HP Nokia N900

01 Jul 2013 09:00 | Hits: 3108

Cara Hard Reset HP Nokia N900 Dengan Flash dan Wipe

Smartphone Nokia N900 merupakan salah satu smartphone yang diperkenalkan oleh Nokia. Produk ini menawarkan berbagai macam fitur menarik bagi para penggunanya. Namun, ketika Nokia N900 Anda mati dan tidak bisa digunakan, hal ini tentu sangat menyebalkan karena Anda tidak bisa lagi menikmati fitur – fitur di ponsel Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah menyebalkan ini adalah dengan cara hard reset hp Nokia n900.

Hard reset dapat menjadi alternatif yang tepat karena beberapa ponsel yang telah di hard reset biasanya dapat digunakan lagi. Namun jika ponsel memang sudah rusak parah, maka walaupun sudah di hard reset, ponsel tetap tidak bisa digunakan. Namun, jangan putus asa dulu sebelum Anda mencoba melakukan hard reset, siapa tahu ponsel Anda bisa digunakan lagi. Cara hard reset hp Nokia n900 dapat dilakukan dengan dua pilihan. Cara yang pertama adalah melalui handsetnya. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan bantuan PC.

Cara 1 Hard Reset Nokia N900

Untuk memulai cara hard reset n900, cara pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu Settings. Setelah itu, cari menu Wipe atau Factory Set. Kedua menu ini memiliki fungsi yang berbeda – beda. Misalnya, jika Anda memilih menu Factory Set, maka Anda hanya akan melakukan riset pada menu – menu saja. Akan tetapi, jika Anda memilih menu Wipe, pilihan ini akan secara otomatis menghapus semua konten yang ada di Nokia N900 Anda seperti contact, menu, dan lain-lain keculai sistem operasinya.

Jika Anda ingin melakukan hard reset pada ponsel Nokia N900 Anda, hal ini akan memerlukan kode pengaman. Lalu bagaimana jika Anda sudah lupa dengan kode pengamanan atau kode pengaman sudah diganti, atau bahkan Anda tidak tahu? Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti cara yang kedua karena cara hard reset n900 yang kedua tidak memerlukan kode pengaman sehingga walaupun Anda lupa atau tidak tahu kode pengamanan tersebut, Anda tetap bisa melakukan cara hard reset n900.

Cara 2 Hard Reset Nokia N900

Untuk melakukan cara hard reset n900 yang kedua ini, ada dua langkah yang harus Anda lakukan yaitu melakukan flash handset dan melakukan flash MMC.

Flash Handset

Untuk melakukan flash handset, pertama-tama Anda harus mengunduh dan menginstal maemo flasher Tool. Setelah itu Anda bisa mengunduh firmware "RX-51_xxxxx_ARM.bin” dan simpan di drive C: \Program Files\maemo\flasher-3.5\. Setelah itu, isi ulang baterai pada ponsel Nokia N900 Anda sampai penuh/fully charge. Saat diisi ulang baterainya, ponsel dalam keadaan Off atau mati.

Cara hard reset n900 dengan flash handset selanjutnya adalah membuka flasher-3.5.exe yang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang pertama adalah lewat command prompt yaitu dengan klik menu start > Run > isikan : cmd dan tekan enter. Di kotak CMD isikan: cd “c:\Program Files\maemo\flasher-3.5”. Cara yang kedua adalah lewat menu Start Windows yaitu dengan cara klik Start > All Programs > memo. Pada menu memo ini pilih memo flasher dan klik pada flasher-3.5.exe.

Langkah selanjutnya, tahan dan tekan pada tombol huruf u di ponsel Anda. Sambungkan perangkat Anda dengan USB ke komputer. Setelah yakin bahwa perangkat sudah terhubung pada Memo Flasher, tombol U baru bisa dilepaskan. Setelah itu, isikann command berikut: flasher-3.5.exe -F NAMA_FIRMWARE_BIN -F –R. Setelah Anda melakukan cara hard reset n900 ini, proses flashing akan dimulai dan memakan waktu sekitar empat menit dan ponsel Nokia N900 Anda akan reboot/restart.

Flash MMC

Setelah melakukan cara hard reset n900, langkah selanjutnya adalah melakukan flash MMC. Untuk melakukan proses flash ini, Anda terlebih dahulu harus punya file EMMC.Bin yang bisa Anda donwload terlebih dahulu. Simpan file yang telah di download tersebut di drive C: \Program Files\maemo\flasher-3.5\’. Langkah untuk melakukan flash MMC hampir sama dengan melakukan flash handset yaitu buka flasher-3.5.exe. Kemudian koneksikan Nokia N900 Anda ke komputer dan isikan flasher-3.5.exe -F NAMA_EMMC_BIN -F –R misalnya flasher-3.5.exe -F RX-51_2009SE_1.2009.41-1.VANILLA_PR_EMMC_MR0_ARM.bin -f –R. Nah, sekarang Anda tinggal menunggu hingga ponsel Anda restart. [NAN]