Download Format Factory

13 Aug 2012 18:00 | Hits: 8480

Download Format Factory dan Cara Menggunakannya

Download Format Factory dan Cara Menggunakannya

Anda pasti pernah mendengar saran bahwa suatu file harus dikonversi ke tipe lain agar bisa dimainkan dengan lancar. Misalnya, ketika suatu file berjenis flv sering kali tidak sempurna ketika diputar di video player pada ponsel, karena rata-rata pengguna ponsel hanya bisa memutar file berjenis 3gp atau mp4. Atau ketika suatu video berjenis mp4, flv, dan lainnya yang Anda burning tidak bisa Anda putar pada DVD player. Hal ini dikarenakan dvd player hanya mendukung beberapa format video saja, seperti mpeg, avi, dan lain sebagainya.

Untuk menkonversi satu format ke format lainnya, Anda membutuhkan alat atau software yang dinamakan dengan converter. Banyak converter yang bisa Anda pilih dan gunakan di komputer atau laptop Anda. Banyak di antaranya memiliki fungsi converter dari dan ke semua jenis file. Akan tetapi, tak sedikit pula converter yang khusus berfungsi sebagai converter untuk format-format tertentu.

Untuk mengkonversi ke berbagai jenis file, Anda bisa menggunakan Format Factory. Software ini gratis dan bisa Anda gunakan langsung tanpa memerlukan versi full yang berbayar sebagaimana sering diterapkan pada software gratisan lainnya. Software Format Factory tergolong kecil, karena hanya berukuran tidak lebih dari 5 MB. Download Format Factory ini di sini http://format-factory.en.softonic.com/download atau lakukan pencarian lewat Google untuk mendapatkan versi terbaru dan fitur yang lebih lengkap.

Setelah Anda download Format Factory ini, lakukan proses penginstalan seperti biasa. Ketika Anda membuka software ini Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Untuk tampilan, Anda bisa mengubahnya pada menu Skin. Sedangkan proses converter langsung Anda mulai dari memilih format file output dari file yang Anda ingin konversi. Misalnya, Anda ingin mengkonversi file video dari flv ke mp4, maka pilih all to mp4. Klik add file lalu masukkan file yang terpilih.

Sebelumnya, jika Anda mengerti soal pengaturan video lain, Anda bisa mengatur hasil output pada Output Setting. Menu ini akan membawa Anda pada pengaturan video dari mulai ukuran, dimensi, dan lain sebagainya yang Anda inginkan. Jika sudah, jangan lupa untuk memilih lokasi yang akan dijadikan folder file output. Klik OK untuk memulai proses konversi.

Anda bisa menjalankan langsung proses konversi dengan mengkilik tombol Start di toolbar. Jika ada pesan error seperti failed, coba rename file video Anda. Bisa jadi software tidak bisa membaca file Anda. Anda bisa melakukan hal yang sama pada format file audio dan gambar lainnya. Format Factory juga bisa membantu Anda menggabungkan beberapa bagian video yang terpisah-pisah pada menu Advance.

Menu Option yang digunakan juga menyediakan banyak pengaturan yang bisa Anda manfaatkan. Di sini, Anda bisa mengatur folder output, aksi setelah proses konversi berakhir, dan lain sebagainya. Anda bisa mencentang kolom Shut Down Computer pada pengaturan after converting jika ingin langsung mematikan komputer saat proses konversi selesai. Harus diperhatikan bahwa sebelumnya tidak ada aktivitas atau jendela lain yang masih terbuka untuk mencegah kehilangan data dan proses shut down yang aman. Namun Anda juga bisa memilih pilihan Open Output Folder untuk melihat langsung hasil pekerjaan konversi Format Factory. Jika tidak ingin keduanya, maka biarkan kolom keduanya kosong tanpa harus membubuhi tanda centang di dalamnya.

Lainnya, pada jendela ini, Anda bisa mengatur subtitle font. Jika Anda memiliki subtitle, Anda bisa mengubahnya jenis font dan warnanya di sini. Menu lainnya di halaman ini adalah pengaturan video yang sering digunakan dan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengerti seputar kode video dan sejenisnya.

Anda bisa melakukan proses konversi lebih dari satu file dalam satu kali pekerjaan. Tunggu hingga proses selesai seutuhnya lalu Anda bisa langsung membuka dengan mengklik Output Folder agar langsung terhubung dengan folder di mana file output konversi Anda letakkan. Hasil konversi setelah Anda download Format Factory juga dalam kualitas baik sehingga Anda bisa tetap memutar file Anda dengan nyaman tanpa khawatir kehilangan kualitas file itu sendiri. [ZH]