Cara Membuat Emoticon

10 Aug 2012 12:30 | Hits: 20615

Cara Membuat Emoticon Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Emoticon Sendiri dengan Mudah

Mengirim pesan, menulis komentar rasanya kurang menyenangkan tanpa emoticon. Emoticon bisa mewakili ekspresi pada teks yang ingin kita sampaikan. Banyak situs, forum, bahkan device ponsel memiliki emoticon masing-masing yang lucu dan beragam. Secara manual, kita sendiri pun sering kali membuat emoticon sederhana dengan menggabungkan beberapa karakter yang tersedia di keyboard.

Sebenarnya, emoticon bisa dibuat sendiri, sesuai dengan imajinasi dan keinginan masing-masing. Ada cara membuat emoticon dengan menggunakan software photo editor, seperti Corel Draw dan Photoshop. Akan tetapi, bagi Anda yang masih awam dengan kedua software tersebut, ada beberapa cara instan untuk membuat emoticon.

Cara membuat emoticon yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Emotemaker. Aplikasi ini gratis dan bisa Anda download di sini. Ekstrak terlebih dahulu file-nya, lalu kemudian buka aplikasinya. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat emoticon dengan mudah dan sesuai kreatifitas Anda.

Anda bisa memulai dengan memilih Pallet yang Anda inginkan. Ukurannya bisa Anda atur pada menu Room Size. Atur ukuran tinggi dan lebar pallet Anda. Selanjutnya atur warna background yang Anda inginkan. Jika sudah maka Anda bisa memulai membuat emoticon lainnya.

Pada tools Object Group, Anda akan memulai cara membuat emoticon. Mulailah dengan memilih wajah emoticon Anda dengan mengklik Face. Pilih berbagai bentuk wajah yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan pilihan yang lebih banyak, mainkan tombol Back dan Next yang ada di bawah pilihan gambar. Jika sudah, Anda hanya perlu mendragnya dan meletakkan pada pallet yang sudah disediakan.

Selanjutnya, pilih mata untuk emoticon Anda pada menu Eye. Lakukan hal yang sama dengan mendrag dan meletakkannya pada pallet yang sudah disediakan. Begitu seterusnya juga untuk membuat mulut emoticon Anda. Anda juga bisa mengkustomisasi emoticon Anda dengan memberikan aksesoris untuk dikenakan. Di dalam menu Wear sudah disediakan berbagai aksesoris kepala yang bisa emoticon Anda gunakan. Sedangakan pada menu Hold adalah beragam pilihan aksesoris atau benda yang bisa dipegang, digenggam, atau digigit emoticon Anda. Drag dan letakkan setiap pilihan Anda pada pallet yang sama.

Jika sudah, kini Anda bisa memvariasikan emoticon Anda dengan teks agar nampak berbicara. Tools Sign adalah berfungsi untuk hal tersebut. Klik Create Sign 1 lalu secara otomatis Anda akan mendapatkan sebuah ikon papan atau palng yang bisa Anda gunakan untuk menulis teks yang Anda inginkan. Bawa ikon tersebut pada pallet lalu letakkan dengan mengkliknya sekali saja di tempat yang Anda inginkan.

Untuk mulai menulisnya, klik Txt dan mulailah tuliskan apa yang ingin emoticon Anda gunakan. Cara membuat emoticon ini memang sederhana dan mudah. Selanjutnya, Anda tinggal mengatur letak emoticon Anda jika Anda kurang puas dengan mengklik tombol Move. Untuk mengatur font teks emoticon Anda, klik saja ikon huruf A yang ada. Atur jenis huruf, ukuran, warna, dan lainnya seperti biasa pada jendela pengaturan font. Ikon yang tersedia di samping ikon huruf A adalah untuk mengisi latar belakang papan teks emoticon Anda. Klik dan pilih latar belakang teks yang Anda inginkan. Jika satu teks kurang, Anda bisa menambahkan satu teks lagi dengan membuat Sign 2.

Sampai saat ini, cara membuat emoticon dengan EmoteMaker Anda selesai. Akan tetapi, Anda masih harus menyimpannya agar seluruh pekerjaan selesai. Caranya, klik menu Export yang ada. Pada jendela ini, Anda akan diberikan pilihan tipe file emoticon yang ingin Anda simpan. Anda bisa menyimpan emoticon baru Anda dengan format BMP, JPG, PNG, bahkan GIF. Klik saja pada tombol yang disediakan. Untuk file GIF, Anda bisa juga membuatnya menjadi file animasi dengan memberikan pengaturan frame ke berapa yang ingin Anda jadikan sebagai emoticon awal dan akhir. Oleh karena itu, tentunya Anda harus membuat lebih dari satu frame untuk menjadikannya file gif animasi.

Cara membuat emoticon Anda pun selesai ketika Anda mengklik tombol Save. Beri nama emoticon Anda dan letakkan pada direktori Anda. Jika sudah, Anda bisa mengekspresikan maksud dari teks Anda lewat emoticon baru hasil kreasi Anda sendiri. Selamat mencoba. [ZH]