Tips dan Trik Blackberry

20 Jun 2013 20:30 | Hits: 15794

Tips dan Trik BlackBerry: Cara Mengatur Jarak dan Ukuran Icon di Home Screen

Tips dan Trik BlackBerry: Cara Mengatur Jarak dan Ukuran Icon di Home Screen

Smartphone BB Z10 dan Q10 sudah menggunakan sistem layar sentuh sebagai kontrol full pada handset penggunanya. Dengan sistem layar sentuh yang digunakan, tentu saja akses dan kontrol tidak melulu nyaman dan mudah bagi semua pengguna. Ada beberapa pengguna yang mungkin masih tidak fasih menggunakan layar sentuh dan terkadang salah melakukan tap maupun salah ketik karena penggunaan keyboard virtual pada tampilan layar. Dengan tips dan trik BlackBerry kali ini, Anda pengguna BlackBerry berlayar sentuh, entah apapun handset BlackBerry yang digunakan merupakan rilisan sebelum maupun sesudah sistem operasi terbaru BlackBerry 10, mampu membuat handset Anda bersahabat dengan tangan.

Layar sentuh memanfaatkan sentuhan jari tangan untuk kontrol dari berbagai fitur dalam handset. Mengingat ukuran tangan tiap pengguna berbeda-beda tentu saja setelan default dari pabrikan tidak mungkin memenuhi kenyamanan seluruh pembelinya. Ukuran ikon pada interface tentu tidak mungkin selalu nyaman untuk ditap semua pengguna. Dari sini dapat disimpulkan bahwa ukuran dari jari tangan kadang memang menjadi masalah.

Bagi pengguna berjari tangan mungil, tentu saja melakukan tap pada ikon dengan ukuran standard bukanlah masalah berarti. Namun, bagi para pengguna dengan jari tangan yang cukup besar, terkadang sistem layar sentuh yang sensitif pada sentuhan permukaan jari tangan kebingungan ketika ada dua ikon yang ditap karena ukuran jari tangan yang besar. Inilah yang membuat banyak orang berjari tangan besar kurang sreg jika harus menggunakan sistem layar sentuh. RIM sudah mempertimbangkan hal tersebut dalam merancang sistem setelan pada handsetnya. Tips dan trik BlackBerry pada rubrik ini akan menjelaskan mengenai sistem setelan satu ini. Sistem setelan ini akan membantu Anda untuk mengatur jarak maupun besarnya ikon pada homescreen di layar.

Bagaimana cara mengakses sistem setelan ini? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Tekan tombol berlogo BlackBerry untuk membuka fitur Menu.
  2. Pada fitur Menu ini, pilih setelan Option.
  3. Dari setelan Option ini, pilih setelan Accessibility. Biasanya ikon Accessibility adalah orang yang naik kursi roda.
  4. Pada pilihan General Setting, cek bagian Home Screen Grid Layout.
  5. Pilihlah layout yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada pilihan Home Screen Grid Layout ini, terdapat beberapa opsi setelan selain Default. Pilihan tersebut adalah 1 Column, 2 Columns, 3 Columns, dan 4 Columns. Angka tersebut adalah setelan jarak antar ikon, membuat tercipta space sebanyak kolom yang dipilih oleh pengguna. Tips dan trik BlackBerry kali ini sangat mudah dan simple, bukan? Bila Anda ingin mengatur ulang lagi, tinggal masuk ke langkah-langkah yang sama di atas, lalu mengembalikan setelan ukuran grid ke opsi Default, maka jarak antar ikon akan kembali seperti semula.

Opsi setelan ini dapat ditemui mulai dari handset yang terintegrasi dengan BlackBerry OS 5. Adapun tips sebenarnya berguna untuk membantu pengguna dengan kebutuhan khusus. Tapi setelah ditelaah di atas, tips ini juga diperlukan bagi pengguna normal yang memiliki ukuran tangan cukup besar. Ukuran jarak antar ikon yang lebih lebar sesuai setelan karena nantinya akan mempermudah tap bagi jari yang cukup besar tanpa menyentuh daerah ikon lain yang tidak dimaksudkan untuk dijalankan.

Dengan mengikuti tips ini, nantinya smartphone BB 10 Anda dapat Anda optimalkan kontrol dengan layar sentuhnya setelah mengatur ukuran dan jarak ikon yang disesuaikan dengan kondisi ukuran jari tangan Anda sekalian. Dengan demikian, kecelakaan salah perintah masuk ke salah satu aplikasi lain pada ikon di tampilan homescreen Anda dapat diminimalisir.