Cara Menggunakan eBook

24 Aug 2012 16:00 | Hits: 6259

Cara Menggunakan Ebook dan Membacanya Tanpa Menggunakan Perangkat eReader

Cara Menggunakan Ebook dan Membacanya Tanpa Menggunakan Perangkat eReader

Kindle Fire dan Nook adalah dua brand yang dikenal dapat digunakan sebagai perangkat untuk membaca ebook. Dunia buku digital saat ini telah menjadi fenomena tersendiri. Tentunya hal tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata. Setiap orang yang memiliki ketertarikan terhadap buku, baik mereka yang masih berpegang teguh pada buku-buku cetakan, pasti memiliki data-data ebook pada perangkatnya. Yang mereka harus garis bawahi adalah kemampuan ebook yang dapat dibawa ke berbagai tempat bersama perangkat mobile atau ebook reader Anda.

Namun, tidak seluruh orang memiliki kesempatan untuk setidak dapat membaca ebook setiap hari melalui perangkat seperti tablet. Sejatinya ada beragam cara untuk mendapatkan kenyaman untuk menikmati ebook. Salah satu jalan cara membaca dan menggunakan ebook dengan nyaman adalah melalui PC. Pasalnya Anda tidak perlu membayar biaya tambahan untuk membeli perangkat tambahan, dan tampa perlu tergantung dengan toko-toko ebook jika menginginkan buku-buku digital terbaru. Setidaknya ini dapat menjadi opsi yang menarik. Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menikmati buku-buku digital melalui desktop komputer.

Kindle

Kindle ebook reader sejauh ini dapat dikatakan sebagai eReader terbaik yang tersedia di pasaran. Perangkat ini diproduksi langsung oleh Amazon dan memiliki banyak jenis, mulai dari yang terkecil seharga $ 79 hinga yang berbentuk tablet seharga $ 199. Bagi mereka yang menginginkan cara baru dalam mengakses ebook melalui perangkat tersebut, Kindle adalah pilihan terbaik. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki perangkat-perangkat tersebut, Anda dapat menikmati cara menggunakan ebook melalui komputer baik Windows, Mac, ataupun berbasis sistem komputasi awan. Anda dapat membaca banyak koleksi ebook melalui akun Amazon. Jika Anda telah memiliki akun Amazon, Anda dapat mulai membaca secara instan menggunakan Kindle Cloud Reader yang dapat diakses melalui Firefox, Safari, ataupun Chrome. Selain itu Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi desktop Kindle untuk Windows ataupun Mac. Seluruh aplikasi Kindle tersebut dapat diakses secara gratis. Aplikasi itu dapat mendukung proses pembacaan dalam layar penuh dengan kemampuan untuk membuat catatan, bookmarks, dan lainnya.

Anda dapat melakukan proses pencarian kata dalam kamus digital ataupun Wikipedia. Bahkan Anda membuat proses pembacaan paragraf dalam dua kolom dalam satu mode kolom. Hal tersebut tergantung dari seberapa lebar layar yang digunakan. Setelah Anda masuk menggunakan aku Amazon, Anda dapat melakukan sinkronisasi buku-buku digital koleksi Anda ke beragam perangkat. Unduh aplikasi Kindle untuk Windows di sini, untuk Mac di sini , dan Kindle Cloud Reader di sini.

Nook

Nook merupakan perangkat yang diproduksi oleh Barnes & Noble yang dibanderol seharga $ 99 untuk ereader, dan $ 199 untuk perangkat tablet. Dengan dukungan aplikasi yang dapat Anda akses langsung dari perangkat komputer, sepertinya cara menggunakan ebook melalui perangkat-perangkat malah tersebut dapat menjadi opsi kedua. Sepertihalnya Amazon yang mengembangkan aplikasi untuk PC, MAc, dan versi web, Anda dapat membaca banyak hal dengan lebih nyaman dan murah. Seluruh versi tersebut dapat digunakan secara gratis, dan Anda dapat menikmati setiap waktu membaca buku-buku digital melalui desktop komputer baik melalui web browser seperti IE, Firefox, Safari atau Chrome hingga berbentuk aplikasi. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat aku BN.com untuk dapat menikmati seluruh sajian produk-produk dari Nook.

Apabila Anda telah memiliki akun BN.com, Anda cukup melakukan sinkronisasi antara komputer yang berbeda, membuat bookmarks, highlight, dan juga catatan. Nook pun memungkinkan Anda untuk membuat perpustakaan dan rak-rak buku digital dalam tampilan penuh pada komputer Anda. Anda dapat mengunduh apliaksi Nook untuk Windows di sini , Nook untuk Mac di sini , dan juga Nook dalam versi Web di sini.
Book.ish

Cara menggunakan ebook satu ini dapat akses melalui web. Book.ish merupakan apliaksi web yang dapat membuat proses pembacaan ebook melalui browser. Perlu dukungan ePubs dan format lainnya untuk dapat mencari toko-toko ebooks agar dapat dibaca melalui web ini. Book.ish sendiri dapat diakses baik secara online ataupun offline. Ia mendukung penggunaan web browser semacam Chrome, Firefox, IE, Safari, dan akan segera mengukung penggunaan Operas. Selain melalui komputer, Anda dapat membaca ebook melaui perangkat iOS, Android, ataupun bahkan perangkat BlackBerry. Layanan ini akan menyediakan seluruh keperlua yang Anda butuhkan pada ereader desktop dengan kemampuan kontrol terhadap font serta tampilan buku, dan juga kemampuan untuk melakukan bookmarking.

Lalu, dari beragam opsi yang dapat Anda gunakan tersebut, apakah Anda masih tetap membutuhkan sebuah perangkat eReader untuk membaca ebook? [MS]