Windows Explorer Has Stopped Working

30 Aug 2012 09:00 | Hits: 53986

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working pada Windows 7

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working pada Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi yang menggantikan sistem operasi Vista yang mana pada Windows ini menyertakan banyak fitur baru dan fungsi untuk membuat tugas serta tergolong aman dan sangat mudah digunakan. Windows Explorer merupakan fungsi yang tak dapat terpisahkan dalam setiap sistem operasi yang di luncurkan oleh Microsoft ini, sharing atau melihat file dan folder pada sistem Anda, pasti dilakukan melalui Windows Explorer ini. Kadang kala ketika Anda sangat sibuk dengan pekerjaan di dalam komputer atau laptop tiba-tiba Anda mendapatkan pesan error Windows Explorer has stopped working. Pesan ini terkadang muncul ketika komputer atau laptop Anda tidak memberikan respon terhadap masukkan yang diperintahkan.

Pesan error ini sangat sering terjadi pada Windows 7 dan juga paling sering dialami oleh para pengguna Windows 7 di seluruh dunia. Namun dimanapun ada masalah, pasti disitu ada jalan keluar, dan pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa solusi dan perbaikan untuk permasalahan Windows Explorer has stopped working agar dapat bekerja dengan normal kembali dalam situasi apapun.

Periksa Sistem untuk Virus

Virus merupakan sebuah permasalahan umum yang sering dialami dan menjadikan penyebab mengapa aplikasi berhenti secara tiba-tiba atau bekerja dengan sangat lambat. Maka jika Anda mendapati aplikasi berjalan dengan sangat lambat atau tiba-tiba aplikasi force close, maka Anda perlu memeriksa seluruh sistem pada komputer, barangkali ini disebabkan oleh virus yang menyusup ke dalam sistem Anda. Selalu lakukan update secara rutin terhadap antivirus Anda untuk mendapatkan keamanan yang maksimal dalam komputer Anda dan akan membantu mengamankan komputer Anda dari virus dan melancarkan jalannya aplikasi.

Corrupted Files

Pada dasarnya yang membuat Windows Explorer berhenti bekerja adalah Anda memiliki beberapa file yang rusak atau corrupted yang menyebabkan kesalahan dan kadang-kadang menjadi alasan utama untuk mengapa aplikasi Anda berhenti bekerja. Jadi cobalah cari atau periksa barangkali Anda memiliki beberapa file yang rusak dan menghapus file tersebut. Jika Anda tidak dapat mencari file ini dari Windows Explorer, maka Anda bisa menggunakan command line untuk mencari di mana file Anda yang corrupted tersebut berada.

Nonaktifkan Aplikasi Pihak Ketiga

Ini juga menjadi salah satu permasalahan umum yang menyebabkan beberapa aplikasi berheti bekerja. Anda dapat mencari atau menemukan services/tools ini di bawah tab konfigurasi dan services tab. Anda hanya perlu menemukan bad service atau service yang berhenti bekerja, nonaktifkan ini dan klik tombol apply.

Update Terbaru

Selalu periksa tentang update dari sistem Windows Anda atau aplikasi di internet dan lakukan update pada semua sistem yang akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ini dan membuat komputer Anda untuk dalam keadaan tetap aman dan aman.

Gunakan Scandisk

Aplikasi semacam Scandisk akan membantu Anda untuk mencari bad sectors atau bad files yang mana menyebabkan crash pada Windows Explorer Anda terus menerus. Untuk mengatasinya Anda bisa memperbaiki file tersebut atau menghapusnya agar tidak mengalami crash pada Windows Explorer Anda.

Registry Edit

Ini adalah metode yang paling sering digunakan oleh para pengguna Windows di seluruh dunia dalam menghadapi kasus crash Windows Explorer. Bad registry merupakan penyebab yang sangat umum untuk membuat Windows Explorer berhenti bekerja. Untuk membersihkan registry ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti di bawah ini:

  1. Klik tombol Start.

  2. Ketikkan Regedit pada search bar dan tekan Enter.

  3. Tempatkan ke kunci registri berikut "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\ Microsoft\ SQMClient\Windows\DisabledSessions.”

  4. Cari subkey "MachineThrottling” dan hapus ini.

  5. Tutup aplikasi, dan reboot komputer Anda.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan dalam kasus memperbaiki Windows Explorer agar dapat berjalan dengan lancar kembali. Semua kinerja PC Anda akan menjadi lebih baik dan akan bekerja sebagaimana telah bekerja sebelumnya ketika masih baru. [PY]