Cara Kompres File

30 Aug 2012 14:30 | Hits: 111702

Beberapa Cara Kompres File PDF Mudah Tanpa Lama

File PDF merupakan tipe file yang paling sering digunakan dalam berbagi dokumen. Sayangnya, file PDF sering kali memiliki ukuran file yang cukup besar. Ketika meng-upload, kita sering menghadapi kesulitan karena masalah ini. File PDF yang terlalu besar sulit untuk di-upload, apalagi jika menggunakan kecepatan internet yang lambat.

Bagaimana caranya agar file tersebut dapat di-upload dengan mudah? Salah satu caranya adalah mengkompres atau memperkecil ukuran dari file PDF itu sendiri. Banyak yang bisa dilakukan sebagai cara kompres file PDF. Anda bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini.

Menggunakan Software kompresor

Ini merupakan cara paling umum yang digunakan banyak orang. Software kompresor adalah salah satu cara kompres PDF yang bisa Anda lakukan. Banyak software kompres PDF yang bisa Anda download dan install, salah satunya Free PDF Compressor. Software ini berukuran sangat kecil, hanya 288KB. Tools yang diberikan juga sangat sederhana namun bisa mengkompres file PDF Anda dengan sempurna.

Software ini bisa Anda dapatkan secara gratis di sini. Setelah mendownload dan menginstall software ini, Anda bisa membukanya dan langsung mengkompres file PDF Anda. Klik Load untuk menemukan file PDF yang akan Anda kompres. Jika sudah, atur compress level yang ada. Anda bisa mengaturnya pada pengaturan default, maximum, fastest, atau none. Jika sudah, maka klik compress.

Menggunakan Compressor Online

Jika pada cara kompres PDF sebelumnya Anda harus terlebih dahulu menginstal dan mendownload software kompresor, pada cara ini Anda tidak perlu melakukannya. Menggunakan compressor online yang sudah disediakan beberapa situs compressor PDF bisa membantu Anda. Cara ini cukup efektif dan mudah untuk dilakukan.

Salah satu situs kompresor PDF yang terkenal adalah situs ini. Setelah membukanya, Anda tinggal mengupload file PDF dari lokasi komputer Anda. Tunggu beberapa saat agar situs ini menguplaod dan mengkompres secara online PDF Anda. Jika sudah, Anda akan diberitahu pada halaman hasil kompres berikut dengan ukuran file PDF setelah dikompres.

Jika belum puas, Anda bisa mengubah pengaturan kompres pada Compression Presets. Anda bebas mengubah hasil kompres PDF sesuai dengan pilihan yang ada. Bisa Anda pilih high compression, low image quality, maximum compression, very low image quality, dan lain sebagainya. Semakin kecil kualitas gambarnya, maka ukuran PDF Anda pun akan semakin berkurang. Situs ini juga bisa mengkombinasi beberapa file PDF Anda menjadi satu.

Menggunakan Adobe Acrobat Terbaru

Cara ini merupakan cara kompres PDF paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, itu bisa terjadi jika Anda sudah menginstal Adobe Acrobat versi terbaru. Anda bisa membuka file PDF Anda dengan menggunakan program Adobe Acrobat terbaru Anda. Jika belum memilikinya, Anda harus meng-update atau memperbaharui, dan bisa secara langsung dari situs resmi Adobe. Cara kompres PDF kali ini hanya tinggal menyimpan dengan nama yang berbeda hanya dengan memilih menu Save as. Mudah bukan, seperti menyimpan file seperti biasa.

Menggunakan Microsoft Word

Cara kompres PDF kali ini Anda bisa membuka file PDF Anda pada Microsoft word 2007. Jika gagal, Anda mungkin bisa mengkonversinya terlebih dahulu dengan PDF converter. Cara dasarnya juga mudah, karena hanya tinggal mengklik file - save as - PDF. Sayangnya, tidak semua Microsoft Word memiliki add-in save to PDF bawaan. Jika Anda sudah memilikinya, maka lakukan langkah di atas secara langsung.

Jika belum, maka Anda harus mendownload dan menginstall add-in tersebut. Klik menu file lalu arahkan pada Save as. Anda bisa memilih Find add-in for other file format. Pada menu help offline, Anda bisa menemukan link di mana Anda bisa mendapatkan add-in tersebut. Jika ingin segera mengunjungi link download add-in tersebut, Anda bisa mengklik link ini lalu mendownload dan mengikuti petunjuk penginstalan hingga selesai. Jika sudah, coba untuk melakukan cara kompres PDF yang telah disebutkan sebelumnya. Pilih menu file, save as, lalu klik PDF or XPS. [ZH]