Cara Membuat Foto

28 Jun 2013 13:00 | Hits: 3902

Cara Membuat Foto HDR dengan Photoshop

Beberapa saat yang lalu Paseban telah membahas mengenai tips cara membuat foto HDR pada Android. Nah, bagaimana untuk yang menggunakan kamera DSLR, bukan kamera smartphone? Membuat foto HDR yang sebenarnya memang terlihat rumit, namun jika Anda mau mempelajari pastinya akan mudah. Foto HDR memang menawarkan seni tersendiri meskipun tidak murni sebagai fotografi.

Sebelum perlu Anda ketahui bahwa foto HDR (High Dynamic Range) merupakan salah satu teknik pengolahan dan cara membuat foto digital untuk mendapatkan foto dengan kesan pencahayaan seimbang. Jadi inilah yang membuat HDR bukanlah fotografi murni, melainkan kompilasi dengan teknik olah digital. Pada dasarnya, kamera DSLR sekelas high end tetaplah mempunyai kelemahan pada image sensor dalam menangkap dynamic range pada area yang memiliki dua kecenderungan, gelap dan terang (biasanya suatu pemandangan/landscape).

Ada teknik khusus yang dilakukan fotografer profesional dalam membuat foto HDR, pertama adalah dengan membuat beberapa foto dengan objek sama dan posisi yang juga harus sama, namun dengan tingkat exposure berbeda. Jika satu foto dengan foto yang lain memiliki objek sama namun posisi sedikit berubah, sudah bisa dikatakan pengolahan digitalnya akan kacau. Bagaimana mungkin membuat lebih dari satu foto dengan objek dan posisi sama namun berbeda exposure? Bisa saja, dan itulah keunggulan kamera DSLR. Simak teknik selengkapnya sebelum mengolah dengan software Photoshop.

  • Setiap kamera DSLR pastinya mempunyai fitur Bracketing yang akan memberikan beberapa foto dengan exposure berbeda (biasanya 3 foto). Pada DSLR kelas pro fitur tersebut ada pada bagian depan dengan tombol berketerangan BKT. Sedangkan DSLR entry level ada pada menu shoot dengan keterangan Bracketing.
  • Setelah ketemu, Anda bisa sambil memencet tombol BKT dan memutar command dial (roda putar di bagian belakang atas sebelah kanan kamera) hingga layar atas menunjukkan 3 F yang berarti 3 eksposure atau 3 foto sekali bracketing. Pada DSLR entry level Anda bisa langsung memilih angka yang sudah tersedia pada layar.
  • Aturlah exposure dengan angka tinggi, sedang dan rendah. Sebagai contoh, Anda bisa mengatur angka EV -2.0 untuk foto pertama, foto kedua -0.0, ketiga +2.0.
  • Untuk pemotretan Anda bisa langsung menggunakan fitur continous shoot dimana dengan sekali tekan shutter akan menghasilkan 3 foto sekaligus. Atau dengan mode biasa, namun harus menggunakan tripod agar posisi stabil.
  • Ingat, pastikan Anda mendapatkan foto lebih dari satu dan idealnya 3 dengan tampilan under exposure, exposure standar dan over exposure. Jadi jangan kaget bila Anda akan mendapatkan satu foto sangat gelap, satu foto biasa dan satu foto sangat terang karena semuanya akan digabungkan menjadi satu dalam pengolahan digital.

Setelah Anda mendapatkan 3 foto dengan objek sama, posisi sama dan exposure berbeda, kini giliran Anda mengolahnya dalam software yang dalam hal ini adalah Photoshop. Software ini cukup populer dan ada fitur-fitur yang membuatnya mudah untuk membuat foto HDR. Meskipun ada cara yang lebih rumit, lebih baik kita bahas cara termudah yakni dengan memanfaatkan fitur ‘Merge to HDR’. Sayangnya fitur Merge to HDR hanya ada pada Photoshop CS3, CS4 dan diatasnya. Biasanya untuk versi sebelum CS3 tidak terdapat fitur ini.

Langkah pertama adalah bukan Photoshop CS3, lalu buka file masuk automate dan pilih opsi Merge to HDR. Setelah itu Anda akan melihat jendela baru yang menyediakan untuk melakukan browse foto hingga 3 foto. Anda tinggal pilih tiga foto yang sudah dibuat tadi sebelumnya, namun jangan pilih “Attempt to Automatically Align Source Images” kecuali saat pemotretan ada foto yang posisinya sdikit berubah karena gerakan saat memotret. Apabila kotak tersebut Anda centang, biasanya akan muncul gambar yang berbayang. Setelah 3 foto dimasukan, klik OK dan biarkan Photoshop akan melakukan tugasnya untuk memberi preview HDR hasil gabungan 3 foto tadi. Jika masih kurang, Anda bisa menggeser-geser histogram di sebelah kanan Window sesuai keinginan.

Setelah membuat foto HDR dengan fitur Merge to HDR kebanyakn orang bingung mengapa foto tidak dapat dibuka. Hal ini karena angka 32 bit pada foto yang dibuat tidak bisa dibaca oleh komputer layar biasa. Jadi sebaiknya rubah dengan angka 16 bit agar sesuai. Namun angka 16 bit hanya dapat digunakan dengan format gambar TIFF. Jika Anda ingin menggunakan JPEG, rubah angka bit menjadi 8 bit. Foto HDR Anda siap disimpan atau di upload pada jejaring sosial untuk dibagikan kepada rekan-rekan.

Demikian tips membuat foto HDR yang sebenarnya.  [ALX]