ini pada laptop, maka Anda hanya tinggal membutuhkan konektor laptop untuk atau ke TV. Yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan kabel VGA dari laptop ke konverter dan menghubungkan kabel RCA atau S-Video ke TV Anda. Anda tidak diharuskan untuk melampirkan adaptor eksternal, karena konverter ini ditenagai dengan USB.

Digital Video Interface (DVI)

Port ini terdiri dari 24 pin dan biasanya terletak pada laptop Macinthos. Anda membutuhkan kabel RAC analog audio untuk plug merah dan putih yang mana datang dengan dua ukuran, jika Anda memilih port yang lebih kecil, Anda harus terhubung melalui adaptor. Sebagian besar Anda mendapatkan adaptor bersama dengan laptop.

High-Definition Multimedia Interface (HDMI)

Port ini mencakup 19 pin jauh lebih kecil dibandingkan dengan port DVI. Jika pesawat televisi Anda memiliki port HDMI, Anda tidak akan diminta untuk memasang kabel audio ekstra. Ada beberapa pesawat televisi dengan tipe tertentu yang datang dengan satu set DVI atau HDMI port. Televisi tersebut perlu kabel tunggal jika perangkat di ujung lai juga memiliki port HDMI.

Jika dalam kasus laptop Anda mendukung port DVI, maka Anda akan membutuhkan kabel DVI ke HDMI untuk video dan RCA analog sepasang stereo kabel untuk menghubungkan laptop dengan TV. Setelah memeriksa jenis-jenis port pada laptop dan TV Anda serta menganalisis semua kabel dan adaptor yang diperlukan, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah tuning. Anda perlu membangun tuning yang tepat antara laptop dan TV untuk menikmati audio-visual terbaik. Ini berarti bahwa resolusi layar dan aspek rasio haruslah cocok; jika terdapat perbedaan gambar yang ditampilkan akan buruk dan kabur. Rasio layar sebagian besar monitor dari komputer versi lama adalah 4:3 yang mana sama dengan stAndar rasio televisi. Namun, dalam versi komputer dan laptop versi terbaru kebanyakan sebesar 16:10.

Rasio dari HDTV adalah 16:19. Namun, rasio berbeda dalam gambar diam fotografi dan gambar gerak. Serupa dalam kasus dengan rasio layar monitor yang berbeda; hal ini tergantung angka dari pikselnya sendiri. Piksel yang terdapat pada laptop yang memiliki layar sebesar 15 atau 17 inchi, memiliki piksel antara 1024 x768 dan 1920 x 1200 ketika piksel pada HDTV dan layar besar televisi memiliki ukuran dari 1920 x 1080 ke 1366 x 768. Jika ukuran layar dari laptop dan TV berbeda, Anda diizinkan untuk mengatur piksel dan rasio dan memastikan bahwa piksel dan rasio kedua device adalah sama. Buka display setting pada Control Panel yang mana untuk mengatur rasio dan resolusi dari laptop Anda. Ada beberapa jenis laptop yang memiliki kemampuan untuk mengatur rasio dan resolusi secara otomatis, seperti Mac contohnya. Untuk selanjutnya Anda dapat mengaturnya secara manual untuk mengatur resolusinya. Ketika ini selesai, Anda dapat mengkoneksikan laptop Anda ke televisi dan dapat melihat gambar atau video pada ukuran yang besar. [PY]