Cara Bermain PlayStation 2

20 Aug 2012 15:00 | Hits: 6546

Cara Bermain PlayStation 2 Pada Mac Anda Dengan Emulator PCSX2

Cara Bermain PlayStation 2 Pada Mac Anda Dengan Emulator PCSX2

Pada beberapa tahun lalu, emulator PlayStation 2 telah dikembangkan oleh beberapa developer untuk penggunaan platform Windows dan Linux. Namun berkat kemajuan dari tahun ke tahun dalam hardware dan port Mac, menjadikan Mac kompatibel untuk disusupi emulator dari PlayStation 2 yang memungkinkan Anda untuk memainkan game game populer dari game konsol besutan Sony ini.

Pada artikel kali ini, Paseban akan memberikan tutorial bagaimana cara bermain PlayStation 2 menjalankan emulator PCSX2 ini agar berjalan pada Snow Leopard dan Lion Mac. Namun sebelumnya harus Anda sadari bahwa meskipun banyak permainan yang sepenuhnya bisa Anda mainkan yang mana beberapa hadir dalam performa kecepatan 100% pada 60fps, namun permainan lainnya akan memberikan kesulitan pada saat Anda mainkan, karena terlepas dari daya komputasi yang memenuhi syarat. Untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan emulator ini pada Mac, bisa Anda ikuti pada artikel di bawah ini.

Hal yang Anda Butuhkan

Anda membutuhkan sedikit tambahan software pada port Mac agar emulator PCSX2 ini dapat berjalan pada Mac Anda, dimana tambahan software ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan mudah didapatakan. Anda juga membutuhkan file BIOS dari PlayStation 2 dimana Anda membutuhkan ini untuk memainkan game yang berjalan pada konsol ini, dan file ini legal untuk Anda unduh. Meskipun memungkinkan untuk dump BIOS Anda sendiri, Anda perlu melakukan eksekusi kode kustom pada konsol untuk melakukannya. Hal ini juga membutuhkan PS2 Anda harus menjadi "chipped” yang mana proses ini tidak legal. Kami tidak akan memberikan Anda tutorial bagaimana untuk melakukan ini atau yang menunjuk untuk memodifikasi BIOS, kita tidak membenarkan atau mendukung pembajakan di Paseban.

Dan akhirnya Anda membutuhkan beberapa game untuk dimainkan. Anda dapat memeriksa kompabilitas PCSX2 saat ini dengan katalog PS2 di sini. Untuk versi Mac sendiri, game yang kompatibel dengan Mac Anda adalah game yang memiliki jenis file .ISO

Instal dan Setup

Hal yang Anda butuhkan pertama adalah mengunduh nVidia Cg Toolkit yang mana dibutuhkan untuk jalannya PCSX2. Anda dapat mengunduh nVidia Cg Toolkit ini di sini.

Setelah Anda mengunduhnya, buka dile .DMG lalu double-click pada installer dan ikuti prompt hingga proses instalasi selesai. Langkah berikutnya Anda tinggal mengunduh PCSX2 di sini http://pcsx2mac.net/downloads/ dan unduh versi terakhir dari sistem operasi Anda. Ada versi terpisah untuk Snow Leopard dan Lion. Versi terbaru software ini akan membantu Anda bermain tanpa adanya crash atau masalah lain pada saat Anda memainkan game Anda. Setelah Anda mengunduhnya, buka file .DMG dan drag "pcsx2” pada folder Application Anda lalu double click pada "Libraries.pkg” dan ikuti prompt untuk menginstal libraries. Setelah Anda selesai melakukan instalasi, pastikan Anda memiliki file BIOS dan beberapa game untuk mencobanya. Untuk mendapatkan BIOS PS2, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Setelah Anda mengunduh file BIOS ini letakkan file BIOS ini pada folder PCSX2 Anda.

Bermain Game

Jalankan PCSX2 dan terminal window seharusnya berjalan sebelum jendela X11 muncul. Sebelum Anda memainkan game, tentunya Anda ingin melakukan konfigurasi terlebih dahulu terhadap emulator Anda, untuk melakukannya, Anda hanya tinggal pergi ke Config lalu Configure. Berikutnya Anda akan harus menentukan di mana Anda memasukkan file BIOS dengan mengklik Select BIOS Dir dan menavigasikan ke tempat di mana Anda menyimpan file BIOS Anda.

Jika Anda memiliki game controller maka Anda bisa melakukan konfigurasi pada menu ini, meskipun Anda membutuhkan aplikasi untuk menggunakannya. Aplikasi ini bernama Gamepad Companion yang bisa Anda dapatkan dengan harga $7.99. Aplikasi ini bekerja sangat baik dengan emulator sejenis ini, untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Untuk menjalankan game, pilih File lalu Run ISO Image. Setelah Anda menemukan game yang ingin Anda mainkan, maka klik tombol OK untuk memainkan game Anda. Maka Anda akan memiliki PS2 pada OS X Anda.

Kesimpulan

Kemudahan dalam memainkan game PS2 pada OS X Anda ini tidak membatasi Anda untuk memainkan game game favorite dari konsol game PS2 ketika populasi PS2 pun digantikan dengan PS3 yang merupakan generasi penerus dari PS2. Semoga ulasan yang Paseban berikan ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba! [PY]