Tombol Home iPhone

10 Aug 2012 09:00 | Hits: 13928

Cara Memperbaiki Tombol Home iPhone yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Cara Memperbaiki Tombol Home iPhone yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Dari waktu ke waktu iPhone telah menjelma menjadi perangkat mobile yang memiliki spesifikasi terbaik hingga saat ini. Bukan hanya mengandalkan sisi desain dan kualitas perangkat lunak dan keras saja, iapun dikenal memiliki kekuatan yang kuat. Oleh sebab itu tak banyak penggunanya yang membeli karena hanya sekadar memiliki branding sebagai perangkat mewah. Pada dasarnya setiap perangkat memiliki kekurangan dan kelebihannya. Salah satu kekurangan iPhone adalah tombol Home yang kerap kali tidak bekerja dengan baik, bahkan tak sedikit yang mengalami kerusakan. Sebelum Anda benar-benar jengah dengan kekurangan itu, ada baiknya mengetahui cara memperbaiki tombol tersebut.

Apabila Anda memiliki sebuah perangkat iOS yang cukup sering digunakan, Anda pasti pernah mengalami permasalahan ini. Tombol Home bekerja dan bertanggung-jawab sebagai salah satu fungsi paling utama pada perangkat. Oleh sebab itu, ketika tombol tersebut tidak berjalan dengan baik atau berhenti merespon setiap tekanan, proses penggunaan perangkat iOS Anda akan berjalan dengan tidak nyaman dan mengganggu. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah ini muncul begitu saja. Tombol yang tidak responsif pada perangkat Anda memang berada di bawah garansi. Namun bukanlah kegiatan yang cukup menyenangkan untuk datang ke toko resmi Apple terdekat hanya sekadar memperbaiki hal yang terlihat sepele tersebut.

Pada kasus ini, jika Anda mendapati tombol Home iPhone Anda tidak bekerja dengan baik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satu caranya adalah dengan jalan kalibrasi ulang tombol Home. Jika Anda mengalami hambatan pada akses tombol Home pada perangkat iPhone, cara ini cukup aman untuk dicoba pada beragam jenis perangkat iOS. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Luncurkan aplikasi apapun yang hadir dalam versi pre-installed pada perangkat Anda. Anda dapat membuka aplikasi-aplikasi seperti Reminder, Notes, atau aplikasi lainnya.

  • Tekan dan tahan tombol Power perangkat Anda sekitar 4 detik hingga keluar opsi Slide to power off. Setelah opsi itu keluar, kemudian lepaskan tombol Power, dan tekan serta tahan tombol Home dalam waktu sekitar 6 hingga 7 detik hingga opsi tersebut menghilang. Jika sudah dilakukan, aplikasi akan tertutup.

Cara tersebut memang tampak sederhana. Jika proses kalibrasi ulang ini gagal pada percobaan pertama, cobalah proses itu dalam beberapa kali. Kemampuan memperbaiki respon tombol Home dengan cara ini sejatinya berkat prosedur pengeluaran aplikasi yang dilakukan pada tahap pertama. Prosedur ini melakukan kalibrasi ulang pada tombol Home. Cara ini juga dapat dipergunakan untuk memperbaiki tombol perangkat iPad dan juga iPod touch. Selain itu, ada cara lain untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Bagi para pengguna perangkat iOS 5 ada banyak opsi aksesibilitas yang berguna yang dapat digunakan untuk memperbaiki tombol Home yang tidak responsif. Opsi ini dinamakan sebagai Assistive Touch. Opsi ini pada dasarnya merupakan salah satu jalan keluar bagi mereka yang menghadapi kendala tentang tombol dengan mempergunakan akses ke layar sentuh.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke dalam fitur Setting. Setelah masuk, masuklah ke dalam opsi General, Accessibillity, lalu aktifkan opsi Assistive Touch. Assistive Touch memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat iOS 5 jika mendapati kesulitan untuk menyentuh layar ataupun aksesoris adaptif lainnya. Setelah Anda melakukan cara itu, sebuah tombol semi transparan baru akan muncul pada layar. Tombol virtual itu akan mengikuti Anda kemanapun, dan ke setiap aplikasi yang diluncurkan. Awalnya posisi Assistive Touch mungkin akan mengganggu pemandangan layar. Tapi Anda dapat memindahkannya ke berbagai sisi pada layar. Dengan begitu, jika tombol Home iPhone Anda tidak berfungsi dengan baik, sekarang Anda cukup menekan menu Assistive Touch. Di dalam menu tersebut, Anda dapat menemukan tombol Home virtual dan menggunakannya dengan mudah. Cara memperbaiki tombol Home iPhone ini memang cukup sederhana. Anda dapat melakukannya tidak hanya pada perangkat iPhone, tetapi dapat pula diterapkan pada perangkat iOS lainnya. [MS]