History Browsing

29 Aug 2012 10:00 | Hits: 19017

Cara Menghapus History Browsing Pada Browser Perangkat Android

Cara Menghapus History Browsing Pada Browser Perangkat Android

Ada banyak orang yang dapat mengakses perangkat mobile Anda setiap saat tanpa disadari. Salah satu hal yang kerap dilupakan oleh para pengguna setelah melakukan browsing adalah menghapus history browsing mereka. Mungkin untuk sebagian pengguna menghapus history adalah hal yang biasa. Tapi untuk sebagian orang, hal tersebut jarang sekali dilakukan. Oleh sebab itu, ketika terjadi kasus seseorang mengakses halaman yang telah Anda akses masuk, bisa jadi beberapa data Anda dapat tercuri. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilalui untuk menghapus history internet. Langkah-langkah di berikut dapat dilakukan pada beberapa mobile browser Android yang biasa digunakan oleh perangkat mobile.

Google Chrome Android

Untuk menghapus data-data penting di dalam browser Chrome, tekan tombol menu, kemudian di dalamnya pilihlah menu Setting dan opsi Privacy. Pada layar Privacy itu, tekanlah opsi Clear Browsing Data yang terdapat pada bagian kanan atas dari layar perangkat mobile Anda. Pilihlah tipe penghapus data yang Anda inginkan. Setelah itu tekanlah tombol Clear. Selain langkah sederhana tersebut, ada tips lain yang dapat Anda manfaatkan untuk browser Chrome ini. Tekanlah dengan cukup lama ikon thumbnail pada halaman tab baru Anda, dan kemudian pilih Remove untuk mempersiapkan halaman baru. Lalu masuk ke dala menu dan pilih New Incognito tab untuk menggunakan Chrome dalam mode penyamaran. Dengan begitu browser tidak akan mengingat halaman-halaman yang pernah Anda kunjungi.

Opera Mobile

Untuk menghapus history yang terdapat pada Opera Mobile, Anda dapat menekan tombol menu yang diilustrasikan dengan logo Opera pada bagian atas kanan browser. Tekan ikon menu Setting dan pilih opsi Privacy untuk melakukan perubahan pengaturan dalam menu. Gunakanlah beberapa opsi berbeda di dalam menu tersebut untuk menghapus history browsing, cache, shared locations, camera permissions, dan juga password. Untuk mencegah halaman web tampil kembali, tekanlah salah satu ikon pada halaman speed dial dan tekan tombol "X" pada setiap thumbnail yang ingin dihilangkan. Setelah itu tekan tombol Done pada bagian bawah layar setelah Anda selesai memindahkan halaman.

Dolphin Browser

Cara menghapus history browsing pada browser Dolphin tidak jauh berbeda dengan browser mobile Android lainnya. Masuklah ke dalam menu kemudian pilih opsi Setting dan tekan kategori Privacy & Personal Data. Melalui layar ini, Anda dapat menggunakan opsi Clear Data untuk menghilangkan history, cache, cookies, dan data lainnya. Dolphin pun memungkinkan Anda untuk mengaktifkan fitur Browsing Without History untuk mencegah Dolphin mengingat history Anda kembali. Saat Anda menekan tombol Back untuk keluar dari Dolphin, Anda akan ditanya apakah ingin menghilangkan history dan cache. Pilihlah Clear History dan tekan Exit untuk menutup Dolphin. Anda pun dapat memilih Do not ask me again dan secara otomatis browser ini akan menghapus history kapanpun Anda menutupnya.

Firefox Android

Untuk melakukan penghapusan history dalam Firefox terbilang cukup mudah. Anda cukup masuk ke dalam menu dan pilih opsi Setting untuk mengakses menu privasi. Di dalamnya tekanlah Clear private datayang berda di bawah opsi Privacy & Security. Lalu pilihlah tipe data yang ingin Anda hapus serta pilihlah tombol Clear untuk menyelesaikannya.

Built-in Browser

Apabila Anda pengguna perangkat bersistem operasi Android 4.0, Anda akan menemukan browser bawaan bernama ‘Internet’. Untuk menghapus history dari browser tekanlah tombol Menu dan pilih opsi Setting. Melalui opsi tersebut, gulirkan ke bagian bawah untuk masuk ke dalam sesi Privacy Setting dan gunakan opsi yang terdapat di dalamnya untuk menghapus tipe browsing data yang berbeda, seperti history, cache, cookies, form data, dan location access. Andapun dapat menggunakan opsi Clar Passwords berdasarkan setting Security untuk menghapus password yang tersimpan dalam browser. [MS]